1 May 2020

Peralatan Dapur Ini Wajib Ada Saat Berkegiatan di Rumah


Covid 19 mewabah di negara tercinta Indonesia pad awal bulan Maret 2020. Beberapa usaha terkena imbasnya, termasuk usaha suami. Semoga dampak yang dirasa sekarang hanya beberapa bulan saja. Setelah ini Insya Allah akan ada hal luar biasa untuk menjalankan bisnis ini, ya dear suami. Otomatis hal termudah dan termurah yang dapat dilakukan oleh suami adalah tetap tinggal di rumah saja. Menunggu dan berdoa semoga pandemi covid 19 segera berakhir dengan cepat. Suami dan anak-anak di rumah saja, tentu mengimbas juga pada sektor dapur Astata. Dapur Astata tentu membutuhkan peralatan dapur yang wajib ada saat mereka semua berkegiatan di rumah.



Di rumah saja itu paling asyik memang rebahan di kasur, bangun memainkan gawai kemudian menyantap makanan yang sudah ready dengan mudah di rumah. Tentu, sajian makanan tersebut bukan ada karena dihadirkan oleh tongkat nirmala kan, sim sa la bim. Ada peran ibu rumah tangga yang bersedia menyajikan aneka hidangan sederhana untuk menemani di rumah saja suami dan anak-anak. Adalah sebuah komitmen dari kami semua, bahwa sebisa mungkin asupan makanan dari Dapur Astata. Alhamdulillah sampai hari ini, memasuki bulan Ramadan pun, Dapur Astata menjadi pemasok utama aneka menu hidangan di rumah saja.


Dapur Astata merupakan sebuah realita kehidupan ibu-ibu yang hanya memasak sederhana. Hasil-hasil masakannya terkadang diabadikan di akun instagram Dapur Astata. Berawal dari ketidak mampuan memasak, sampai kahirnya berani untuk mencoba memasak makanan yang agak rumit tapi masih terbilang mudah. Dari area dapur yang cukup luas, meski jika ada tiga orang terasa tak lapang, disajikan aneka makanan dan camilan selama di rumah saja. Dan dengan peralatan sederhana juga semua dapat disajikan oleh Dapur Astata. Suatu ketika semasa di rumah saja, pemilik Dapur Astata menyodorkan beberapa peralatan dapur yang wajib ada dan ingin dimiliki kepada Sang Kepala Keluarga.


Berikut ini adalah barang-barang yang wajib ada di dapur sebagai alat bantu selama berkegiatan di rumah saja.

1. Oven dan Microwave


Insya Allah doa di bulan Ramadan dimudahkan untuk diwujudkan. Yap, saya ingin menghadirkan Oven sekaligus microwave di Dapur Astata. Alasannya kedua barang tersebut belum ada di Dapur Astata. Hal pertama yang menyebabkan Dapur Astata belum memilikinya adalah, keterbatasan tempat. Rumah pemilik Dapur Astata ini terbilang cukup luas, namun banyaknya barang-barang dari Sang suami dan mainan anak-anak , menyebabkan rumah terkesan sempit.


Semoga pelan-pelan barang-barang yang tidak terpakai segera dibuang dan dihardirkan Oven dan Microwave untuk melengkapi kebutuhan di Dapur Astata. Meskipun demikian, dari keterbatasan sarana tersebut, urusan baking dan menghadirkan camilan bolu panggang, Dapur Astata sudah memiliki solusinya. Ada happy call untuk membantu pemanggangan bolu panggang kreasi Dapur Astata. Selain itu Dari Dapur Nana's juga ada solusi memanggang tanpa oven, yang bisa digunakan.

2. Wajan Aluminium Jawa


Saya masih ingat dengan jelas, ibuku menggunakan wajan, panci dan kukusan dengan merek Jawa. di Dapur Astata pun ada wajan Jawa yang dibeli sebelum saya menjadi manten. Wajannya kecil karena berpikir masih belum menikah dan belum membutuhkan wajan yang besar. Satu-satunya wajan yang terus saya pakai di Dapur Astata adalah wajan Jawa kecil.

Mengapa saya membutuhkan wajan jawa itu, karena sangat nyaman dan aman untuk kegiatan tumis dan goreng menggoreng. Meski demikian di Dapur Astata kemarin sudah mendarat wajan teflon yang dibeli melalui online hasil pemberian suami. Terima kasih suamiku, kau mengerti apa yang memang kubutuhkan. Tapi please wajan jawa masih kurindukan juga. Hahahaa.

3. Sendok dan Garfu


Suami dan anak-anak di rumah saja sejak sebelum Ramadan, memabuat aktifitas memasak makin naik. Aktifitas Dapur Astata mulai ramai dengan ditandai banyaknya file foto-foto masakan di gawai sang pemilik. Rasanya memang menyenangkan mampu menyajikan makanan dan camilan. Tapi seringnya tuh, ada tumpukan cucian peralatan makan yang menggunung. Oke urusan cuci piring diserahkan kepada ahlinya.

Tetapi saya berpikir apakah hanya di Dapur Astata saja ya, yang sendok dan garfu sering menghilang?. Em, perasaan kemarin amsiha da 6, kenapa setelah disajikan mie goreng sudah berkurang drastis menjadi 4?. Entahlah mungkin perasaanku saja yang seperti itu. 

4. Lap Makan


Salah satu barang yang biasanya tidak dipikirkan oleh kebanyakan orang untuk melengkapi kebutuhan di dapur adalah Lap Makan. Yup, semasa pandemi covid 19 ini, lap makan terlalu sering hinggap di keranjang cucian kotor. Apa alasannya? karena seringnya aktifitas di dapur yang menyebabkan fungsi lap makan atau lap dapur menjadi primadona.

Saya memang bukan penyetok lap makan dan lap dapur. Hanya ada beberapa lap makan dan lap dapur yang juga menjadi alas foto untuk hasil masakan dari Dapur Astata. Jadi, saat ini barang yang dibutuhkan sekali adalah lap makan atau lap dapur dengan motif sederhana yang bagus untuk dijadikan alas foto juga. Tujuannya apa? supaya foto-foto yang disajikan di Instagram Dapur Astata juga makin cakep.

No comments:

Post a comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih