8 May 2020

Camilan Praktis untuk Berbuka Puasa Masak di Rumah Saja


Camilan praktis untuk berbuka puasa itu ada banyak sekali macamnya. Mulai dari gorengan, mie goreng dengan sambal kacang, minuman cokelat dan kopi kekinian, bubur sumsum dan masih banyak aneka makanan lainnya yang bisa dibuat camilan.



Bulan Ramadan tahun ini tentunya sangat berbeda dengan bulan Ramadan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita, umat muslim di seluruh dunia, merasakan perbedaan yang begitu terasa. Pandemi covid 19 membuat kita harus menjaga jarak dan jika lebih baik tetap di rumah saja.

Bagaimana mencari camilan praktis untuk berbuka puasa a la saya? Ya, kenapa saya hanya menggunakan saya? karena saya sampai hari ini masih memilih untuk membuat camilan praktis untuk berbuka puasa dengan memasak dari Dapur Astata.

Beberapa kali mendengar dan melihat sendiri, bagaimana teman-teman dan tetangga-tetangga rata-rata membeli camilan untuk berbuka puasa. Saya memilih untuk tetap berada di rumah. Tetap di rumah bukan berarti saya tidak dapat menyajikan camilan praktis untuk keluarga loh.

Di sini saya ingin menjelaskan terlebih dahulu kebiasaan yang dilakukan di rumah. Berbukalah dengan apa yang ada di rumah, tidak perlu mencari yang tidak ada di rumah. Apapun yang ada di rumah, bisa untuk menjadi pembuka puasa.

Sudah hampir tiga tahun ini, setiap Ramadan saya sengaja mengurangi membeli makanan dari luar rumah. Alasan pertama, kami membiasakan diri untuk berbuka puasa dengan makanan yang sederhana. Alasan kedua, dengan membuat camilan praktis untuk berbuka puasa sendiri lebih hemat dan nikmat.

Covid 19 masih mengintai dan Bulan Ramadan tetap hadir. Tidak ada alasan untuk keluar rumah membeli camilan praktis, berikut ini adalah camilan praktis yang dapat dibuat sendiri dari rumah.

1| Bolu Panggang Tanpa Oven


Memiliki keterbatasan tanpa ada peralatan baking yang lengkap, tidak membuat saya kehilangan akal untuk mencari solusinya. Memanggang tanpa oven dan membuat aneka bolu serta roti sobek sudah dihasilkan dari Dapur Astata.

Bolu panggang ini saya buat sendiri dari Dapur Astata dengan bahan-bahan yang sudah dibeli sejak awal PSBB. Alasannya supaya anak-anak tetap dapat menikmati aneka camilan di rumah tanpa membeli dari luar rumah.

Bolu panggang enak dan cocok sebagai camilan praktis untuk berbuka puasa. Saya membuat aneka bolu dari resep dan mengurangi takaran gulanya. Jadi tidak begitu manis. Jadi, bolu panggang ini cocok sekali dinikmati dengan teh manis hangat sebagai camilan berbuka puasa.

2| Pudding Instant


Pudding instant menjadi camilan praktis untuk berbuka puasa. Ya gimana ya? masa pandemi covid 19 buatku sudah merupakan masa yang sangat sulit. Usaha suami tutup tup dan diakali dengan antrian menjual aset. 

Saya harus benar-benar menggunakan kesempatan yang ada untuk mengolah dana yang ada tetapi masih dapat memberikan camilan praktis untuk berbuka puasa. Salah satunya ya memasak pudding instant, karena kadang sudah lelah memasak menu utama untuk berbuka puasa.

Pudding Instant banyak sekali varian dan ada banyak mereknya. Teman-teman bisa memilih sesuai selera.

3| Bubur Sumsum Dapur Astata


Camilan praktis untuk berbuka puasa yang dimasak dari Dapur Astata selanjutnya adalah Bubur Sumsum. Banyak yang berkata repot membuat bubur sumsum. Tapi bagi Dapur Astata bubur sumsum adalah menu yang wajib ada di rumah.

Bahan yang dibutuhkan mudah sekali didapat dan bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Kecuali pandan ya, tetapi kadang saya tidak menggunakan daun pandan, karena jika tidak ada pandan, masa urung sih membuat bubur sumsum.

Cara memasaknya sangat mudah, jadi bubur sumsum adalah camilan praktis untuk berbuka puasa. Alhamdulillah anak-anak suka sekali dengan bubur sumsum buatan Dapur Astata.

4| Bakwan Sayur


Bakwan sayur merupakan camilan praktis untuk berbuka puasa dan bisa dimasak di rumah. Bahan dan cara membuatnya sangat mudah kok. Memang ada rasanya malas menggoreng camilan. Bagi saya, mengurangi minyak dimulai dengan tidak membeli gorengan dari luar, kecuali gorengan tersebut sudah dipastikan minyaknya sekali goreng.

Yup, Dapur Astata memiliki pengawas yang menyarankan boleh membuat gorengan tetapi masak dengan minyak sekali pakai. Tapi biasanya saya sih suka abai dan beberapa kali baru diganti, hehehee. Paling lama dua atau tiga kali goreng baru diganti. Kecuali ya, setelah menggoreng ikan ya tidak mungkin saya gunakan untuk menggoreng bakwan atau pisang goreng.

24 comments:

  1. asik nih mba camilan buat menu berbuka puasa, praktis dan disenangi sama anggota rumah juga

    ReplyDelete
  2. Andalan aku tuh bakwan goreng, mba. Tiap buka puasa harus banget ada bakwan goreng krn anakku suk. Dan alasan lainnya krn aku gak bisa bikin yang lain. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Nomer 4 jangan sampe lepas, Mbaaaa.
    Fav ku untuk berbuka puasa dari jaman kecil sampe sekarang udah mau kepala 3.
    Bakwan sama kelapa disatukan, duuuhh.

    ReplyDelete
  4. Bubur sumsum kesukaanku, ini kalau pas ramadhan gini gak boleh banget absen jajan bubur sumsum. Pengen juga deh sesekali bikin sendiri di rumah.

    ReplyDelete
  5. Banyak menu buka puasa yang praktis ya. aku pun lebih sering bikin sendiri daripada beli..

    ReplyDelete
  6. Kalau di rumah saya yang penting ada tahu dan tempe, buat bola-bola tahu atau tempe goreng crispy aja anak-anak udah seneng

    ReplyDelete
  7. Bubur sumsum favorite banget nih, enak. Cemilan sehat dan praktis buat buka puasa.

    ReplyDelete
  8. Saya suka tuh keempatnya. Memang praktis juga bikinnya. Apalagi yang gorengan

    ReplyDelete
  9. kalo aku di rumah pasti nyediain bakwan utk buka sore2 soalnya Itu camilan praktis tapi enak.

    ReplyDelete
  10. Idem nih dengaku, pas puasa tahun ini aku jd sering ngubek di dapur, bikin cemilan apaan aja deh, yg praktis, buat saya atau keluarga. Krn kalo beli ternyata lebih mahal ya. Kalo bikin sendiri lebih sehat dan juga bs divariasikan.

    ReplyDelete
  11. Wah saya da dr kmrn mau buat bubur sumsum ga kesampaian terus nih, Mba. Jadi pengen buat lagi deh ngeliat list di blog ini.

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk penggemar santan Kara buat bikin aneka camilan di rumah nih, soalnya praktpraktis dan dijamin hasilnya oke

    ReplyDelete
  13. Untuk berbuka, favorit saya bubur sumsum. Enaak dan lembut, di perut pun jadi nyaman...

    ReplyDelete
  14. bubur sumsum sudah bolak-balik bikin , suami suka banget. Kalau anak-anak seneng bolu. Yang jadul aja ga pakai apa-apa juga laris manis. memang camilan praktis buat di rumah aja bisa dibikin dari kreasi kita

    ReplyDelete
  15. Puding instant juga pilihan favorit anak-anak, eh saya ding. Secara bikinnya gampil, cepat dan dijamin anak-anak sukak semua, klop deh. Pengen coba bikin jenang mutiara, dua percobaan hasilnya masih ambyar, kayaknya pelu nyoba lagi yang ketiga.

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget sama bubur sumsum ini udah lama banget gak makan ini kangen deh mau beli apa bikin ya enaknya

    ReplyDelete
  17. Bulan puasa kali ini saya juga lebih sering buat takjil sendiri dibandingkan beli di luar. Dan takjil paling mudah dibuat yaitu salad buah. Cepat habis, pula, karena semua suka

    ReplyDelete
  18. Aku kok dari dulu gak suka bubur sumsum, entah lah terlalu lembut menurutku.
    Ibu mertua pernah loh sampai nyuapin aku gara-gara abisa punya acara dan bikin bubur sumsum tapi aku gak mau nyicipinya sama sekali. Kata ibu, buat syarat satu sendok saja, hahahaa

    ReplyDelete
  19. Aku Blum pernah berhasil nih mbaa buat bubur sumsum minta tips lengkapny di ulas nti ya

    ReplyDelete
  20. hmmm mau bikin bubur sumsum aku nih belum kesampaian, masih mager aja, nggak jauh-jauh buka ama food frozen melulu dan pempek, hahaha

    ReplyDelete
  21. Kalau mak Astin yang masak, pasti deh enak ya
    Soalnya tangannya udah lihai di dapur
    Besok coba ah Puding

    ReplyDelete
  22. Aku doyan banget sama bubur sumsum dulu ada langganan dirumah, kalo aku kerumah mama Minta buatin buat keluarga. Sekarang udha meninggal dan kmrn coba buat rasanya beda hahaa, aq baru belajar

    ReplyDelete
  23. Pengen bikin bolu aku mba, belum kesampaian eaaa, hehehe
    kasih resep lah mba aku soalnya ga punya open juga.

    ReplyDelete
  24. Jadi kangen bubur sumsum buatan ibuku. Aku gak bisa mbak bikin bubur sumsum lembut gituu. Ini penampakannya menggoda bangeet

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih