Thursday, 22 April 2021

Bangkit dengan Mendatangi Sumber Inspirasi - Day 10

Tumpukan pekerjaan, permasalahan hidup yang itu-itu saja, kadang membuat kita menjadi lebih lelah, mudah swing mood dan sering sekali menyenandungkan lagu jenuh-nya si Rio Febrian. Pernah? sama dong saya juga pernah merasakan jenuh karena rutinitas pekerjaan dan permasalahan kehidupan.

Bangkit dengan Mendatangi Sumber Inspirasi
Jenuh jika diratapi akan mengikis pelan-pelan tubuh kita, karena tubuh ini akan mengikuti pikiran dan keadaan hati. Jenuh buatku wajar adanya datang, bagaimana cara menyikapinya supaya cepat bangkit dan mengusir jenuh? Ini adalah beberapa sumber inspirasi untuk bangkit dari jenuh.

1. Membaca Terjemahan Al-Quran


Al-Quran meruapkan obat segala obat. Di dalamnya ada kisah-kisah orang-orang terdahulu yang solusinya masih sangat cocok untuk diterapkan pada masa kini. Saya akan membaca pelan-pelan terjemahan dari kisah-kisah Nabi dan orang terdahulu.

Contohnya ketika sedang merasa tidak berguna, ada kisah Nabi Yunus. Nabi Yunus naik ke kapal dan singkat cerita, Nabi Yunus dilemparkan ke dalam laut karena kapal tersebut harus mengurangi muatannya. Nabi Yubus tertelan Ikan dan di dalam perut ikan, Nabi Yunus berdoa.

Kisahnya ditulis dalam QS Al Anbiya ayat 87-88. " Dan ingatlah kisah Yunus, ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim." " Maka Kami kabulkan doanya, dan Kami selamatkan dia dari keduakaan. Dan demikianlah kami menyelamatkan orang-orang yang beriman".

2. Mendengatkan Ceramah Ustadz Favorite


Saat ini ada banyak kemudahan termasuk saat kita membutuhkan ceramah sebagai bahan untuk menyejukkan dan menurunkan tingkat emosi. Saya sendiri membuat jadwal giliran untuk mendengarkan ceramah dari ustadz dan ustadzah favorite.

Mendengarkan ceramah-ceramah dengan penarian sesuai dengan permsalahan di Youtube. Saya akan menuliskan misalnya permasalahannya adalah jenuh karena adanya permasalahanan kehidupan yang itu-itu saja. Setelah mendengarkan ceramah, biasanya hati menjadi tenang dan mendapati solusi yang tentu hal tersebut dapat mudah diterima karena bersumber dari Al Quran dan hadist.

3. Menonton Youtube Masak-Memasak Jika Jenuh Memasak


Misalkan jenuh memasak, ada banyak channel masakah yang dapat ditonton di Youtube, Mulai dari chef terkenal, food vlogger, bahkan para ibu-ibu rumah tangga yang sangat produktif dan memiliki banyak akrya di Youtube.

Biasanya, setelah menonton beberapa video, jenuh saya akan hilang dan berganti dengan semangat, eh, dia kok mampu mengatasi rasa malas, rasa jenuh memasak dengan membuat aneka masakan dan salutnya bisa dijadikan konten yang bermanfaat. Apa kabar saya? jenuh masak seharian saja sudah ngeluh, ya kan.

Jika diminta menyebutkan channel favorite  di bidang masak-memasak, eem...agak sulit ya, karena semua bagus-bagus dan bermanfaat. Seringnya saya menengok channel Devina Hermawan, Wilgoz dan baru-baru saja, saya menonton channel dari Enni Tangerang, kalau tidak salah. 

Tentunya masih banyak sumber inspirasi yang bisa saya datangi untuk bangkit dari rasa jenuh. Di atas mungkin kebanyakan sumber inspirasi dari orang-orang yang tidak dapat didatangi. Terkadang saya juga butuh untuk datang ke rumah teman,  ngobrol sebentar dan dari obrolan tersebut akan bangkit semangat loh. 


No comments:

Post a comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih