Tuesday 27 April 2021

Bahasa Arab untuk Memudahkan Memahami Al Qur'an - Day 15

Bismillahirrohmannirrohim

Alhamdulillah sebagai seorang muslim, ada banyak sekali kesempatan belajar yang saya dapatkan. Sebagai seorang muslim, tentunya saya wajib membaca Al Qur'an. Al Qur'an merupakan firman Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril sebagai pedoman untuk umat manusia sampai kapanpun.

belajar bahasa arab

Al Qur'an diturunkan di bulan Ramadan yang menjadi bulan mulia. Bulan penuh ampunan dan bulan penuh dengan rahmah. Al Qur'an dibukukan/ dikumpulkan menjadi sebuah buku/ kitab/ mushaf pada masa khalifah Ustman bin Affan di Madinah.

Sebagai seorang muslim saya bukan hanya wajib untuk membaca lantunan ayat-ayat suci ini. Saya juga harus memahami dan mengerti tafsir serta tahu arti perkata dan dalam kalimat-kalimat yang digunakan. Jika membaca dalam huruf Hijaiyahnya mudah dan dapat dipelajari melalui tahsin dan menghafalnya dengan tahfidz. Saya membutuhkan penguasaan dalam Bahasa Arab supaya dapat mengerti arti dan tafsir tiap katanya.

Jadi alasan saya ingin menguasai Bahasa Arab yang utama adalah untuk membantu saya memahami arti dan makna ayat-ayat Allah yang saya baca di dalam Al Qur'an. Meskipun saat ini di dalam Al Qur'an sudah ada arti per kata, namun belum secara keseluruhan untuk memahami Al Qur'an secara lengkap. Sependek pengetahuan yang saya dapatkan, Bahasa Arab itu seperti Bahasa Inggris, ada perbedaan untuk menyebut benda tunggal dan benda banyak. Dalam penyebutan laki-laki dan perempuan juga berbeda.

Alasan kedua, anak pertama belajar di Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki kurikulum pelajaran Bahasa Arab. Mau tidak mau, saya juga harus bisa Bahasa Arab, apalagi saat ini belajar mengajar dilakukan di rumah. Saat itu saya hanya dibantu oleh kosa kata yang terdapat di buku pelajarannya. Upaya yang saya lakukan tentunya membeli kamus Bahasa Arab untuk memperlancar proses belajar mengajar anak. Dengan kamus Bahasa Arab saya juga mampu memahami tingkatan kata atau kata ganti dalam Bahasa Arab.

Selain itu saya juga berusaha untuk rutin mendengarkan kajian dari salah satu ustadz dari YT. Dalam kajiannya tersebut, beliau sering memberikan arti dan makna kata-kata yang digunakan dalam Al Qur'an yang begitu indah dan tinggi. Masya Allah, ternyata mempelajari Bahasa Arab itu sangat menyenangkan meskipun terlihat susah, tapi jika sudah terbiasa ringan loh. 

Gimana kalau teman-teman yang lain, apakah ada yang sependapat, jika Bahasa Arab itu menyenangkan ya untuk orang awam seperti saya nih yang pendidikannya umum tetapi ingin menguasai Bahasa Arab.



 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih