Saturday, 20 February 2021

HIndari Menunda Sesuatu Supaya Hidupmu Lebih Bermanfaat dengan Mendaftar di Skill Academy

Hindari Menunda Sesuatu, Supaya Hidupmu Lebih Bermanfaat. Hari itu saya merasakan rumah terasa sempit sekali! padahal pada hari biasa, rumah tidak seperti ini. Setiap saya melangkah, mata dan langkah kaki bertemu dengan tumpukan pekerjaan yang belum diselesaikan. Mulai dari ruang depan yang berantakan dengan mainan anak dan berbagai buku yang dipergunakan untuk belajar. Ruang tengah yang kerangjangnya penuh dengan pakaian belum disetrika. Kamar yang terlalu penuh dengan barang-barang. Pyuh. 

Cara Membeli Kelas di Skill Academy Astin Astanti

Saya duduk dan membuka gawai. Ada banyak chat yang belum saya buka. Satu-satu saya buka dan beberapa pekerjaan belum saya selesaikan. Dari kamar terdengar teriakan anak pertama saya, menanyakan tugas belajar daringnya. Dari dapur terdengar suami menanyakan, mau makan apa hari ini? Dari luar terlihat tanaman belum disiram. Masya Allah. Saya merasakan hidup terasa mencekam! Saya seperti dikejar-kejar sesuatu dan tenggelam larut dalam kubangan pekerjaan. Yup, realitanya saya dikejar-kejar perasaan bersalah karena pekerjaan belum kelar.

Mengapa Pilih Menunda Jika Mengerjakan Bisa Dipilih?

Apa yang membuat perasaan tersebut ada di dalam diri saya? Apa yang membuat pekerjaan saya tidak selesai? sehingga tertumpuk dan menjadi rumah terasa sempit. Salah satu jawabannya adalah menunda! Ini kenapa menunda sesuatu kok menjadi salah satu hal yang dilakukan ya? Padahal jika saya mengerjakan pekerjaan tersebut satu persatu dan dikerjakan sebelum deadline-nya, pasti juga tidak akan menumpuk. Ayolah ubah mind set, untuk istiqomah mengerjakan sesuatu tanpa menunda.

Biasanya pekerjaan menunda itu karena faktor menyepelekan sesuatu. Meskipun saya sudah sering berkata kepada diri sendiri, ayolah kerjakan, jika sudah selesai pasti diri akan nyaman. Tapi karena berabgai hal contohnya, anak minta ditemani, anak minta dibuatin sesuatu, suami minta dilayani karena hendak berangkat bekerja, ada chat whatsaap atau apapun yang menyita perhatian. Sehingga waktu untuk mengerjakan sesuatu malah tertahan dengan alasan di atas tadi. 

Seharusnya saya memiliki manajemen diri yang baik. Setelah menemani anak-anak, seharusnya saya langsung berbalik mengerjakan perkerjaan yang tertunda tadi. Tapi kenyataannya sering sekali, malah mencari hal-hal lain yang membuat saya melalaikan pekerjaan tersebut. Itulah alasannya mengapa saya selalu menyimak berbagai seminar parenting, tauziah ustad di You Tube maupun membaca media sosial yang memberikan kata-kata motivasi supaya saya mengubah mindset dan selalu bersemangat melalukan pekerjaan-pekerjaan.

Manfaat Membuang Prinsip Menunda-Nunda,

Pagi tadi, saya membuka media sosial-Instagram. Saya menemukan salah satu postingan dari Skill Academy yaitu : Berani Maju. " Ini yang akan terjadi jika kamu masih betah menunda-nunda. Deg, jantungku berdetak lebih kencang. Amarahku bergemuruh dan semangatku langsung mengalir deras menyisir satu persatu pekerjaan yang belum saya selesaikan. Selesaikan kemudian Santai. Mungkin hal tersebut dapat saya jadikan prinsip wajib ya. Karena jika sudah selesai sebelum deadline-nya kan kita juga yang diuntungkan. 

1 | Pekerjaanmu Akan Selesai Tepat Waktu

Mulai sekarang ubah mindset segera kerjakan dan selesaikan pekerjaanmu. Apapun itu, dan buang sikap menyepelekan sesuatu. Ah pekerjaan ringan kok, nanti sajalah. Buang segera.

Hal yang harus dilakukan saat ada pekerjaan, adalah segera kerjakan. Selesai pekerjaan tersebut kita bisa bersantai dan mengerjakan hal yang menyenangkan.

2 | Meraih Keberhasilan

Siapa yang tidak ingin berhasil? semua orang menginginkan berhasil dalam berbagai bidang, termasuk saya. Jadi sayapun wajib mengubah mindset untuk segera menyelesaikan pekerjaan dan mereview pekerjaan tersebut. Jika ada yang kurang bisa ditambahkan, jika ada yang salah bisa diperbaiki segera, tanpa menunggu. Yeeey, seneng kan jika pekerjaan sekecil apapun bisa berhasil kita taklukkan. 

3 | Menambah Skill

Jika tidak ada tumpukan pekerjaan, saya dapat mulai membuka ranah baru untuk belajar yang lain. Saya mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk belajar. Contohnya saat saya menyelesaikan pekerjaan rumah, misalnya langsung menjemur pakaian setelah mesin cuci berhenti. Setelah selesai menjemur, saya bisa memegang gawai untuk mendapatkan infromasi lainnya dan mencoba skill yang baru.

4 | Berani Bermimpi dan Tumbuh Pecrcaya Diri

Jika tidak ada pekerjaan yang ditunda, saya mulai berani bermimpi. Kenapa? karena pekerjaan yang besar sudah saya kerjakan. Saatnya untuk menata kembali impian yang lebih besar dan percaya diri bahwa mimpi tersebut dapat diwujudkan karena tidak ada lagi pekerjaan yang terbengkalai.

5 | Beban Pekerjaan Lebih Ringan

Tidak ada lagi beban pekerjaan. Minim emosi dan minim drama. Hidup rasanya lebih indah tanpa ada tekanan pikiran karena pekerjaan belum selesai. Rumah juga terasa lebih lapang karena tidak ada tumpukan pekerjaan yang tertunda.

6 | Keadaan Akan Berubah Lebih Baik

Berani bermimpi karena tidak ada lagi beban pekerjaan, sehingga hidup pasti akan berubah. Akan ada kejutan-kejutan indah jika pekerjaan diselesaikan tepat waktu. Percayalah bahwa menunda pekerjaan sama saja mengubur diri sendiri. Masya Allah, kata-kata ini keluar karena saya terlalu semangat ingin mengubah mindset pribadi nih. 

Mengenal Skill Academy Mengubah Mindset

Feed Instagram Skill Academy yang saya baca tadi pagi, saya ubah. Saya mengubah menjadi Buang Menunda-Nunda karena langsung harus diperbaiki. Saya juga mengubah hal yang terjadi jika menunda dengan manfaat membuang menunda-nunda seperti di atas. Ternyata satu feed dari Skill Academy mampu menguabah mindset saya dan kembali menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. 

Mulai sekarang yuk ubah mindset untuk langsung mengerjakan apa yang harus dikerjakan. Mengubah mindset menjadi pekerja yang bertanggung jawab. Insya Allah hasilnya akan terasa.

Skill Academy

Sejak awal Maret 2020 kehidupan berubah. Kegiatan yang rutin dilakukan di luar rumah, diwajibkan untuk dikurangi. Saya merasakan sekali perubahan tersebut sejak bulan Maret 2020 itu. Suami mengehentikan proyeknya selama tiga bulan lamanya. Anak-anak kembali ke rumah dan melakukan kegiatan belajar di rumah. Saya juga melakukan aktifitas dari rumah, contohnya berbelanja dan menghadiri majelis taklim secara online juga.

Saya berpikir tentang masa yang seperti ini. Haruskah saya terkungkung hanya di rumah saja, tanpa melakukan apapun. Saat itu saya sedang mencari pengembangan diri. Saya ingin menjadi ibu yang berkualitas dalam hal apapun. Saya juga ingin meningkatkan kualitas diri lebih baik lagi secara personal dan profesional. Sebagai ibu , sebagai istri, sebagai blogger, sebagai teman, sebagai sahabat dan sebagai partner kerja.

Namun ternyata, pekerjaan saya sebagai seorang ibu yang "jungkir balik" mengurus rumah dan menemani anak-anak PJJ membuatku terpaku. Rasanya sulit jika saya harus keluar rumah mencari pelatihan atau kursus untuk meningkatkan kualitas diri. terlebih saat ini pemerintah meminta untuk senantiasa berjaga jarak dan jika kurang penting, sebaiknya berada di rumah dulu.

Inovasi Dari Ruang Guru

Kabar baiknya, saat ini hadir Skill Academy yang merupakan inovasi dari Ruang Guru. Sebuah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran. 

Kursus Online Skill Academy memungkinkan siapapun untuk #BeraniMaju karena pengembangan skill dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dan untuk siapa saja. 

Pada tahun 2020 Skill Academy telah digunakan oleh 4 juta pengguna dalam satu tahun. Skill Academy mendapatkan rating 5 sempurna dari ulasan kurang lebih 350.000  pengguna. 

Skill Academy meraih penghargaan Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Play Store. Hal inilah yang membuat Skill Academy dipilih dan digunakan oleh banyak pengguna dan diberikan predikat sebagai pelatihan online terbaik.

Kategori di Skill Academy

Setelah mengenal Skill Academy, berikut ini saya tuliskan pilihan kategori yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan passion


Cara Membeli Kelas di Skill Academy Astin Astanti

  1. Kelas Mentoring. 
  2. Kelas Bisnis dan Keuangan
  3. Pemasaran
  4. Pengembangan Diri
  5. Teknologi dan Software
  6. Persiapan Tes
  7. Prakerja

Kelas Prakerja


Berikut ini beberapa contoh pelatihan online yang dapat dipilih di Kelas Prakerja :
  1. Langkah Menjadi Youtuber
  2. laris Manis berjualan di E Commerce
  3. Cara Mendapatkan Penghasilan Melalui Blog
  4. Sukses Mengelola Keuangan UMKM
  5. Sukses Beriklan di Google Ads
  6. Sukses Interview / Wawancara kerja
  7. Teknik Negoisasi
  8. dan masih banyak lain yang bisa dipilih


Cara Mendaftar Skill Academy di Laptop

Sebagai seorang ibu yang tinggal di rumah dan tetap ingin produktif. Saya juga ingin memperluas wawasan dan memperbanyak kesempatan untuk menambah ketrampilan dari Skill Academy.

Berikutn ini proses saya mendaftar melalui laptop, karena smartphone sedang digunakan oleh anak untuk PJJ. Teman-teman juga bisa install aplikasi Skill Academy di smartphone ya. Caranya hampir sama ya. 


Cara Membeli Kelas di Skill Academy Astin Astanti

Cara mendaftar Skill Academy :

  1. Buka website www.skillacademy.com kemudian pilih daftar
  2. Isi data-data pribadi
  3. Memilih kategori yang ingin diikuti. Saya memilih kelas prakerja populer
  4. Kemudian saya membeli pelatihan online yang saya pilih yaitu Cara mendapatkan penghasilan melalui Blog

Cara Membeli Pelatihan Online di Skill Academy


Cara Membeli Kelas di Skill Academy Astin Astanti
  1. Klik Beli Sekarang pada kelas yang telah dipilih
  2. Ada pilihan menggunakan diskon, nanti saya akan pergunakan diskon yang ada, atau
  3. Memilih pembayaran menggunakan GOPAY dan OVO, Transfer Virtual Account dari pilihan Bank yang ada, Transfer Bank, Kartu Kredit, Minimarket seperti Alfamart atau Indomart
  4. Checkout

Cara Pembayaran Pelatihan Online :


Cara Membeli Kelas di Skill Academy Astin Astanti
  1. Melihat nomer rekening tujuan yang akan digunakan untuk transfer
  2. Ada cara pembayaran, discreen shoot saja ya, jika ingin lebih teliti supaya tidak ada yang salah
  3. Terakhir adalah menyelesaikan pembayaran. Dan saya bisa menikmati pelatihan online yang saya pilih di atas tadi.
Ternyata untuk menambah wawasan dan meningkatkan kesempatan supaya kualitas diri makin bagus, caranya mudah. Saya harus menghindari menunda sesuatu supaya hidup ini lebih bermanfaat. Caranya dengan bergabung di pelatihan online terbaik yang memberikan banyak sekali kelas yang dapat dipilih sesuai dengan passion dan kebutuhan.


Kesimpulan


Saya seorang ibu rumah tangga. Aktifitas saya adalah mengurus rumah, mendampingi suami dan anak selama WFH dan BDR. Menulis di media sosial sebagai cara untuk lebih produktif. Terkadang saya sering menunda pekerjaan sehingga pekerjaan penting menjadi terbengkalai.

Saya membutuhkan manajemen diri akan pekerjaan-pekerjaan di atas. Saya juga membutuhkan semangat dan kalimat-kalimat motivasi, untuk terus bersemangat mengerjakan perkerjaan tersebut supaya tidak menunda terlalu lama.

Ada banyak manfaat menyegerakan menyelesaikan pekerjaan daripada harus menunda sesuatu. Menemukan quote di Instagram Skill Academy mengenai Menunda Sesuatu.

Berani untuk mendaftarkan diri di pelatihan online terbaik di Skill Academy yang menyediakan berbagai macam kategori. Saya memilih kategori Prakerja dan kelasnya memilih yang sejalan dengan apa yang saat ini saya kerjakan, yaitu berhubungan dengan Blog.

Cara mendaftar Skill Academy sangat mudah, bisa lewat smartphone maupun laptop. Cara membeli kelasnya juga mudah sekali, tinggal klak dan klik semua dapat diselesaikan dengan metode pembayaran yang bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

43 comments:

  1. Inovasi dari Ruang Guru udah pasti bagus. Anakku juga langganan Ruang Guru, kini kakaknya lagi ngelirik Skill Academy untuk nambah ilmu baru karena ketika ikut webinarnya juga bisa dicocokan dengan waktu yang kita pilih

    ReplyDelete
  2. being a procrastinator is indeed bringing a lot of risks. now we have a lot of choices online for good classes

    ReplyDelete
  3. Wah ini dari ruangguru juga ternyata. Jaminan keren deh.. Terima kasih infonya, mba..

    ReplyDelete
  4. Setuju mba, menunda-nunda pekerjaan itu malah membuat kita gak tenang makanya saya selalu selesaikan satu persatu sampe selesai dulu baru kerjakan yg lain, Skill Academy ini daftarnya mudah ya bisa lewat facebook lagi sudah gitu kelas onlinenya beragam, mantap deh

    ReplyDelete
  5. Mumpung pandemi, saat yg tepat buat menambah skills dan wawasan ya Mba
    Ikutan course di skill academy adalah jalan terbaik!

    ReplyDelete
  6. Langsung semacam kejewer diri saya, kadang saya suka menunda untuk menimba ilmu, padahal kan semuanya demi modal hidup juga ya.
    Apalagi di Skill Academy, yang kelas-kelasnya tuh keren-keren dan dari pakar semua.

    Liat kelasnya aja, udah bingung mau ngikut yang mana, hihihi

    ReplyDelete
  7. Bagus banget insight nya, kak..
    Kadang kalau pekerjaan sudah ditunda, itu berpotensi tidak dikerjakan. Malah sedih dan jadi menolak rejeki yaa...

    ReplyDelete
  8. Skill Academy bagus banget mbak untuk self Improvent saya udah coba kelasnya beberapa gk nyesel dan pengen ikutan lagi kelas lain.

    ReplyDelete
  9. Wah, Kelas Online Skill Academy punya banyak pilihan. bisa terus upgrade ilmu meski dirumah aja. kesempatan yg harus dimanfaatkan nih. makasi infonya mba...

    ReplyDelete
  10. mau banget deh cari tau tentang skill academy nih, kali bisa ikutan kelas masak. Ada ga ya? atau cuma skil-skil tentang pengembangan IT?

    ReplyDelete
  11. Di masa pandemi ini, sangat bisa kita manfaatkan untuk meraup skill baru, ya
    Mengikuti aneka course secara online adalah jalan terbaik.
    Makasi rekomendasinya ya

    ReplyDelete
  12. Aku jadi pengen mencoba kursus nomor 5 yang google ads mba. Dengan adanya kelas online, bisa nambah skill dengan cara memudahkan dan di rumah saja ya mba

    ReplyDelete
  13. Aku sempat buka website Skill Academy beberapa waktu lalu. Kaget juga ternyata banyak seklia pilihan kursus online yang ditawarkan sesuai minat dan bakat kita. Buat anak2 juga ada ya malah ada yang diskon hehehe :D

    ReplyDelete
  14. Bener-bener memudahkan upaya up-grading diri meski terbataasi pandemi ya mbak.
    Aplikasi yang manfaat sekaleee.
    Pilihan materinya juga beragam, jadi menjangkau banyak segmen pengguna.

    ReplyDelete
  15. Ku kira Ruang Guru ini cuma platform pembelajaran buat anak ekolah. Ternyata ada kursus buat nambah skill gitu, ya? Duh aku pengen belajar soal Google Ads nih biar bisa jadi cuan hihihi

    ReplyDelete
  16. Skill Academy tuh nggak membatasi bagi masyarakat sebenarnya, buat kita yang emak-emak pun bahkan bisa ikutan. Tinggal kita pilih aja yang mana skill yang mau kita pelajari & kuasai, ya kan. Apalagi bersertifikat pula nih Skill Academy.

    ReplyDelete
  17. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbk, salah satunya bisa kursus atau pelatihan online. Banyak juga ya kelasnya di Skill Academy. Pingin ikutan kelasnya bulan depan euy

    ReplyDelete
  18. Aku juga sering banget menunda mengerjakan sesuatu sampai detik terakhir
    Terus merasa sangat bersalah karena akhirnya dikerjakan dengan terburu2
    Tapi emang sulit banget menghilangkan kebiasaan buruk huhu

    Wah, ini menarik banget nih kelas2 dari Skill Academy jadi pengen ikutan juga nih

    ReplyDelete
  19. samaan mbak, saya pun punya kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Tapi kalau menunda belajar hal baru, jangan sampai lah ya

    ReplyDelete
  20. Kelas yang tersedia di skill academy banyak juga ya. Siapa pun yang mau meningkatkan skill akan terbantu banget nih karena memungkinkan ikut kelas secara online dari mana saja dan kapan saja. Harus banget ini sepertinya upgrade skill dan gak boleh nunda-nunda lagi, nanti tertinggal kan ya kalau kebanyakan menunda.

    ReplyDelete
  21. Tanpa sadar juga nih kadang aku juga suka menunda, misal pengen ikutan workshop tapi berasa nanti aja deh daftarnya. Eh taunya kelewat tapi pas tau ada Skill Academy dan lihat kelasnya banyak banget, yang bikin happy tuh harganya terjangkau sekali.

    ReplyDelete
  22. ketampar banget ini sebagai penganut SKS, sistim kebut semalam hehe.. memang harus dipaksain biar jangan menunda pekerjaan. Untungnya kalau belajar, aku masih bisa diprioritaskan biar nggak ditunda juga. Skill academy memang oke buat belajar.

    ReplyDelete
  23. ruangguru makin keren aja ya.. dengan adanya skill academy ini mudah-mudahan bisa jadi solusi untuk mendapatkan ide usaha baru yaa..

    ReplyDelete
  24. Aku sepakT banget, bahkan anak-anakku sejak kecil sudah ku tegaskan jangan suka nunda2 pekerjaan. Biar cepet selesai bisa dapat rejeki lebih juga

    ReplyDelete
  25. Menunda-nunda emang gak baik ya mbak. Selagi bisa dikerjakan sekarang kenapa tidak. Untungnya ada skill Academy meminimalisir rasa malas dan meningkatkan produktivitas.

    ReplyDelete
  26. Ternyata ada pelatihan untuk blog juga, ya. Menarik juga nih untuk diikuti. Karena dunia blog kan terus berkembang

    ReplyDelete
  27. Kemudahan mendaftar di Skill Academy dan banyaknya pilihan pembelajaran yang bisa diambil, sangat membantu sekali yaa..
    Semakin semangat menyerap ilmu dan skill baru, jangan menunda-nunda lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill Academy ini sangat menarik sekali. Banyak ilmu yang bermanfaat dan pas banget untuk didalami dan yang paling penting, paham agar mudah di aplikasikan.

      Delete
  28. Inovasi seperti ini yang selalu aku dukung deh. Bagus sekali karena ada banyak ilmu yang dibagikan ya mba

    ReplyDelete
  29. Emang pas pandemi gini, diisi dgn kegiatan yg bermanfaat, misalnya ya dgn ilut kursus online di Skill Academy ya mbak
    Banyak materi kursus yg bisa dipilih
    cara daftarmya pun mudah

    ReplyDelete
  30. Setuju mbak, zaman aku dulu mau meningkatkan skill ikutan les belum sebanyak sekarang, makanya ini peluang banget ikutan skill academy

    ReplyDelete
  31. Bagus juga ya nih skill academy, kita bisa upgrade kemampuan tanpa harus keluar rumah. Melalui online saja sudah bisa, mantaaapp...

    ReplyDelete
  32. banyak kelasnya ya mba, aku juga daftar yang SEO ama youtube. lumayan untuk ngasih insight dasar tentang kedua topik tersbut

    ReplyDelete
  33. Saya jadi pengen cari kelas fotografi dan kelas membuat kopi deh. Sekarang bisa bebas mau belajar apa aja lewat kelas2 online bgini dan nggak harus keluar rumah

    ReplyDelete
  34. Anakku daftar yang kelas Peracik kopi mbak Astin. Lumayan membantu sih buat ngisi waktu luang dia

    ReplyDelete
  35. Menunda-nunda memang berbahaya sih dan aku pernah ngalamin dan nggak mau terulang lagi. Belajar dari pengalaman hehe. Tapi aku pernah trial kelas di SA dan emang mantap jiwa parah, ilmunya super daging. Thx 4 sharing mba :)

    ReplyDelete
  36. Akhir-akhir ini aku baca tentang inovasi Ruang Guru untuk kelas online bagi ibu-ibu seperti kita. Ada banyak pilihan kelas online ternyata dan biayanya juga ada diskon. Menarik nih untuk nambah kemampuan manajemen waktu juga ya Asti

    ReplyDelete
  37. Skill Academy makin beragam ya ilmunya... Pengen banget nih bisa ikutan...Dna yess setuju sih jangan suka menunda-nunda apa pun itu kalau untuk kebaikan

    ReplyDelete
  38. Aduh aduh, aku tersindir krn suka nunda huhu
    Iya nih, skrng waktu berjalan cepat ya jd kalau kebiasaan menunda gak dihilangkan ruginya makin banyak.
    Wah asyik nih kalau bisa upgrade skill dengan ikutan kelas online di skill academy, memanfaatkan waktu drpd nganggur dan nambah2 ilmu yaa

    ReplyDelete
  39. Skill Academy ini kece banget, pas banget cari kursus online buat ade supaya bisa mengembangkan diri sebelum kerja.

    ReplyDelete
  40. Masa pandemi kayak sekarang bukan jadi alasan untuk asah skill ya. Ada yang online kayak Skill Academy gini. Mana dapet sertifikat pula.

    ReplyDelete
  41. Yang aku incar tuh kelas buat Prakerja karena sangat memudahkan bagiku yang ga punya penghasilan tetap untuk ikutan pelatihan

    ReplyDelete
  42. enaknya di skill academy itu belinya ga ribet ya mba, bisa lewat ecoommerce juga bayarnya...dan kalau dilihat2 pilihan kursusnya variatif dan aplikatif buat dipraktekin langsung... Yess sepakat ngapain harus menunda untuk kebaikan sendiri kan.

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih