9 May 2019

Resep Soto Betawi Gurih dan Enak untuk Buka Puasa


Beberapa hari yang lalu saya mencari resep soto betawi gurih dan enak untuk disajikan saat berbuka puasa. Kami tuh dikasih sajian soto apapun, pasti dimakan. Apalagi soto betawi yang gurih dan nikmatnya ampun, tidak dapat diceritakan menggunakan kata-kata. Iya saat nulis ini saya sedang berpuasa, sudah mulai terbayang semangkok soto betawi.



Semangkok soto betawi itu berisi potongan kentang, daging sapi, babat, paru, usus dan ditambah daun bawang, emping dan bawang goreng yang disiram kuah susu yang ringan tidak membuat eneg. Kalau membeli di warung soto betawi akan disajikan bersama sepiring nasi putih yang di atasnya ditaburi bawang goreng.


Saya membayangkan untuk memasak babat, paru dan ususnya kan, belum pernah sama sekali. Kata suami, tidak perlu menggunakan babat, paru dan usus, cukuplah menggunakan daging sapi. Daging sapi yang digunakan biasanya daging sapi sandung lamur atau yang biasa digunakan untuk memasak rawon. Sudah berkali-kali suami membakar semagat saya untuk mencoba membuat soto betawi. Rasanya saya belum percaya diri untuk membuat soto betawi, gimana dong. 


Beruntungnya saya yang memiliki teman 'pengusaha warung tegal bebas riba' seperti itu dia ingin dikenal. Setiap satu minggu sekali membuat menu soto betawi dan langsung laris dalam hitung jam. Saya sudah sering mencoba soto betawinya dan rasanya enak sekali. Beda dengan soto betawi yang pernah saya makan di depan Rumah Sakit Muhammadiyah Cipondoh. Saya sudah menitipkan pesan kepada Mbak Nur untuk mengabari lewat WA, kapan dia akan  membuat soto betawi. Jadi saya akan meliburkan dapur dan menikmati soto betawi buatan Mbak Nur.


Ngomong-ngomong soal resep soto betawi gurih dan enak, kuncinya ada pada bumbu kuah susunya. Duh, lagi-lagi saya makin ingin mundur cantik nih membuat soto betawi. Tahu sendiri resep sop saja bawangnya saya gebrek saja. Kabar baiknya saya sudah punya nich resep yang sekiranya agak pas untuk saya coba setelah lebaran, ehehehe.

resep soto betawi


Bahan-Bahan untuk Membuat Soto Betawi
  1. Daging sapi 400 gr
  2. Paru 200 gr
  3. Air 2 litter
  4. Santan 250 ml
  5. Susu cair (bisa menggunakan susu apapun) 200 ml
  6. Lengkuas, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, pala, kayu manis, cengkeh
  7. Garam dan gula
  8. Kaldu bubuk jika menggunakan
  9. Minyak goreng untuk menumis bumbu halusnya
Bumbu Halus
  1. Bawang merah 10 siung, bawang putih 5 siung
  2. Merica butiran 1 sdt
  3. Ketumbar disangkrai 1 sdt
  4. Jinten juga disangkrai 1/2 sdt
  5. Kemiri 5 butir
  6. Kunyit secukupnya disangkrai juga
Bahan pelengkap
  1. Emping yang digoreng
  2. Kentang digoreng, ukurannya agak besar-besar ya.
  3. Daun bawang yang diiris 
  4. Tomat iris agak besar juga
  5. Sambal soto
  6. Kecap manis
  7. Jeruk limau/ jeruk nipis
Cara Membuat Soto Betawi :
  1. Pertama didihkan 2 litter air. 
  2. Setelah mendidih masukan daging dan paru sampai empuk, kemudian angkat.
  3. Sisa air rebusan ukur sampai 1 litter, bila kurang tambahkan
  4. Goreng daging sebentar
  5. Tumis bumbu halus, masukan daun salam, daun jeruk, serai kayu manis, cengkeh, jahe dan tumis sampai matang dan benar-benar wangi
  6. Masukan tumisan bumbu ke dalam sisa air rebusan tadi
  7. Masukkan susu cair, santan, gula dan garam
  8. Masak menggunakan api kecil, aduk-aduk jangan sampai pecah
Wah sepertinya mudah sekali ya membuat soto betawi ini. Jadi kepikiran untuk memasukan menu soto betawi ke dalam menu buka puasa untuk satu minggu kedepan. Teman-teman punya masukan saran atau apa gitu untuk membangkitkan rasa kepercayaan diriku. Hal yang sya khawatirkan rasa kuahnya amburadul gitu, soalnya jarang membuat masakan dengan bumbu yang sangat komplit seperti ini.



25 comments:

  1. Saya belum pernah nyicip soto betawi nih mbak, ah bikin ngiler nih, ternyata bahan kuahnya pakai susu juga ya...

    ReplyDelete
  2. Aku juga kemarin masak ala soto betawi.
    Tapi etapi...langsung ludes.
    Heu~
    Padahal isiannya ga selengkap ini.

    Nikmatnya sehat dan berpuasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis makan Soto Betawi, jadi berasa jadi warga Jakarte.
      Iyee...
      Bisa ngomong bahasa Betawi gitu...
      Hahhaa...

      Delete
  3. Aku suka soto betawi! Tapi ngga pernah bikin hahahahha pasti beli karena takut gagal :D karena ngga suka jeroan, pasti aku milihnya pake daging aja... hmmm... ntar buka puasa pake soto betawi enak nih kayaknya

    ReplyDelete
  4. Baru tahu saya kalau kuah soto betawi itu pakai susu. Kirain kuah santan aja

    ReplyDelete
  5. jadi kesentil pengen bikin soto betawi juga buat buka puasa. hari ini masak soto ayam. soalnya kalo mau bikin soto betawi, bahan2nya kudu pesen dulu ke tukang sayur :D

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah nyobain soto betawi mbak. Hehehe. Ternyata kuah nya dari susu ya, kayanya rasanya bakal gurih banget..

    ReplyDelete
  7. Belum pernah masak soto betawi klo beli sering. Enaak, gurih. Mksh resepnya mak Harus dicoba nih

    ReplyDelete
  8. Endeus banget ini soto Betawinyaaaaa
    Pengin banget cuss ke JKT cuma buat nyobain soto Betawi yg otentik
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Wah, boleh-boleh nih nyontek resepnya. Aku suka dengan soto. Walopun belom pernah nyoba sih nyicip soto Betawi kayak gini. :D

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah bikin soto betawi sendiri. Biasanya selalu beli.
    Makasih resepnyaaa, bakal dicatat

    ReplyDelete
  11. semangat mbak astin. Semoga sukses bikin soto betawinya yaa...saya mah ga bisa kasih saran. orang kemampuan masaknya dasar2 aja hahaha. apalagi saya memang kurang suka soto betawi. sukanya soto yg bening2 :)

    ReplyDelete
  12. Soto betawi depan RS Muhammadiyah sebelah mana Mba? Jadi kepo nih heheheh

    ReplyDelete
  13. Duh, jd kangen soto betawi yg di deket kampus, favorit banget... Coba bikin sendiri aja kali ya, makasih resepnya mak...

    ReplyDelete
  14. Soto Betawi enaak..ternyata pakai susu ya mba, baru tahu hihi maklum cuma bisa makannya aja..

    ReplyDelete
  15. Wah makasih resepnya. AKu belum pernah bikin soto Betawi sendiri, selama ini cuma beli. Bisaku cuma bisa bikin soto bening hehe. Kapan2 praktikin aah

    ReplyDelete
  16. Aku suka soto betawi yang isinya babat Astin, hmmmm maknyuss, nanti kapan2 aku dibawain soto betawi buatan Astin ya

    ReplyDelete
  17. Aku selama ini juga cuma jadi tukang makan kalo soto Betawi. Nyontek resepnya ya Astin, pengen bikin. Jadi yakin deh bisa kalo ada contekan resepnya gini

    ReplyDelete
  18. Aku sampe sekarang belum sukses bikin resep soto betawi. Mau deh belajar bikin lagi, pake resepnya mba

    ReplyDelete
  19. Emang paling enak tuh kalau bulan puasa baik berbuka dan sahur itu makan yang berkuah. Duh jadi keidean mau bikin soto buat sahur nanti.

    ReplyDelete
  20. Endes bngt ini mamah mertuaku org betawi suka buat ini favorite keluarga klo dia bikin Soto betawi kyk gini udah di kasih resepny juga aku cuma melees 🙈

    ReplyDelete
  21. Anak-anak karena besarnya di Jakarta jadi tipe soto yang disuka ya soto Betawi ini..padahal emak bapaknya seneng soto bening ala Jatim hihih. Jadi selang-seling bikinnya.
    Dan keknya bisa dicopas resepnya mbak Astin nih..komplit bangets..pasti mantul rasanya:)

    ReplyDelete
  22. Duh jam segini baca ini, jadi ngiler hihihi. Soto betawi emang paling enak deh

    ReplyDelete
  23. Wah dapat resep nih. Asyik. Suamiku yang suka soto. Mungkin juga suka soto betawi. Thanks ya Mbak

    ReplyDelete
  24. Wah ini resepnya yang dicari. Paling suka soto Betawi kukira pake santan ternyata susu toh. Aku contek resepnya ya mba

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih