Tuesday, 13 April 2021

Nama Blog Sebagai Branding Sesuai dengan Tema Blog - Day 1

Blog Astin Astanti saya buat sudah lama sekali, kurang lebih sudah hampir 10 tahun. Awal membuat blog, tujuannya adalah sebagai media saya menuliskan dan menyimpan foto-foto yang ada yang sesuai dengan tulisan. Tulisan tentang perjalanan mudik lebaran, tulisan tentang produk yang saya dan keluarga gunakan dan lama-lama, blog ini berisi banyak sekali hal-hal yang saya pelajari dari kajian dan kelas online.

Nama Blog Sebagai Branding


Berikut ini alasan mengapa saya mengunakan nama diri sendiri sebagai nama blog pribadi.

1 Menyesuaikan dengan Tema Blog


Tema Blog dan Nama Blog sebaiknya disesuaikan. Tema blog parenting dapat memilih nama yang berhubungan dengan parenting, misalnya catatan pengasuhan ibu, cerita anak-anak dan lain sebagainya. Blog Astin Astanti ini temanya lifestyle alias semua sisi kehidupan yang saya alami, sebagian perjalanan kehidupan saya tuliskan di blog ini.

Tentunya tidak semua hal yang terjadi saya tulis. Memilah mana yang baik untuk ditulis dan dibagikan menjadi salah satu hal yang harus saya lakukan. Menulis tema lifestyle itu menyenangkan dan mudah sekali. Menulis cerita-cerita tentang kehidupan itu tidak sulit dan nama Astin Astanti saya rasa cocok untuk mengambarkan apa yang saya tulis di blog ini.

2. Mudah dikenal karena Menggunakan Nama Sendiri


Nama diri sendiri digunakan sebagai nama blog memiliki keuntungan, mudah dikenal. Dulu, sebelum pandemi dan sebelum saya memutuskan untuk lebih memprioritaskan anak-anak dan rumah, saya sering mengikuti event blogger secara offline. Kegiatan offline ini memungkinkan kami, sesama blogger bertemu dan saling berkenalan.

Nah, saat berkenalan dengan nama Astin Astanti, mereka langsung menyebut oh yang blognya ini dan teman-teman sudah lebih mengenal saya secara maya terlebih dulu dibandingkan orangnya.

3. Nama Blog Mudah Diingat

 
Beberapa tahun lalu, blog gratisan diubah menjadi blog dengan alamat nama blog itu sendiri. Bukan bernama blogspot.co.id. Setelah alamat blog ini diganti dan membayar domain setiap tahunnya, blog saya ini mudah diingat oleh teman-teman. 

Mereka lebih mudah mengingat dan menuliskan kembali karena cukup menulis nama saya dengan ditambah awalan dan akhiran, www.astinastanti.com. Sederhana namun mewakili blog bertema lifestyle itu sendiri.

4. Gaya Menulis Menjadi Santai


Dengan membawa branding diri sendiri pada nama blog, membuat gaya penulisan menjadi santai. Gaya  penulisan yang saya sukai adalah menggunakan kata aku. Namun, kata aku kadang dirasa kurang, sehingga saat menceritakan hal yang umum, saya akan menggunakan saya untuk menyatakan diri sebagai penulis.

Menceritakan tentang hal-hal yang terjadi dalam kehidupan rasanya dapat mengalir lancar. Apalagi saat metode kepenulisan sudah dikuasai, diingat dan dipahami. Rasanya aura blog akan terlihat sesuai dengan  tujun saya membuat blog ini dan menerapkan nama diri sendiri sebagai nama blog.

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 day Blog Challange 2021. Alhamdulillah dengan memiliki blog, ada banyak kesempatan untuk belajar banyak hal.

Ramadan day 1

Di depan ruang keluarga, menulis ini sembari mengawasi anak sedang bermain di depan rumah

No comments:

Post a comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih