Monday 18 December 2017

Pentingnya Menjaga Kesehatan Bagi Seorang Ibu Rumah Tangga



[Kesehatan] 

Menjaga kesehatan itu wajib hukumnya bagi semua orang, baik anak-anak, dewasa maupun kakek dan nenek. Kesehatan itu penting sama pentingnya dengan rasa syukur yang harus selalu diupayakan setiap helaan nafas.



Bulan Desember ini, Alhamdulillah ada saja cerita yang saya sakit gigilah, yang saya sakit jatuh terduduk dan Alhamdulillah semua dapat dilalui dengan baik. Oleh karena itu, resolusi saya tahun 2018 salah satunya adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan setiap harinya.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang sudah tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga, menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sendirian itu, sangat luar biasa. Saya selalu salut bagi ibu rumah tangga yang tanpa asisten, masih memiliki anak balita dan aktif bekerja dari dalam rumah.

Pekerjaan ibu rumah tangga itu gak banyak loh, sangat buanyak sampai tak pernah terhitung. Dimulai kapanpun dan tidak pernah berakhir. Selalu, setiap waktu ada saja pekerjaan rumah plus mengasuh anak dilakukan tanpa henti. Termasuk saat hari libur maupun saat sedang melakukan kegiatan traveling atau berlibur, seorang ibu rumah tangga tidak dapat dipisahkan dari pekerjaan mengurus hal-hal yang detail, dari memandikan anak sampai memperhatikan makanan anak-anak dan suami.

Peran ibu rumah tangga begitu penting sehingga kesehatannya tidak dapat diacuhkan begitu saja.
  1. Ibu sehat menyehatkan seluruh anggota keluarga
  2. Ibu sehat anak-anak tumbuh bahagia dan ceria
  3. Ibu sehat suami nyaman bekerja, rejeki mengalir lancar
  4. Ibu sehat kondisi rumah menjadi nyaman untuk segala macam aktifitas
  5. Ibu sehat dapat menghadirkan berbagai macam kreatifitas untuk bermain bersama anak-anak

Alhamdulillah saya memiliki suami yang galak soal pentingnya menjaga kesehatan. Sakit sedikit suami saya langsung memberikan pidato kenegaraan yang membuat saya terdiam seribu bahasa. Iya, memang menjaga kesehatan itu sangat penting. Tidak boleh tidak harus dilakukan. Semua itu untuk diri sendiri kok, bukan buat orang lain. Apabila tubuh sendiri sehat, Insya Allah tubuh keluarga juga sehat, bukan begitu?

Berikut ini adalah hal-hal yang telah saya lakukan, meskipun belum rutin dilakukan tahun ini. Nah, di tahun 2018 Insya Allah saya ingin hal-hal berikut dapat dilakukan secara rutin untuk kesehatan diri sendiri dan kesehatan keluarga.

1| Makan Teratur


Betapa sulitnya menjaga makan dengan teratur dan disiplin. Dapat sarapan dan makan siang saja sudah Alhamdulillah. Kadang alasan menyelesaikan pekerjaan rumah menjadi alasan menunda makan. Apabila makan sudah terlambat rasanya menjadi malas untuk menyantap makanan.

Makan pagi pindah ke makan siang dan makan siang pindah ke makan malam. Begitu seterusnya sampai menjadi hal yang rutin padahal tidak sehat.


Beberapa bulan kemarin, saya sudah mencoba untuk tetap menyantap sarapan apapun menunya, yang penting perut terisi di pagi hari.

2| Menggerakan Badan/ Olah Raga


Banyak yang salah pengertian, bahwa mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti beberes rumah, menyapu, mengepel, menyetrika dan membersihkan kamar mandi adalah olah raga. Padahal hal tersebut kurang tepat.

Ibu rumah tangga butuh untuk menggerakan badan / olah raga dengan gerakan yang baik, seperti melakukan peregangan sederhana, atau melakukan olah raga kekinian seperti yoga dan senam. Beberapa bulan kemarin saya sudah sering melakukan gerakan peregangangan dan hasilnya badan menjadi lebih relaks.

3| Istirahat Cukup


Pekerjaan ibu rumah tangga tidak pernah habis. Istirahat perlu dan wajib supaya tubuh tidak menjadi lekas lelah dan sakit. Tidur siang 1-2 jam perlu dilakukan, asalkan anak-anak dalam pengawasan yang baik.

Saya selalu mencuri waktu untuk istirahat siang, meski hanya rebahan saja di tempat tidur. Lumayan daripada terus mengerjakan pekerjaan tapi badan kurang istirahat.

4| Makan Buah daripada Gorengan


Ini juga prinsip dari suami. Lebh baik meberi saya uang untuk membeli buah sebanyak-banyaknya daripada membeli gorengan 5 biji. Suami saya paling royal untuk urusan membeli buah, selain sehat, segar, mengkonsumsi buah juga tidak membuat badan menjadi mengendut.

Apabila ingin makan gorengan, sebaiknya membuat sendiri tapi tentunya jangan sering-sering ya.

5| Berpikir Positif dan Selalu Bersyukur


Sebaiknya sebelum melakukan semua hal di atas, ada baiknya untuk selalu bersyukur dan berpikiran positif. Kedua hal tersebut menjadi landasan untuk melalukan hal baik dalam menjaga kesehatan tubuh.

Selalu bersyukur kadang menjadi lupa padahal hal tersebut adalah hal sederhana. lakukan latihan setiap bangun tidur dengan tersenyum sebentar meskipun kesiangan dan bersyukurlah.

Berpikir positif juga menjadi hal yang penting dalam menjaga kesehatan. Berpikirlah selalu sehat meskipun sakit itu juga datang saat tidak diminta dan kadang datang meski sudah menjaga tubuh dengan baik.

Sakit datang ya disyukuri dulu, karena sakit itu adalah ujian yang diberikan oleh Allah, supaya tetap sabar, tetap berpikir postif dan mensyukuri arti sehat.

Meksipun ada anggapan ibu rumah tangga atau menjadi seorang ibu tidak boleh sakit, kalau sakit jangan lama-lama, namanya sakit ya harus dinikmati dengan bahagia.


Pernah sakit dengan bahagia? enggak ya, doanya mah semoga selalu sehat ya. Sakit yang beberapa bulan menyapa saya adalah sakit gigi dan sakit karena terlalu lelah dan makan yang tidak teratur. Rasanya enggak nyaman sekali.

Seorang teman menyarankan saya untuk mencoba Theragran-M, untuk mempercepat masa penyembuhan saat sakit menyapa. Kan kasihan anak-anak kalau ibu rumah rumah tangga terlalu lama sakit. Jadi, saya mencari informasi mengenai Vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan dan vitamin yang bagus untuk masa pemulihan, karena biasanya masa-masa itulah yang paling berat euy.


Theragran-M ini diproduksi oleh PT Taisho Parmaceutical Indonesia dan sudah tersedia di apotek-apotek. Di dalam Theragran-M ini terdapat kombinasi multivitamin (Vitamin A,B,C,D,E) Mineral esential (Magnesium dan Zinc).

Sebaiknya konsultasikan kepada dokter bagaimana cara mengkonsumsi Theragran-M dan berapa dosisnya. Pada kemasan ditulis dosis Theragran-M  1 kaplet sesudah makan. 

Saya membeli dan mengkonsumsi Theragran-M karena tidak dapat menghitung berapa banyak vitamin dan mineral yang masuk dalam tubuh dalam keadaan setelah sakit atau dalam masa pemulihan dari sakit. Takutnya kan kurang vitamin dan mineral ya, karena kekurangan vitamin dan mineral dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh serta dapat timbul beberapa penyakit nantinya.

Theragran-M merupakan salah satu suplemen yang dapat dipilih untuk mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, magnesium dan zinc dari nutrisi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan  Theragran-M




8 comments:

  1. aku juga minum theragran ini. biar badan fit terus apalagi musim hujan gini

    ReplyDelete
  2. Sekarang saya juga mengkonsumsi Theragran-M. Setelah beberapa hari mengkonsumsi Treragran badan saya terasa lebih fit..

    ReplyDelete
  3. sama mba Astin, suami saya juga galak kalo masalah kesehatan. olga harus teratur, makan gak boleh telat, dll :)

    ReplyDelete
  4. yang sulit itu olehraga teratur dan menjaga pola makan

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih