Sunday, 25 April 2021

7 Point Penting Kebahagiaan Lahir dan Batin - Day 13

Bahagia merupakan kata kerja yang menurutku harus diupayakan sendiri. Kita tidak mungkin meminta orang lain untuk membuat kita bahagia, jika kita sendiri tidak membuka diri untuk merasakan kebahagiaan. 
7 hal yang dapat membuat bahagia

Menurutku bahagia itu datang dari diri sendiri dan diupayakan sendiri. Ada banyak hal yang dapat membuat kita merasa bahagia. Ada yang mengatakan, bahagia itu sederhana dan tidak perlu mahal-mahal. Contohnya, makan menggunakan nasi dan lauk tahu tempe sambal hanya berdua denganmu saja, sudah bahagia. Jadi, bahagia pada tiap orang itu berbeda-beda ya, bahagia itu relatif.

Di bawah ini ada 7 point penting kebahagiaan lahir batin yang ingin selalu saya jaga. Teman-teman mungkin dapat menambahkan yang lain ya, karena bahagia tiap orang berbeda-beda.

1. Bangun Lebih Awal


Saya pribadi akan meletakan bisa bangun lebih awal setiap hari itu adalah kebahagiaan  pada urutan pertama. Namun, bukan berarti bangun terlambat akan memurungkan hidupku sepanjang hari. Paling tidak jika pada hari itu bangunnya tidak awalm akan menjadi bahan introspeksi dan diperbaiki esok harinya.

Bangun lebih awal itu mampu menaikan kebahagiaan dalam diri sendiri. Bangun lebih awal akan menentukan juga aktifas sepanjang hari akan menjadi lebih baik dan pastinya kebahagiaan akan mengiringi.

2. Dekat dengan Al Quran


Menjadi makhluk sosial memang terasa menyibukan diri kita dengan segudang aktifitas bertemu dengan banyak orang. Melakukan aktifias tanpa selesai dan kadang membuat jenuh. Salah satu hal yang membuat hari-hariku naik tingkat kebahagiaannya adalah berdekatan dengan Al Quran.

 Berdekatan dengan Al Quran dapat secara langsung dengan memegang dan membaca Al Quran, membaca terjemahaan, ataupun membaca tafsir. Berdekatan dengan Al Quran dapat juga secara tidak langsung, yaitu dengan mendengarkan melalui speaker Quran atau melalui murotal di Youtube.

3. Sukses Menjaga Pola Makan dalam Satu Hari


Pernah merasa uring-uringan seoanjang hari? kemungkinan ada banyak hal yang mengakibatkan kita uring-uringan. Saya pernah introspeksi dan menelaah mengapa sampai uring-uringan. Ternyata masalah yang saya hadapi adalah karena perut kosong atau perut tidak terasup oleh makanan yang normal.

Jadi, saya akan merasakan kebahagiaan jika perut telah diperlakukan dengan baik. Makan pagi  dengan normal, tak hanya sebagai syarat untuk memasukan makanan ke dalam perut saja. Bagi saya, makan dengan pola yang bagus akan membawa dampak positif bagi kebahagiaan lahir dan batin. 

4. Dapat Mengendalikan Emosi Diri


Peran yang banyak mengakibatkan banyak problem dan tantangan. Menjadi istri, menjadi ibu, menjadi teman, menjadi tetangga dan menjadi mahkluk sosial ada saja tantangannya setiap detik. Saya akan merasakan kebahagiaan yang tiada terkira, saat selesai beraktifitas bersama orang-orang tanpa adanya emosi.

Namanya hidup, pasti ada ujian dan tantangannya,ya kan. Sudah pasti ada prahara dan ujian. Saya berusaha untuk dapat mengendalikan emosi dalam keadaan apapun. 

5. Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu


Sebagai seorang dengan kepribadian melankolis yang memiliki kelemahan kurang cepat dalam mengatasi masalah, saya ingin berubah. Saya berharap pekerjaan yang sedang saya kerjakan dapat kelar atau selesai tepat waktu. Paling tidak, pekerjaan tersebut selesai, sudah bersyukur, Alhamdulillah.

Kebahagiaan paling mahal untukku adalah menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan yang selesai akan memberikan aura positif untuk pekerjaan di kemudian hari.

6. Tidur Nyenyak


Satu hal yang paling mahal untuk saya adalah dapat tidur nyenyak tanpa ada gangguan. Saya tipe yang susah tidur, apalagi di tempat yang baru. Jadi, saat saya sudah dapat tidur dan masuk ke dalam tidur yang lebih dalam, eh ternyata ada gangguan, duh, sedih dan kesal.

Untuk kembali tidur agak susah dan perlu upaya keras dan biasanya malah lelah. Jadi, jika saya dapat tidur dengan nyenyak, itulah kebahagiaan lahir dan batin. 

7. Dipahami oleh Orang Lain


Salah satu point kebahagiaan yang saya letakkan di akhir adalah dipahami oleh orang lain. Saya paham, orang lain tidak mungkin semuanya akan memahamiku. Paling tidak ada beberapa oranglah yang memahami tentang saya.

Nah itulah 7 point penting kebahagiaan lahir dan batin bagi saya. Semuanya sesuai dengan tingkat kebahagiaan yang paling mudah. 







No comments:

Post a comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih