Friday 26 February 2016

Jangan Wisata Ke Gunung Kalau Kamu Belum Mempersiapkan 8 Hal ini !



Mengadakan perjalanan atau berwisata ke gunung memang memerlukan persiapan yang matang karena akan menempuh jarak yang tidak dekat. Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan diantaranya yaitu :

1.  Rencanakan Perjalanan


Merencanakan perjalanan untuk berwisata ke gunung merupakan langkah awal yang harus kamu lakukan. Untuk berwisata ke gunung kamu butuh perencanaan yang matang seperti kapan akan berangkat, naik apa, berapa hari disana sampai penginapan mana yang akan kamu ambil untuk beristirahat disana. Agar semua perencanaan matang, sebaiknya rencanakan dari jauh-jauh hari sebelum hari h. karena kalau mendadak, dikhawatirkan akan ada yang kurang dan justru merusak liburanmu ke gunung.



2. Pilih Waktu yang Tepat



Gunung adalah dataran tinggi dimana suhunya pasti dingin. Oleh karena itu waktu yang tepat untuk wisata ke gunung adalah saat musim kemarau karena di musin ini matahari terbit akan lebih terlihat indah dibandingkan dengan musim hujan. Di musim kemarau juga kamu bisa mengeksplorasi wisata gunung dengan leluasa. Coba bayangkan jika kamu wisata ke gunung saat musim hujan, mendaki, menaiki anak tangga saja sudah lelah ditambah jika hujan turun jalanan akan menjadi licin dan membuat kamu lebih susah mendaki. 


3. Booking Penginapan



Untuk kamu yang backpacker-an, camping atau menginap di hutan mungkin tidak masalah. Tapi bagi kamu yang belum terbiasa camping, lebih baik booking penginapan. Apalagi jika kamu merencanakan perjalanan ke gunung di akhir pekan, itu pasti akan ramai sekali. Oleh karena itu, booking lah penginapan atau hotel lebih awal supaya tidak kehabisan kamar. 



4. Usahakan Pergi Berombongan



Wisata ke gunung memang lebih asyik beramai-ramai atau serombongan selain seru akan canda tawa, jika ada kendala saat perjalanan teman-teman akan membantu kita. Selain itu juga, perjalanan tidak akan terasa membosankan. Apalagi perjalan ke gunung pasti berkelok kelok serta sepi dari rumah penduduk. Gak kebayang kan kalau pergi sendiri gimana rasanya.



5. Pakaian dan Perlengkapan



Suhu yang sangat dingin di gunung adalah salah satu tantangan yang harus kamu hadapi saat berada disana. Untuk itu wajib hukumnya  membawa pakaian dan perlengkapan seperti jaket tebal. Jaket yang kamu harus bawa adalah jaket yang benar-benar tebal, bukan sekedar untuk gaya-gayaan tapi juga untuk menahan udara dingin diluar agar tidak masuk kedalam tubuh. Sebelum memakai jaket, pastikan kamu juga harus memakai baju lengan panjang yang tebal ya supaya tetap hangat dan gak kedinginan. 



Selain jaket, kamu juga wajib memakai celana panjang yang tebal, bagi wanita jangan coba-coba pakai hot pants karena kamu pasti akan beku di udara sedingin itu. Yang gak boleh dilupakan juga adalah pakai syal,kupluk, dan sarung tangan ini semua berfungsi untuk melindungi bagian tubuh kamu seperti kepala,leher dan kedua tangan. Meskipun kamu pakai jaket setebal apapun tapi gak pakai sarung tangan, percuma! Kamu akan tetap kedinginan. 

Hal terakhir yang gak kalah penting adalah pakai sepatu. jangan pernah berfikir untuk pakai sandal jepit jika ingin naik gunung, perjalananmu akan sia2 karena sandal jepit licin dan mudah putus serta sama sekali tidak melindungi kaki kamu dari udara dingin meskipun kamu pakai kaos kaki. Untuk tambahan, bawa juga kacamata dan masker jaga-jaga kalau disana banyak pasir atau abu dari kawah gunung.

6. Jangan Lupa Bawa Kamera



Untuk mendaki gunung mencapai puncak memerlukan banyak perjuangan, jadi ga afdhol kalau moment  di puncak gunung atau di perjalanan tidak di abadikan. Maka jangan lupa bawa kamera mau kamera dslr, kamera hp, camdig dan sebagainya pokoknya yang bisa untuk foto-foto. Jangan lupa juga untuk membawa tripod karena disana gak ada tukang foto gratis.



7. Bawa Makanan dan Minuman



Memang sih yang namanya tempat wisata pasti banyak yang jual makanan dan minuman, akan tetapi harganya juga pasti relatif mahal. Akan lebih baik kalau kita membawanya sendiri dari rumah. Bawanya jangan sedikit supaya gak kekurangan makanan dan minuman karena biasanya di udara dingin perut jadi cepat lapar. Dengan membawa makanan dari rumah kita jadi bisa menghemat biaya pengeluaran selama liburan kan.

8. Bawalah Uang Tunai



Karena dipegunungan tidak ada atm, kamu wajib bawa uang tunai untuk membiayai akomodasi dan biaya yang lain selama kamu liburan. Jika sudah sampai sana pasti ada saja yang mau dibeli, repot kan kalau tidak bawa uang tunai.

9. Persiapan Fisik



Wisata ke gunung membutuhkan fisik yang kuat. Oleh karena itu beberapa hari sebelum melakukan perjalanan sebaiknya kamu beristirahat dan jangan kecapekan serta olahraga ringan agar tubuhmu tetap fit. Kan gak lucu kalau sampai sana justru malah jatuh sakit jadi gak bisa menikmati liburan. 



Jika persiapan diatas semua sudah dilakukan, sebelum berangkat berdoalah agar diberi keselamatan di perjalanan pergi maupun pulang. Untuk informasi tambahan, jika kamu ingin liburan yang lebih hemat yuk ikuti promo expedia dan juga paket liburan. Akan lebih untung lagi kalau kamu pesan paket liburan di expedia melalui excite shop, selain lebih murah kamu juga bisa mendapatkan voucher expedia! Jangan sampai ketinggalan promonya ya pesan paket liburanmu sekarang juga dan dapatkan kode kuponnya! Yuk kunjungi shop.excite.co.id  (Adv)

7 comments:

  1. Nice tips. Biasanya kalo masih newbie dan baru banget naik gunung, kendalanya pasti di bawaan, terlalu banyak yg dibawa bikin jadi berat tas kerilnya.


    https://elisamonic.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke gunung eui, pengen kapan2 klo anak udah besar nyobin ke gunung, kemping dsana rame2 pasti seru :D

    ReplyDelete
  4. sekarang naik gunung uda kaya fashion, ga naik gunung ga gaul, dan sring disepelakan ya perkara fisik ni

    ReplyDelete
  5. Aku mau ke pantai aja, kalo ke gunung maunya digendong, hahahaha *siapa yang mau gendong wey!*

    Salam,
    Roza.

    ReplyDelete
  6. Aku punya fisik lemah dan nekat ke gunung, karena pingin ngerasain ngedaki, alhamdulillah sampe, tapi abis itu ya mikir lagi kalo mau daki lagi

    salam
    riby

    ReplyDelete
  7. Lagi nunggu lahiran, baca postinganmu, rasanya pingin cepet bisa manjat gunung lagiiii, ah rindu!

    Salam,
    Rava.

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih