7 May 2020

5 Ide Kegiatan Mengisi Waktu Berpuasa


Ada banyak ide kegiatan mengisi waktu berpuasa yang dapat kita lakukan. Apa lagi selama masa pandemi covid 19 sekarang ini. Teman-teman dapat melakukan mencari ide kegiatan mengisi waktu berpuasa dan tetap di rumah saja. 

Belajar Membuat donat


Berpuasa di bulan Ramadan yang hanya 30 hari ini, memang lebih baik dimanfaatkan untuk melakukan hal yang baik. Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa sebaiknya memang dicari sebelum bulan Ramadan tiba. Namun, jika teman-teman belum memiliki ide kegiatan mengisi waktu berpuasa. Nih saya memiliki 5 ide kegiatan mengisi waktu berpuasa.


1| Murojaah Bersama dengan anggota keluarga


Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bisa dilakukan di dalam rumah maupun saat sedang berada di halaman rumah. Murojaah adalah kegiatan mengulang kembali hafalan Al Qur'an.

Saya dan keluarga sudah melakukan ide kegiatan mengisi waktu berpuasa ini beberapa kali. Kami akui memang kurang disiplin murojaah sehingga tidak dapat dilakukan setiap waktu secara bersama-sama. Tetapi saya, suami dan anak-anak bisa melakukan sendiri juga.

Manfaat melakukan murojaah bersama dengan anggota keluarga yaitu untuk beribadah bersama. Kedua supaya semua anggota keluarga bisa bersemangat menghafal Al Qur'an. ketiga murojaah merupakan salah satu ibadah yang sangat bermanfaat apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang.

Teman-teman bisa mengajak suami, istri, anak-anak atau saudara yang lain untuk bermurojaah menjelang waktu berbuka puasa. 

2| Belajar Memasak Gratis dari YouTube


Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa bisa dengan belajar memasak gratis dari You Tube. Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya memiliki kesempatan untuk membuka laptop dan memiliki jaringan internet untuk membuka You Tube. 

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari bagaimana membuat bolu panggang tanpa oven. Anak-anak begitu suka camilan dan suka roti tawar. Selama masa PSBB cluster tempat kami tinggal ditutup portal. Kami sudah memutuskan untuk tetap berada di rumah.


Salah satu cara untuk mengganti asupan camilan anak-anak, saya harus belajar membuat camilan yang menyerupai roti tawar ataupun roti sobek. Alhamdulillah, pelan-pelan akhirnya saya menemukan salah satu akun yang memberikan tutorial membuat bolu panggang tanpa oven.

Alhamdulillah dengan ide kegiatan mengisi waktu berpuasa belajar memasak gratis dari You Tube, saya bisa menghadirkan camilan kesukaan anak-anak. Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa yang sederhana tapi menghasilkan kan? Nah tinggal yang memiliki jiwa bisnis bisa nich hasilnya dijual melalui media sosial.

3| Bercocok Tanam di Halaman Rumah


Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa bagi teman-teman yang memiliki halaman yang memadai, ini adalah pilihannya. Bercocok tanam di halaman rumah ataupun membuat taman mungil yang cantik. Kegiatan mengisi waktu berpuasa ini dapat dilakukan pagi hari sembari berjemur ataupun dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa.

Bercocok tanam adalah salah satu ide kegiatan mengisi waktu berpuasa yang juga menghasilkan loh. Jika teman-teman menanam pohon cabe, tomat ataupun tanaman hijau lainnya bisa loh memetik hasilnya setelah tanaman berbuah.



Jika teman-teman tidak memiliki halaman yang luas untuk bercocok tanam, tetapi  ingin melakukan ide kegiatan mengisi waktu berpuasa untuk bercocok tanam, tenang saja. Ada banyak cara dan metode untuk melakukan ide ini loh. Dari akun YouTube ataupun media sosial, ada banyak cara melakukan bercocok tanam model hidroponik.

4| Bermain Bersama Anak-Anak


Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa yang ke-empat adalah bermain bersama anak-anak. Teman-teman yang sebelum masa PSBB harus meninggalkan rumah dan bekerja dari pagi hingga sore dan jarang bermain dengan anak-anak sepanjang waktu Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa bisa loh dengan bermain bersama anak-anak.



Anak-anak adalah ladang ide untuk bermain bersama-sama. Beberapa minggu yang lalu, anak-anak minta dibuatkan kemah dari sprei dan di atas tempat tidur. Saya merasa kurang efektif bermain di atas tempat tidur dan berada di kamar, akhirnya saya memberikan ide bagaimana jika menggunakan tenda.

Alhamdulillah suami saya menemukan minidome dengan kualitas bagus tetapi dengan harga yang lumayan muran. Ruang depan dijadikan tempat untuk mendirikan tenda berukuran 2 m x 1,4 m. Jadi ya, sofa dan meja-meja disingkirkan demi tercipta tenda di dalam rumah. 

5| Mengikuti Kajian Online


Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa yang terakhir adalah mengikuti kajian online. Rasanya sedih bulan Ramadan ini tidak dapat melihat keramaian mushola sebelah rumah dan melintasi masjid serta mampir ke masjid untuk sholat saat sedang dalam perjalanan.

Mengikuti kajian online dari akun You Tube merupakan salah satu ide kegiatan mengisi waktu berpuasa. Saya memilih mengikuti kajian online dari akun You Tube UAH. Selama bulan suci Ramadan tahun ini, UAH memiliki program AKU SUKA. 


Alhamdulillah meskipun berada dalam keterbatasan karena covid 19, saya masih bisa mengikuti kajian dan pengajian untuk mengisi kalbu serta bekal akhirat. Waktu untuk mengikuti kajian online dari akun You Tube UAH bisa saya lakukan kapanpun. Waktunya bisa saat memasak untuk sajian berbuka puasa maupun saat memasak untuk menu sahur.

5 Ide kegiatan mengisi waktu berpuasa di atas, masing-masing sudah kami kerjakan loh. Bulan Ramadan hanya satu kali satu tahun, sebaiknya jangan disia-siakan ya, teman-teman. Ada banyak hal positif yang dapat kita kerjakan hanya dari rumah saja. Selamat Berpuasa. 

No comments:

Post a comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih