Saturday 1 May 2021

Packing Baju untuk Mudik Lebaran - Day 19

Alhamdulillah saya dan keluarga diberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan Ramadan dalam keadaan sehat lahir dan batin. Diberikan kesempatan berada di bulan Ramadan di tengah-tengah pandemi covid 19 yang belum juga usai. Sudah dua kali bulan Ramadan dan sudah dua kali pula dalam bulan Ramadan, saya dan keluarga tidak mengalami yang namanya riweuh packing baju untuk mudik lebaran.

yang dirindu saat ramadan
Packing baju untuk mudik lebaran adalah hal yang begitu saya rindukan dalam bulan Ramadan. Sudah dua kali loh, bisa dibayangkan kan, betapa merindunya kami, tidak melakukan perjalanan mudik dan tidak berkumpul dengan keluarga besar di kampung. Rasanya sih biasanya, toh sudah ada kemajuan teknologi kan ya, namun tetap saja ada yang kurang kan ya.

Jika teman yang lain merindukan tidak dapat mengadakan buka bersama dengan teman dan keluarga di luar rumah. Alhamdullillah saya dan keluarga jarang berbuka puasa di luar rumah. Jika teman yang lain merindukan tidak dapat ngabuburit karena pandemi. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk ngoprek takjil sederhana dan memasak untuk berbuka puasa.

Packing baju untuk mudik lebaran adalah hal yang sangat saya dan keluarga rindukan, terutama saya dan anak-anak. Meski setiap hari saya berkutat dengan urusan laundry, tetap saja saya kangen sekali membuat list baju yang akan digunakan selama mudik lebaran. Saya merindukan suasana ramadan dipenghujung bulan ramai-ramai menonton berita mudik dan jalur mana saja yang macet dan bisa dilalui.

Packing baju untuk mudik lebaran untuk saya merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri. Saya orang rantau sejak lulus kuliah. Setiap bulan Ramadan, selalu ada kegaitan mengepack baju untuk mudik lebaran. Selalu antusias menyambut akhir ramadan dengan sibuk mengurus perlengkapan yang harus dibawa untuk mudik.

Ini sudah dua kali ramadan, kegiatan packing baju untuk mudik lebaran tidak dilakukan. Betapa rindunya suasana ramadan yang dihiasi menumpuk baju yang akan dibawa mudik lebaran. Ada yang kurang selama dua tahun ini, ada yang tidak biasa dan begitu sangat dirindukan. Semoga ramadan tahun depan, saya dan keluarga diberikan kesehatan dan berjumpa kembali dengan bulan yang penuh dengan ampunan dan rahmah ini.  

Dalam kegiatan packing baju untuk mudik lebaran, hal yang saya lakukan adalah, 
  1. Merencanakan berapa lama waktu mudik, mulai dari berangkat,   mudik dan balik hingga waktu tambahan.
  2. Membuat list baju sesuai dengan lama waktu mudik dan menambahkan baju untuk waktu tambahan
  3. Menurunkan koper dan tas-tas untuk memasukkan baju dan perlengkapan yang harus dibawa mudik
  4. Menyimpan koper, tas dan perlengkapan lainnya di ruang depan. Satu hari sebelum keberangkatan, biasanya koper dan tas tersebut sudah masuk ke bagasi mobil.
Rindu ya, Insya Allah akan datang masa yang indah jika covid 19 sudah dapat dikendalikan, aamiin.

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih