29 Apr 2020

Bolu Panggang Tanpa Oven Hasil Berselancar di Youtube Saat di Rumah


Hampir dua bulan saya, suami dan anak-anak melakukan aktifitas hanya di rumah saja. Kecuali ada kebutuhan yang diperlukan, itu pun bisa dua minggu sekali bahkan sebulan kemarin kami tetap berada di rumah. Tujuan kami berada di rumah saja adalah supaya lebih murah untuk biaya hidupnya. Biaya hidup tanpa penghasilan karena usaha suami berhenti dan memutuskan tinggal di rumah, harus disiati dengan tepat. Salah satu aktifitas yang kami lakukan tidak lepas dari gawai. Berbagai website dan aplikasi kami gunakan selama di rumah saja. Saya pribadi menggunakan kesempatan ini untuk mencari resep membuat camilan dengan membuka website atau aplikasi. 

Memanggang tanpa oven


Saat berada di aplikasi You Tube, saya benar-benar mencari informasi yang berhubungan dengan cara membuat kue kering dan bolu panggang. Bahan-bahan kue sengaja saya beli tujuannya memang untuk membuat camilan untuk anak-anak untuk lebaran. Tetapi ternyata, setelah anak-anak melihat belanjaan bahan-bahan kue, mereka ingin dibuatkan camilan sekarang juga. Apalagi stock makanan ringan juga menipis. Solusinya ya mencari resep-resep kue kering dan roti bolu yang dapat dibuat tanpa oven. Yup, saya percaya diri dong, membeli bahan-bahan kue meskipun tidak memiliki oven. Lah terus pakai apa dong untuk memanggang kue kering dan bolu panggangnya?
.

Pada aplikasi You Tube saya mencari resep bolu panggang tanpa oven. Masya Allah senangnya bukan main saat mendapati ada akun You Tube bernama Dapur Nana's yang membuat bolu jadul menggunakan panci sop dan memanggangnya langsung di atas kompor dengan tambahan saringan dan dudukan kompor. Waaaah, bahagianya seperti menemukan berlian di gurun pasir, eh menemukan sumber mata air di gurun pasir itu lebih tepatnya ya. Pelan-pelan saya mengikuti dan memperhatikan resep, cara membuat dan alat memanggang bolu panggang tanpa oven tersebut. Langsung dech saya memutuskan untuk melakukan percobaan pertama. Memanggang bolu panggang tanpa oven.

Percobaan membuat bolu panggang tanpa oven bagian pertama. Saat itu saya dan keluarga sedang berpuasa sunah, iseng saya mengikuti cara membuat bolu cokelat dari You Tube Dapur Nana's. Oh iya satu lagi, di rumah, saya tidak memiliki timbangan. Jadi saat menakar bahan-bahan kue seperti tepung terigu, gula pasir, cokelat bubuk itu tanpa timbangan. Alat yang dicontohkan oleh Dapur Nana's pun tidak saya ikuti dengan benar saat memanggang. Pertama dudukan kompor yang satunya saya gunakan untuk memasak menyiapkan berbuka puasa. Saringan yang saya miliki juga tidak persis dengan yang digunakan oleh Dapur Nana's. Jadi inisiatif tanpa pertimbangan, saya menggunakan happy call yang dibuka dan di bawah happy call saya lettakan saringan yang tinggi. Logikanya, saringna dandang yang tinggi sangat jauh dari kompor, kedua lapisan happy call sudah tebal. Jadi, waktu yang Dapur Nana's perlukan untuk mematangkan bolu cukup 1 jam lebih, untuk percobaan pertama yang asal tanpa pertimbangan membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk mematangkan bolu. Hasilnya, lihat deh, yummy sekali kan?

Potongan bolu cokelat panggang tanpa oven

Panggangan bolu tanpa oven


Percobaan membuat bolu panggang tanpa oven bagian kedua. Percobaan kedua adalah membuat bolu marmer, bolu panggang kesukaanku sejak kecil. Pada percobaan kedua ini, saringan tidak saya gunakan. Jadi hanya menggunakan happy call saja. Loyang saya letakan di atas happy call yang terbuka dan ditutup menggunakan tutup panci yang terbuat dari kaca. Tujuannya sih untuk melihat seberapa mengembang dan proses memanggang tanpa ovennya. Luar biasa, pada percobaan kedua, meskipun menggunakan resep dengan tepung terigu hanya 100 mg saja, bolunya mengembang dan hanya membutuhkan waktu 1 jam lebih sedikit, karena saya ingin mengeringkannya lagi. Alhamdulillah percobaan kedua tidak kalah dari percobaan pertama. Hasil bolu panggang tanpa ovenya luar biasa lembut dan empuk sekali.

Bolu marker panggang tanpa oven

Bolunya lembut dan tidak seret


Selama di rumah saja, dari You Tube Dapur Nana's saya sudah membuat beberapa camilan, contohnya roti sobek, bolu panggang keju, bolu susu dan brownis kukus. Alhamdulillah senangnya bukan main. Di balik keterbatasan saya bertekad keras untuk membuat camilan bolu panggang meski tidak memiliki timbangan dan oven. Semua dikarenakan niat dan keinginan untuk menyajikan yang terbaik bagi keluarga. Dan, ada Dapur Nana's yang dengan baik hati membagikan resep dan cara membuat bolu panggang tanpa oven. Teman-teman yang juga tidak memiliki oven dan ingin membuat bolu panggang, roti sobek atau yang lainnya bisa loh, mencari akun You Tube Dapur Nana's untuk mencari inspirasi. Itulah aplikasi yang bermanfaat selama saya di rumah saja.

2 comments:

  1. enak bolunya tuh...samaan jadi rajin ini selama dirumah aja

    ReplyDelete
  2. adduhhh godaan banget nih lagi puasa. bolunya gak pake oven juga bagus ya kayak dioven. pengen coba bikin.

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih