Saturday 8 May 2021

Istirahat yang Bermanfaat Menunggu Waktu Berbuka Puasa - Day 26

Masih menceritakan suasana bulan ramadan. Bulan yang di dalamnya ada banyak sekali kegiatan yang bernilai ibadah yang ramai-ramai dikerjakan oleh semua muslim. Jika biasanya, makan tiga kali sehari plus ada coffe or tea break. Selama bulan ramadan, kita makan dua kali, sahur dan berbuka puasa. Coffe or tea break juga dipindah, setelah sholat tarawih.

kegiatan menunggu waktu buka puasa

Masing-masing orang tentu berbeda budaya dan pilihan kapan menikmati makanan. Sudah dua kali ramadan ini, kebiasaan di rumah saat terdengar adzan maghrib yaitu, berdoa, meminum air putih, meminum teh manis/ tawar hangat dan mengambil satu atau tiga butir kurma. Setelah itu, kami semua langsung menyantap makanan.

Mengapa tidak takjil terlebih dahulu? karena khawatir setelah sholat tarawih semua langsung ngantuk. Meski pada kenyataannya setelah wajah terbilas air wudhu, kantuk menghilang. Padahal, saat menunggu waktu berbuka puasa, rasa kantuk itu sungguh tak tertahan. Entah mengapa semua itu bisa terjadi.

Ngobrolin waktu menunggu berbuka puasa, apa sih yang biasa teman-teman semua lakukan? Keluarga kami cukup unik ya. Saat menunggu berbuka puasa, hampir semua tidak mau keluar rumah untuk ngebuburit. Hampir setiap sore semua di rumah. Nah, sebagai ibu rumah tangga, berikut ini kegiatan yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa, ada yang samaan gak nih.

Sejujurnya saya tidak pernah mempunyai waktu menunggu berbuka puasa di sore hari. Saya memulai masuk ke dapur pukul 4/ 4.30 sore dengan terlebih dahulu beberes dapur supaya nyaman untuk melakukan kegiatan di dapur.

Masakan yang dimasak sebetulnya tidak pernah rame. Sayur dan lauk serta membuat air panas untuk menyeduh teh. Jadi, pukul 5 atau 5.30 sore kadang masih menyiapkan segala sesuatu untuk persiapan berbuka puasa.

Sisa waktu 10-15 menit saya gunakan untuk kegiatan seperti di bawah ini :

1. Mandi 

Setelah berpanas-panas dan berkeringat di dapur, saya istirahat sebentar. Setelah keringat turun atau mood sudah cukup untuk masuk kamar mandi, mengguyur badan sebelum berbuka puasa, akan membuat tubuh segar.

2. Mendengar Tausiah

Mendengarkan Youtube dari ustadz favorit mampu meredakan lelah setelah menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Sembari menyiapkan piring, sendok, air minum dan makanan, mendengar tauziah juga dapat menjadi pilihan nih, temans.

3. Rebahan

Rebahan sebentar cukup melonggarkan persendian yang kaku setelah berdiri di dapur. Rebahan bisa dilakukan di ruang tengah, ruang tidur sembari menunggu adzan maghrib

Teman-teman memiliki kegiatan lain yang dilakukan saat menunggu adzan maghrib? yuk, tulis di komentar ya. 



No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih