Tuesday 18 July 2017

Olahan Ayam Potong So Good dalam Cita Rasa Garang Asem

Hai hallo, apa kabar semuanya? sudah lama banget ya, gak share masakan yang aku buat di dapur astata. Yup, kali ini aku pingin berbagi dengan teman-teman semua nich apa yang aku buat di dapur astata.

Beberapa hari kemarin, aku membeli ayam potong kemasan dari So Good di sebuah minimarket di dekat rumah. Anak laki-lakiku dan suamiku merekomendasikan ayam potong So Good tersebut. Bedanya, sewaktu mereka membeli, kemudian langsung memasak tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

So Good Ayam Potong Paha dan Dada Ayam


Oleh karena itu, mereka menyerahkan menu ayam potong kepadaku. Setahu mereka ayam potong ya untuk digoreng atau dikukus saja. Kemudian aku berpikir, apa ya kesukaan suami dan anak lelakiku dari bahan utama ayam potong?

Ayam Garang Asem


Ide pertama aku membuat GARANG ASEM. Suamiku suka banget dengan makanan khas asli Jawa Tengah, Garang Asem. Cita rasa ayam dalam bumbu garang asem benar-benar nagih sewaktu menyantapnya. Jadi, aku ingin menyajikan ayam potong dengan kualitas ayam yang segar segar.

Di minimarket yang kukunjungi, hanya ada 1 varian ayam potong So Good, yaitu So Good Paha dan Dada Ayam. Sedangkan varian lainnya tidak ada. Padahal aku ingin mencoba varian ayam potong So Good Ayam Utuh 10 potong dan So Good Daging Sop Ayam. 




Kemasan So Good Ayam Potong Paha dan Dada Ayam yang aku beli masih beku. Ayam So Good berasal dari bibit ayam pilihan yang dipelihara secara baik di peternakan modern, tumbuh tanpa suntikan hormon. Dipotong secara halal,  dibekukan sempurna dengan proses IQF yang membuat ayam So Good terkunci  dalam 4 kualitas ayam segar.  Segar, Gizi, Rasa dan Bersih. 

Bahan-Bahan Membuat Garang Asem


Sementara itu, aku menyiapkan bahan-bahan  untuk membuat Garang Asem. 

Garang Asem memiliki bahan utama yang paling khas yaitu, Ayam itu sendiri dan Belimbing Wuluh. Aku mendapatkan belimbing wuluh dari tetangga depan rumah. 

Ayam potong So Good Praktis, tinggal diolah, tidak perlu dipotong dan dicuci. Jadi, aku hanya mencuci bahan-bahan untuk membuat Garang Asem yang lainnya.
  1. Bawang Merah 4 buah diiris tipis
  2. Bawang Putih 5 buah diiris tipis
  3. Belimbing Wuluh 4 buah sedang diris atau jika suka gelondongan, dibiarkan saja
  4. Serai 2 batang diiris tipis
  5. Jahe Sedikit, seujung kuku, digeprek
  6. Daun Jeruk 2 lembar
  7. Lengkuas 2 iris
  8. Cabe rawit merah sesuai selera, diiris serong
  9. Tomat merah dan tomat hijau diiris sedang
  10. Garam
  11. Gula
  12. Santan encer dan santan kental
  13. Minyak untuk menumis 
Garang Asem pada umumnya disaji dengan daun pisang. Berhubung tidak ada daun pisang dan aku kesiangan pergi ke pasar, jadi aku membuat garang asem dengan cara menumis bumbu-bumbunya dan merebus ayam potong So Good ke dalam bumbu yang sudah ditumis tersebut.

Cara Membuat Garang Asem


Proses membuat Garang Asem dengan So Good Ayam Potong Paha dan Dada Ayam sangat mudah. Setelah bumbu-bumbu di atas dipersiapkan, aku membuka kemasan So Good Ayam Potong Paha dan Dada Ayam-nya.

Tips : Aku punya tips nich dari akun Instagram So Good Indonesia, apabila teman-teman kesulitan mencairkan daging So Good Ayam Potong yang membeku, padahal sudah ingin mengolahnya. Caranya adalah dengan mencairkan daging ayam beku yang masih dalam kemasan plastik, dengan merendamnya ke dalam air dingin hingga daging ayam beku tersebut mencari.

  1. Aku memasak menggunakan panci biasa, bukan panci teflon. Jadi, aku menggunakan api kecil saat memanaskan minyak goreng.
  2. Setelah minyak panas, aku memasukkan bawang putih dan bawang merah. Ditumis hingga wangi.
  3. Masukkan irisan cabe, belimbing wuluh dan sebagian tomat untuk mengeluarkan air.
  4. Masukkan irisan serai, lengkuas, geprekan jahe.
  5. Masukkan So Good Ayam Potong, kali ini aku menggunakan bagian dada ayam. Warna ayam yang berkualitas adalah berwarna merah muda, kenyal, tidak amis dan praktis.
  6. Masukkan santan encer dan aduk-aduk sampai ayam terendam dalam santan.
  7. Masukkan daun salam dan daun jeruk yang disobek-sobek, supaya aroma daun jeruknya keluar.
  8. Beri garam, lada apabila suka, gula pasir jika suka
  9. Terakhir masukkan santan kental dan setelah ayam lunak, masukkan tomat.
  10. Koreksi rasa, setelah dirasa matang, matikan kompor
  11. Sajikan Ayam Garang Asem 
Aroma garang asem tercium dengan kuat saat belimbing wuluh ditumis. Saat So Good Ayam Potong dimasukkan, aroma lebih kuat keluar berpadu dengan aroma belimbing wuluh.  

Proses memasak So Good Ayam Potong dari menyiapkan bahan, sampai Ayam Garang Asem jadi kubuatkan VLOG nich. Ternyata seru juga loh memasak sembari menceritakan apa yang dimasak. Yuk, teman-teman yang ingin menyaksikan aku mengolah So Good Ayam Potong Paha dan Dada Ayam menjadi Ayam Garang Asem, silahkan lihat VLOGDapurAstin di bawah ini.

 

Ayam Garang Asem sudah jadi, tinggal merasakan cita rasa So Good Ayam Potong dalam rasa Garang Asem. Bentuk Dada ayamnya tidak berubah atau berhamburan, meskipun dimasak dengan cara ditumis dan direbus. Saat memotong, daging ayam terasa empuk sekali. Seratnya tidak keras dan cocok sekali dengan kondisi gigiku sewaktu digigit. Empuk dan mudah sekali digigit.

Ayam Garang Asem dari So Good Ayam Potong


Daging ayam So Good Ayam Potong membawa cita rasa pedas, asem, asin, gurih dari santannya dan luar biasa membuat aku ingin mengolah lagi dan lagi So Good Ayam Potong Paha dan Dada Ayam untuk resep-resep lainnya.

Gimana dengan teman-teman, apakah sudah mencoba mengolah So Good Ayam Potong dengan olahan khas menu kesukaan keluarga? Pasti sudah banyak kreasinya ya. Nah, kalau gitu, ayo upload masakan teman-teman melalui microsite www.dapursogoodid dan simak ketentuannya ya.

12 comments:

  1. Aku kemarin bikin rendang niatnya. Tapi jadinya kaya opor. hehehehe

    ReplyDelete
  2. Resepnya unik2. :D Pengen bereksperimen juga nih jadinya. :D

    ReplyDelete
  3. Boleh tuh di coba di rumah :D

    ReplyDelete
  4. Akuuu mau coba mbak garang asemnya. Sepertinya nikmat bgt

    ReplyDelete
  5. Suegeeeerrre reeekkk.. mau lah Astin ;)

    ReplyDelete
  6. Garang asem ayam, aku suka. Asem-asem segeeer

    ReplyDelete
  7. kesukaan saya garang asem :D

    ReplyDelete
  8. oo... suamiku selalu cerita nih tentang garang asam jawa. akhirnya nemu juga resepnya

    ReplyDelete
  9. oo... suamiku selalu cerita nih tentang garang asam jawa. akhirnya nemu juga resepnya

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih