3 Sep 2019

Manfaat Mengikuti Acara Parenting di Sekolah Anak

Hari Sabtu tanggal 1 September 2019 lalu, saya menghadiri acara parenting yang sudah dijadwalkan oleh pihak sekolah TK si bungsu. Satu hari sebelum acara dimulai, pihak sekolah memberikan informasi bahwa anak-anak sebisa mungkin tidak perlu diajak ke sekolah. Sayapun mengkonfirmasi hal tersebut kepada suami dan anak-anak, supaya dapat bekerja sama, demi kehadiran saya mengikuti acara parenting tersebut.



Secara pribadi, saya sangat senang dengan diadakannya acara parenting di sekolah anak. Mengapa? karena sebagai orang tua, mendapatkan ilmu parenting itu harus terus-terusan. Harus terus-terusan diingatkan, meskipun untuk mendapatkan ilmu parenting itu bisa dari mana saja. Bisa melalui buku, internet, hadir di acara parenting dan lain sebagainya. Dulu, saat saya aktif menghadiri event blogger tentang produk ataupun hal yang berkaitan dengan anak, pasti ada sesi parentingnya. 


Pihak sekolah si bungsu mengharapkan dengan sangat, orang tua siswa dapat hadir mengikuti acara parenting. Tujuannya supaya pola pendidikan dan pengajaran yang diterapkan pihak sekolah dapat seiring sejalan dengan pendidikan, pengasuhan dan pengajaran yang dilakukan orang tua di rumah. Untuk saya pribadi, hal ini tentu harus disambut dengan baik. Saya sebagai orang tua, belajar kembali ilmu parenting dan mengikuti pola pengajaran yang dilakukan oleh pihak sekolah TK.

Tema acara parenting sabtu lalu adalah Pendidikan Usia Dini menjadi Pondasi Masa Depan Anak. Meskipun saya sudah banyak melahap buku parenting dan mengikuti event parenting di mana-mana. Tetap saya, tema di atas sangat menarik dan sangat saya butuhkan. Mengapa? sebagai orang tua, saya dituntut untuk terus belajar dan mencari ilmu di manapun, meskipun temanya sama. Ilmu tersebut harus terus menerus diingatkan, diperbarui dan terus dipaksa untuk dicermati untuk anak-anak.


Acara parenting di sekolah si bungsu menghadirkan pembicara Bunda Nefiriyanti, Spd. Salah satu pesan penting Bunda Nefiriyanti untuk para bunda adalah pahami tahap perkembangan anak, supaya dapat memberikan stimulasi dan mengetahui keterlambatan perkembangan anak. Keterlambatan perkembangan anak mempengaruhi bagaimana anak menghadapi permasalahannya di kemudian hari. Bunda Nefi juga mengungkapkan teori hubungan antara gen dan stimulasi itu saling terkait dan berjalan beriringan. Lebih lengkap apa yang disampaikan Bunda Nefi, akan saya tulis di blog tentang keseharian anak-anak ya. 😊



Untuk saya pribadi, manfaat mengikuti acara parenting di sekolah anak, adalah sebagai berikut:
  1. Mengikuti susunan program yang telah dibuat oleh pihak sekolah
  2. Menjadi bagian dari kesuksesan program KBM di sekolah
  3. Mendapatkan kesempatan untuk mengingat kembali dan me-recharge ilmu parenting
  4. Membenahi diri supaya lebih baik lagi mengasuh dan menghadapi anak-anak
  5. Mendapatkan support terbaik dari isi acara parenting
  6. Meluruskan kembali pola pengasuhan yang sedang berjalan, yang terkadang masih belum sesuai
Nah itulah sekelumit cerita dari kegiatan saya mengikuti acara parenting di sekolah si bungsu. Rasanya kangen menghadiri event blogger kembali, menulis kembali, aktif kembali menulis blog pribadi ini dan blog tentang keseharian anak-anak. Tapi apalah daya, kegiatan normal setiap hari bersama anak-anak begitu menawanku saat ini. Jadi, mengisi blognya agak up and down dan kaku sekali. Semoga tulisan perdana setelah sekian purnama dapat memberikan manfaat untuk pembaca.


💓

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih