Monday 3 May 2021

Menyiapkan Makanan Bersama - Day 21

Bulan Ramadan bulan yang selalu dinantikan oleh semua umat manusia di bumi ini. Semua orang menyambut dengan penuh suka dan cita, bahagia dan gembira. Semua mempersiapkan kedatangan bulan Ramadan. Ada yang sejak 6 bulan, 3 bulan dan 1 bulan sebelumnya. Semua beramai-ramai menyusun kegiatan yang hendak dilakukan selama bulan Ramadan.

kegiatan favorite saat ramadan
Keluarga kecilkupun demikian. Semua menantikan bulan penuh keberkahan yang hanya diberikan Allah 1 kali dalam satu tahun. Saya mempersiapkan kedatangan dengan cara umum seperti kebanyakan orang, bersih-bersih apapun yang dapat dibersihkan dan menyusun agenda serta kegiatan selama bulan Ramadan.

Kegiatan-kegiatan selama bulan Ramadan itu banyak sekali dan di dalam keluarga memiliki sisi positif. Sisi positif seperti mempererat hubungan kekeluargaan. Saling menyadari tanggung jawabnya untuk mengisi kegiatan yang positif pada bulan ini. Terpenting adalah, saya dan keluarga dapat melakukan kegiatan tersebut secara bersama-sama.

Kegiatan seperti menyiapkan makanan bersama-sama, untuk buka puasa dan sahur. Saya termasuk bagian yang 90% mempersiapkan makanan untuk buka puasa dan sahur dari Dapur Astata. Sebelum memasak, saya meminta anak-anak untuk memikirkan terlebih dulu, ingin makan apa untuk buka puasa dan sahur nanti. 

Menjelang waktu berbuka puasa, setelah makanan untuk buka puasa siap. saya akan meminta semua menyiapkan makanan dan perlengkapan makanannya. Kami biasa menyantap makanan buka puasa di ruang depan. Jadi, mulai dari nasi, sayur, lauk, teh manis hangat dan sedikit camilan sederhana, serta piring dan sendok dibawa ke tempat tersebut. Ini kami lakukan bersama-sama dan harus makan bersama-sama pula.

Makna dari kegiatan yang kami lakukan tersebut adalah untuk kebersamaan. Menyiapkan makanan bersama-sama merupakan kegiatan favorite saat Ramadan. Alhamdulillah kegiatan ini bukan hanya pada bulan Ramadan saja. Anak-anak juga senang melakukannya dan membiasakan untuk membantu orang tua dan menyiapkan apa yang dibutuhkan dan membereskannya saat sudah selesai.

Harapan saya, anak-anak akan mengingat kegiatan menyiapkan makan bersama-sama ini sebagai bentuk kebiasaan baik. Menyiapkan bersama-sama, menikmati bersama-sama tanpa terpisah ruang dan membereskan secara bersama-sama. Ada ikatan yang kuat jika satu keluarga menikmati makanan bersama-sama dan menghangatkan keluarga. 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih