Friday 11 November 2016

Cara Membuat Kue Pukis Enak dan Lembut

Hallo apa kabar teman-teman? Semoga sehat-sehat semuanya ya. Di jaga pola makan dan istirahatnya. Inget ya, besok sudah weekend, pasti dong, sudah punya banyak rencana menanti. Daaan, hari ini buat teman-teman penyuka belanja online, sedang sibuk-sibuknya ya? mencari barang yang dibutuhkan. Selamat berbelanja ya.

Hari ini, aku juga akan share cara membuat kue pukis enak dan lembut. Secara ya, baru pertama kali buat, hasilnya huaaaah, pakai acara tersanjung beberapa kali dipuji, enak. Walaupun, ya ada yang gosong karena keteledoranku. Tapi selanjutnya cakep banget loh warnanya. Bentuknya juga menul-menul kubilang. Rasanya, jangan ditanya dech. Enak dan lembut sekali. Persis dengan kue pukis yang dijual di toko-toko kue. 😋

Cetakan kue pukis yang sudah dibeli lamaaa sekali itu, terongok di dinding dapur. Kalau aku ngelihat, sedih rasanya. Belum juga mencoba membuat kue pukis pakai cetakan itu. Jadi, saat sedang ngumpul bareng keluarga, iseng aku buka youtube dan searching cara membuat kue pukis.

Ketemulah dengan video di Youtube milik Ibu Wiwik. Banyak sich video cara membuat kue pukis. Tapi punya Ibu Wiwik, ini paling mudah. Akupun membuang ketakutanku. Iya, aku sebetulnya tuh takut mencoba, takut nanti gagal, sayang bahan-bahannya. Alhamdulillah niatku disegerakan untuk mencoba membuat kue pukis. Jadi, aku langsung ke dapur cuz ach, menyiapkan bahan dan peralatannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:


Mentega cair dan mesesnya ketinggalan


  1. Siapkan tepung terigu 300 gr
  2. Siapkan gula pasir 150 gr
  3. Keluarkan telur dari lemari es, sebanyak 6 butir
  4. Siapkan santan yang sudah dimasak, sebanyak 350 ml
  5. Lelehkan mentega atau margarin 50 gr
  6. Satu buah fermipan
  7. Dua buah vanilli kemasan
  8. Topping bisa keju, bisa meses, bisa buah nangka. Adonanku kemarin sudah manis sekali, jadi tidak perlu ditambahkan meses. Sayang juga gak punya stok keju atau buah nangka. Jadi untopping, wkwkwkwk. 
 

 Alat yang dibutuhkan


  1. Mixer atau bisa juga menggunakan whist
  2. Mangkuk yang lebar dan besar
  3. Spatulla
  4. Kuas makanan
  5. Cetakan kue pukis, kebetulan aku beli di toko online nih. Buat teman-teman yang kepingin beli cetakan kue pukis, silahkan atuh cari di toko online yang mengadakan HARBOLNAS seru-seruan. Cetakan kue pukis ini, memiliki 10 lubang.
 

Cara Membuat 


Faiz minta pegang mixernya 😊

  1. Pertama-tama, mixer gula pasir dan keenam telur tadi. Mixer hingga adonan berwarna putih ya. Kurang lebih setengah jam
  2. Setelah adonan putih, matikan mixer dan campur fermipan pada wadah tepung terigu
  3. Tuang tepung terigu secara perlahan dengan diselingi air santan. Aduk hingga adonan tercampur rata
  4. Masukkan mentega yang sudah dilelehkan
  5. Tunggu adonan kurang lebih 30 menit sampai satu jam
  6. Panaskan cetakan kue pukis. Jika sudah panas, berikan mentega pada cetakan, supaya kue pukis tidak gosong. 😢 pada langkah ini, aku terlupa parah. Adonan kue pukis langsung aku tuang ke dalam cetakan. Hiks 😲
  7. Setelah cetakan diberi mentega, tuang adonan ke dalam cetakan. Gunakan api kecil, kalau aku sich, supaya kue pukis matang sempurna dan lembut.
  8. Tutup cetakan, tunggu hingga tercium aroma manis keluar. Kalau cetakanku, tutupnya kaca, jadi bisa melihat proses yang terjadi. Bagaimana adonan mengembang, bagaimana pinggiran kue pukis berubah warna dari putih, kuning hingga cokelat keemasan.
  9. Angkat kue pukis yang sudah matang, berikan mentega dengan menggunakan kuas
  10. Sajikan hangat-hangat kue pukis, untuk santap pagi, siang atau sore.
Bagaimana penampakan dari kue pukisku dari awal pertama menuang adonan sampai adonan selesai dan habis? Rasanya puas sekali membuat kue kali ini. Biasanya, diulang beberapa kali, tetap saja gagal. Sampai aku takut kalau emang enggak bisa bikin kue.

Hasil ke 3

Hasil ke 4 atau terakhir


Dan saat menikmati kue pukis, ngobrol dong dengan suami. Kata beliau, layak dek, dijual. Coba kamu titip ke pasar depan. 😍 Seketika itu juga, langsung aku buat perinciaan biaya pembuatan kue pukis tadi. Trus kalau dijual dikasih harga berapa, trus untungnya berapa. Trus sampai ngebayangin untungnya buat beli mixer yang bisa berdiri sendiri.

Menurut temanku yang kebetulan mencicipi, rasanya enak seperti yang dijual-jual 😏


Kalau peralatan lain untuk membuat kue pukis kan, sudah ready to go-lah ya.  Seperti pan untuk memanaskan mentega. Aku paling suka memanaskan mentega dengan pan yang tidak begitu besar, sayang tempatnya. Karena kan, cuma dikit doang mentega dibutuhkannya.

Aku pakai pan kecil yang buat bikin pancake itu loh. Pas baget mentega 50 gr dicairkan di dalam pan kecil tadi. Pas nuang ke dalam adonan juga, mudah dan ringan. Enggak perlu ribetlah kalau baking, hehee. 😘

Ini pan nya, abaikan kompor yang tidak terawat yey.


Aku baru sadar loh, ternyata peralatan masakku, termasuk pan tadi mereknya MAXIM semua. *sombong, padahal dapat diskon*. Sebagian beli di Lazada sewaktu HARBOLNAS atau Hari Belanja Online Nasional. Selain mendapatkan harga yang lebih murah, aku juga tidak perlu ke luar rumah untuk membelinya.

Aku suka semua wajan teflonnya, memasak jadi mudah lohh 😚


Jadi pingin ngebaking terus kalau gini. Apalagi sekarang mudah banget loh, belajar baking. Teman-teman bloggerku kebanyakan pada suka baking dan menuliskan secara detail cara membuat dan resepnya di blog mereka. Trus ada Youtube juga yang mudahlah diakses jaman sekarang.

Kalau peralatan masaknya? tinggal buka smartphone, klik Lazada, cari dech peralatan masak atau peralatan membuat kue dan roti. aaaach, hayuk, besok mau bikin kue apalagi? ada request? tapi yang gampang-gampang dulu ya? soale inyong urung duwe oven-lah. Arep dadi donatur apa? ulih bangetlah. Suwun ya. 💓

Menjelang subuh di HARBOLNAS

Note : Satu adonan kue pukis di atas, aku tuang 4 kali ke dalam cetakan. Jadi, bisa membuat kue pukis 30-40 buah.


20 comments:

  1. Pengen bikin sendiri, tapi blm ada cetakannya, hihi

    ReplyDelete
  2. Mbaa, pingin main ke rmh mu lg, minta bikinin kue pukis. Hahaha. Btw, cetakannya aku pingin juga biar bs bikin sndiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli Noe, ada banyak pilihan kok. Ada yang 10 ada yang 12 tergantung kantong..hhe

      Delete
  3. huhuu ..baca artikel ini bawaanny laper mulu :D

    ReplyDelete
  4. Dalemnya kasih coklat meses enak lagi tuhh..hehe

    ReplyDelete
  5. akhirnya nemu resep pukis enak juga

    ReplyDelete
  6. Wuah pukisnya keliatan empuk menul-menul. Kirim sini kue pukisnya Astin. Duh jadi pengin buat juga, tapi nggak punya cetakannya.

    ReplyDelete
  7. hhmmmmm...
    pagi-pagi gini udah bikin ngiler aja mba, nanti saya mau minta istri buatin pukis ahhh, jadi gak sabar nih

    ReplyDelete
  8. pukisnya gendut bgt, pasti enak rasanya

    ReplyDelete
  9. itu makanan kesukaanku banget itu. jadi pengen makan, ada yang mau bikinin ga? :p

    ReplyDelete
  10. kue pukis aku paling suka yang agak gosongan :D
    jadi gurih gurih gimana gitu

    ReplyDelete
  11. I love your website, I would appreciate it for a good read this...!!!

    ReplyDelete
  12. Ini kue favoritku, Mbak Tiin! Aku mau nyoba kapan2. Belum punya cetakan, apalagi mixer. :D

    ReplyDelete
  13. itu makanan kesukaanku banget itu. jadi pengen makan, ada yang mau bikinin ga? :p

    ReplyDelete
  14. mau juga buat pukis ini, kebetulan duniamasak jual juga cetakannya, tinggal cari bahan-bahannya terimakasih sis untuk resepnya.

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih