Sunday 17 July 2016

3 Makanan Khas Kota Solo Wajib Di Coba

Kota Solo merupakan wilayah otonom dengan status kota di bawah Provinsi Jawa Tengah. Kota Solo ini dilewati sebuah sungai yang diabadikan dalam sebuah lagu yaitu Bengawan Solo. Kota Solo atau bisa disebut Surakarta dan kota-kota satelit lainnya (Kartasura, Solo Baru, Palur, Colomadu, Baki dan Ngemplak) adalah kawasan yang saling berintegrasi satu sama lainnya. Kawasan Solo Raya ini unik karena dengan luas Kota Surakarta sendiri yang hanya 44 km persegi dan dikelilingi kota-kota penyangganya yang masing-masing luasnya kurang lebih setengah dari luas kota Surakarta dan berbatasan langsung membentuk satu kesatuan kawasan kota besar yang terpusat.

Saya pernah diajak melakukan perjalanan dari Cilacap menuju Semarang dengan melewati pinggiran kota Solo sewaktu Faiz masih bayi. Melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi, memungkinkan saya dan suami untuk mencicipi makanan khas Kota Solo yang awalnya didengar dari teman-teman saja. Buat saya suasana Kota Solo sama dengan Kota Yogyakarta, suasananya adem, hangat dan makanannya membuat ingin selalu mencoba dan mencoba. Tinggal di kota yang jauh dari Kota Solo seperti saat ini, membuat saya dan suami jatuh hati ingin mencoba makanan khas Kota Solo.

Berikut ini ada 3 makanan khas Kota Solo yang selalu ingin dicoba dan dibeli di daerah tempat tinggal saya dan suami.

1 | Garang Asem


Suami saya sering sekali mencoba makanan Garang Asem sewaktu ditugaskan di Solo. Menu yang sering dipilih adalah Garang Asem dengan kuah yang banyak. Garang Asem merupakan makanan yang berbahan dasar ayam dengan belimbing wuluh sebagai salah satu bahan pelengkap sewaktu memasak Garang Asem.

Beberapa kali melihat suami menyantap Garang Asem Ayam, saya lalu jatuh hati untuk mencicipi dan mencoba Garang Asem. Perpaduan rasa gurihnya santan, pedasnya cabe hijau dan cabe merah serta rasa asam dari buah belimbing wuluh menjadikan penikmat makanan seperti suami saya ketagihan.



Mencoba Garang Asem di Kota Solo langsung pasti memberikan kenikmatan yang tiada duanya, kan? jadi jangan ketinggalan kalau teman-teman ingin berkunjung ke Kota Solo, silahkan mencicipi dan mencoba Garang Asem di tempat-tempat makanan yang menjual makanan khas Kota Solo ini.

2 | Serabi Solo


Makanan khas Kota Solo yang wajib dicoba lagi sebagai camilan adalah Serabi Solo. Di sepajang jalan di Kota Solo dan di pinggiran kota akan ditemukan banyak sekali penjual serabi solo yang menawarkan kekhasannya masing-masing.

Serabi merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Cara memasaknya adalah dengan menuangkan adonan tepung beras dan santan tadi ke atas sebuah wajan di atas tungku dengan bara yang menyala. Tungku-tungkunya kecil dan aroma khas asap yang keluar dari proses pembakaran menjadikan makanan khas ini selalu dirindukan. Untuk teman-teman yang akan berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk singgah dan mencoba makanan khas Serabi Solo ini.

Serabi solo memiliki varian rasa yaitu polos dan cokelat dan pada berbagai tempat harganya bisa berbeda-beda. Saya paling suka yang polos yang berwarna putih.

3 | Tengkleng Solo


Setelah mencicipi makanan khas Kota Solo yang ringan, Garang Asem dan Serabi Solo, sekarang giliran saya mengenalkan makanan berat yang lebih enak disantap dengan nasi satu piring. Tengkleng Solo.

Tengkleng Solo merupakan makanan berjenis sup dengan bahan utama daging atau jeroan  atau tulang kambing. Masakan yang berasal dari Kota Solo ini secara fisik lebih mirip gulai kambing tetapi kuahnya encer.

Hotel Murah di Kota Solo untuk Mencoba Makanan Khas Kota Solo


Menjelajah Kota Solo dan mencoba semua makanan khas Kota Solo yang beraneka rupa bisa memakan waktu lebih dari satu hari. Itupun jika teman-teman tidak singgah ke tempat wisatanya. Jadi kemungkinan butuh waktu lebih dari dua hari untuk menjelejah dan mencoba semua makanan khas Kota Solo.

Tinggal lebih dari satu hari di Kota Solo, lebih nyaman mendapatkan sebuah penginapan atau hotel dengan harga yang murah namun memiliki fasilitas yang sangat bagus dan lengkap. Seperti halnya jika teman-teman booking di www.airyrooms.com yang akan membantu teman-teman untuk booking penginapan atau hotel murah di Solo yang bagus dan nyaman serta memberikan fasilitas layaknya hotel berbintang. 



Fasuilitas tersebut adalah AC, Televisi layar datar, Perlengkapan kamar mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, aiur minum gratis dan WiFi gratis. Semuanya akan memberikan kenyamanan yang lebih lengkap setelah teman-teman mencoba makanan khas Kota Solo.




8 comments:

  1. Ya ampun aku suka semua. Hhahaaa. Lapar nggak lapar aku mauuuu

    ReplyDelete
  2. Serabi dan tenkleng solo saya sudah nyoba, bahkan beberapa kali, nyamleng :)

    ReplyDelete
  3. penasaran sama garang asemnya Mba, dari fotonya sudah terbanyang kelezatannya :)

    ReplyDelete
  4. saya penasran sama garang asem nya, kalo di daerah saya mirip sama pepes ayam ya mba

    ReplyDelete
  5. Garang asem aku suka sensasi wuluhnya mb,
    Btw katanya di solo bbanyak kuliner ektrem juga y

    ReplyDelete
  6. Aku suka banget garang asem, di Jakarta enggak banyak yang enak tapi sayangnya (:

    ReplyDelete
  7. wahhh.. lain kali ke solo mesti coba garang asem nih..

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih