Wednesday 22 March 2017

Air Bersih Layak Konsumsi

Air merupakan senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71 % permukaan Bumi. Air sebagaian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka ai tawar, uap air, danau dan lautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air yaitu, penguapan, hujan dan alisan air di atas permukaan tanah (run off, meliputi mata air, sungai, muara ) menuju laut.

Air bersih penting bagi kehidupan manusia. Air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktiftas mereka sehari-hari, termasuk diantaranya adalah sanitasi.

Untuk konsumsi air minum menurut departemen kesehatan, sayarat-syarat air minum adalah:
  1. Tidak berasa
  2. Tidak berbau
  3. TIdak berwarna
  4. Tidak mengandung logam berat.
Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat resiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya E.Coli) atau zat-zat berbahaya. Walaupun bakteri dapat dibunuh denagan memasak air hingga 100 derajat Celsius, banyak zat berbahaya, terutama logam tidak dapat dihilangkan dengan cara ini.

Sumber : Wikipedia Indonesia

Air Bersih


Mulai dari bangun pagi hingga tidur di malam hari, aku dan keluargaku membutuhkan air bersih. Aku tinggal di perumahan yang bekas rawa. Jadi dapat dibayangkan bagaimana kondisi air tanah yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila sedang bagus, air bersih yang aku ambil melalui pompa air, akan terlihat sangat jernih, tidak berbau dan tidak meninggalkan bekas di ember plastik.

Namun apabila kondisi sedang jelek. Air tanah yang tertampung di ember akan terlihat keruh, berbau, terdapat endapan kotoran hitam dan dalam dua hari, aku bisa mencuci ember karena bekas air yang tidak dapat dikatakan bersih.

Alhamdulillah, prosentase air bersih yang kudapatkan lebih banyak daripada air bersih yang kondisinya sangat jelek. Jadi, belum begitu khawatir untuk menutup air tanah dan berailih mengunakan air PAM.

Air bersih tapi belum tentu bisa diminum karena mengandung kaporit


Apabila air sedang jelek, upaya yang dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Air yang dipergunakan untuk mandi, terlebih dahulu diteteskan cairan antiseptik. Tujuannya untuk mematikan bakteri.
  2. Air yang dipergunakan untuk mencuci piring, aku mengunakan air isi ulang galonan yang biasa digunakan untuk memasak.
  3. Untuk mencuci baju, aku lihat-lihat dulu. Apabila airnya hanya membawa kotoran hitam tapi airnya tidak hitam ataupun cokelat, aku tetap mengunakan air tersebut. Namun, untuk baju putih aku skip, untuk kemudian memasukkan ke dalam laundry.
Aku pribadi adalah orang yang paling rewel untuk urusan air dan tempatnya. Pernah suatu waktu singgah di rumah saudara dan mendapati kondisi bak mandinya kotor, aku skip mandi dan akhirnya hanya menggosok gigi dengan air minum. Bagiku, air yang dipergunakan untuk mandi juga harus bersih. Bukan hanya airnya yang bersih, namun bak dan ember untuk menampung airnya juga harus bersih dan tidak ada endapan di bawahnya. Repot ya, jadi aku.

Air Minum


Air bersih dari air tanah di pinggiran kota besar seperti tempat aku tinggal, (tidak) diperbolehkan untuk diminum, dengan banyak syarat. Aku hanya melakukan survey kecil-kecilan dengan lingkup yang sempit. Yup, hanya di lingkungan perumahan tempat aku tinggal.

3 dari 10 warga perumahan mengkonsumsi air tanah yang direbus untuk diminum. Semuanya tentu melewati pertimbangan lainnya. Aku memilih untuk membeli air mineral untuk konsumsi air minum keluargaku. Aku tidak berani mengkonsumsi air tanah untuk memasak apalagi diminum.

Namun sebaiknya harus diperhatikan, apalagi bagi warga yang tinggal di dekat aliran sungai dan aliran got yang besar. Aliran air tersebut mungkin bisa berasal dari limbah pabrik yang banyak berdiri di sekitar perumahan. Jangankan pabrik besar seprti tekstil atau plastik dan lain sebagainya. Limbah bahan makanan, juga perlu diwaspadai.

Apabila masih ingin mengkonsumsi air tanah untuk diminum atau untuk dimasak, sebaiknya lakukan pengecekan air terlebih dahulu. Apabila hasil yang ditunjukan bersih, silahkan saja dikonsumsi untuk air minum. (khususnya perumahan yang berada di lingkungan pembuangan limbah pabrik)

Untuk air minum, aku juga pilih-pilih. Mungkin karena sudah terbiasa mengkonsumsi air mineral dari satu brand. Suatu hari di suatu tempat, aku meminum air tanah yang direbus, tenggorokan langsung sakit. Rasanya ada sesuatu yang mengendap di tenggorokan, apa perasaan aku saja ya?

Di hari air sedunia ini, aku meninjau dari sisi air yang dikonsumsi. Baik untuk minum, masak, mandi maupun untuk keperluan sehari-hari. Sebaiknya gunakanlah air layak konsumsi. Air yang layak konsumsi bukan berarti hanya terlihat bersih saja, tapi perhatikan penyimpanan air dan kandungan yang terdapat di dalam air.

Selamat Hari Air Sedunia, sudah minum air berapa litter hari ini?

33 comments:

  1. Di rumah juga udah lama nggak masak air, karena kondisi airnya udah nggak layak minum. Untuk rebus sayur masih nggak apa-apa sih, cuma untuk minum langsung rasanya nggak nyaman aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MBak, jaman aku tinggal di kota Cilacap, masih menggunakan air tanah dengan cara pompa manual, masih merebus. Sekarang ibuku sudah enggak rebus air lagi

      Delete
  2. Sejak gak ngantor, saya lumayan banyak minum air putih. Waktu masih kerja suka malas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah sejak di rumah, konsumsi air putih berkurang buanyaak.

      Delete
  3. Wah, serius ini hari air sedunia? Aku kok tidak tahu ya? Tinggal di daerah rawa susah juga ya...Tulisan ini sangat memberiku inspirasi karena sudah lama aku ingin mnegulas artikel tentang penggunaan air minum di Jerman yang sudah bebas dari flouride dan di seluruh Jerman, air minum sudah layak diminum bahkan tanpa dimasak terlebih dahulu alias langsung dari kran. Bahkan air yg mengalir di kamar mandi pun layak minum. Dari artikel ini aku jadi dapat pandangan bagaimana merangkai tulisan tentang air tersebut. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nonton Pagi Pagi di Net Tv, Trus googling dech, eh beneran. Jadi aku tulis dech tentang air.

      Delete
  4. Alhamdulillah, airku asli dari gunung Mbak. Jadi rasa segernya terasa banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari gunung pasti seger dan masih bersih ya, Mbak. Apalagi buat mandi, duuuuh bawaannya kepingin mandi teruuus...loh,

      Delete
  5. Air tanahku jg kurang bagus sebenarnya mba kalo nyuci pakaian putih jd agk kuning

    ReplyDelete
  6. Saya malah terbiasa minum air rebus, kalau minum air mineral pasti langsung serak dan batuk

    ReplyDelete
  7. Air memang kebutuhan utama manusia, tanpa air kita gak akan bisa hidup. Jadi selayaknya dijaga dan diperhatikan dengan seksama

    ReplyDelete
  8. Kebutuhan akan air bersih memang gak bisa dipandang sebelah mata. Salah sedikit saja (terutama untuk air minum) langsung deh sakit perut dan kena diare berhari-hari.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah di tempatku masih banyak sumber mata airnya mbak, bahkan bisa langsung di minum tanpa di masak. Itu karena kami tinggal di dekat pegunungan, dan hutannya masih bagus. Silahkan mampir kemari mbak, untuk melihat sumber mata airnya https://colourfulaceh.wordpress.com/2016/06/06/8-nama-sumber-mata-air-ini-membuat-kamu-ngeri-bahkan-tertawa-mendengarnya-penasaran-dimana-tempatnya/

    ReplyDelete
  10. air tanah sekarang kurang laku lagi , banyak beralih ke air galon yang simpel ,,, jika difikirkan air tanah justru lebih ekonomis dan sehat ,,kecuali air kencing,,wkwkw

    ReplyDelete
  11. Aku bersyukur air di rumahku bersih mba. Tapi sempat mengalami mati air dan itu bikin panik :(

    ReplyDelete
  12. Di rumah masih suka masak air sumur
    Segerrr

    ReplyDelete
  13. sama kondisi airnya dgn yg ditempatku.
    jadij

    ReplyDelete
  14. Air memang sangat penting tapi sering diabaikan. Baru setelah air tercemar dikit aja kita bakal kerepotan.penting yaaa menjaga kelestarian air.

    ReplyDelete
  15. aku msuk dlm 3 dr 10 or itu mbk, tp itu dulu, skrg pkek air minerl aja, :)

    ReplyDelete
  16. Air tawar di dunia ini sedikit sekali ya mbak. Dan air tawar yang bisa diminm lebih sedkit lagi.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah mb..di tempatku air masih bersih krn di pedesaan. Di samping air sumur ( air tanah) kmi juga dengan mudah mendapatkan limpahan air bersih ( mata air) yang bahkan digunakan untuk kolam2 ikan..

    ReplyDelete
  18. air pam biasanay menngandung kaporit juga ya Astin

    ReplyDelete
  19. Aku kalo mandi juga pake antiseptik :D Keliatannya aja bening.. ada kuman atau gak siapa yg tau.. mana keliatan... beruntung lah aku tinggal di daerah yg air jarang mati. Dulu waktu kecil pernah ke bandung.. lah airnya mati.. padahal di hotel ahahahahahkkkk...

    ReplyDelete
  20. aku juga ngerebus sendiri mbak air minum karena punya air sumur yg bagus dan jernih, pernah beli air mineral aku sekeluarga diare >.< nggak cocok mbak

    ReplyDelete
  21. Kalo untuk minum sih apakai isi ulang air mineral. Untuk nyuci, mandi dll, pakai air sumur krn gak punya PAM. Dan air sumurku kayak udh tercemar karena kalo telat nyikat kayak jadi plak gitu.

    ReplyDelete
  22. Trim Jeng Astin. Mengajak kita makin bijak gunakan air. Segarnya air pegunungan.

    ReplyDelete
  23. air dirumahku langsung mengalir dari gunung mba, jernih...
    dan dirumah gak pernah beli galon, selalu masak air sendiri untuk sehari-hari hihi... rasanya lebih enak, beneran kayak ada manis-manisnya gitu :D

    ReplyDelete
  24. Air memang krusial banget ya Mbak. Kalau di tempatku airnya ada kandungan mangan yg lumayan, jadi berkerak kemcoklatan di kamar mandi. Capek juga harus rajin menggosoknya bersih-bersih. Ha..ha.

    ReplyDelete
  25. Hmmm kadang lupa air putih lebih baik kalau sudah minum kopi. Apalagi kalau lupa bawa tumbler kalau pergi2, udah wes jajan minuman2 yg macem2 itu.

    ReplyDelete
  26. air memang dibutuhkan oleh makhluk hidup. So,kita wajib bgt menjaga kebersihan air

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih