Monday 10 May 2021

Lebaran Corona Era - Day 28

Lebaran identik dengan berkumpulnya semua keluarga. Para pemuda datang ke rumah keluarga yang dituakan. Perantau bersuka cita untuk melakukan kegiatan mudik atau pulang ke kampung halaman. Tempat orang tua atau saudara yang dituakan tinggal. Allah sudah memberikan kesempatan lebaran dari tahun ke tahun untuk kita berkumpul bersama keluarga.

lebaran era corona


Namun tidak untuk lebaran tahun 2020 dan tahun 2021 nampaknya juga hampir sama. Lebaran tahun ini masih sama temans. Kita masih diberikan ujian dari Allah untuk menaikan tingkat kesabaran. Sabar untuk tetap tinggal di rumah dan tidak mudik, tidak mengunjungi rumah saudara yang dituakan. Bersabar untuk segala hal dikarenakan pandemi covid 19 masih mengancam.

Bersabar untuk mendapatkan sesuatu yang sangat indah. Saya percaya Allah akan memberikan hal baik saat meminta kita untuk bersabar. Rasanya memang begitu berat. Lebaran tidak berkumpul bersama keluarga. Rasanya memang sedih, tapi inilah kenyataannya. Kita sebagai hamba-Nya, sebaiknya mengikuti ketetapan yang ada. Peraturan pemerintah setempat sebaiknya juga kita ikuti, demi berhasilnya tujuan diciptakan peraturan tersebut.

Lebaran Era Corona tahun 2020 dan juga tahun ini adalah lebaran yang paling berkesan. Allah memberikan kesempatan bagi kita semua untuk bersabar. Tidak mudik, sholat idul fitri di rumah, di lingkungan terkecil dan tidak ada saling mengunjungi saudara secara fisik.

Alhamdulillah perkembangan teknologi dan kemajuan jaringan internet memudahkan kita semua melepas rindu. Melepas rindu dalam genggaman gadget. Kita semua dapat terhubung dengan orang tua, saudara, teman-teman dan kolega melalui jaringan internet. Ada beragam cara bagaimana kita dapat terhubung.

Ya Allah, dua kali mendapati Lebaran dalam suasana pandemi. Hal yang paling penting adalah kita semua sehat, jikapun sakit iitu karena ketetapan yang Allah berikan. Berlebaran dengan berkumpul bersama keluarga sudah tiap tahun kita jalani. Ini mungkin ujian Allah yang dapat menaikan kita ke kelas yang lebih tinggi jika bersabar. 

Lebaran tahun 2020 lalu, keluarga kecil kami bangun tetap dengan semangat. Mempersiapkan sholat Idul Fitri di mushola sebelah rumah. Mempersiapkan diri sebaik mungkin, tidak menggunakan baju baru. Masya Allah, Alhamdulillah kami merasakan bahagia. Setelah pulang dari mushola, kami mendatangi rumah mama mertua yang berada di sebelah rumah. Hm, deket ya. 

Alhamdulillah. Setelah pulang dari rumah mama, kami semua sarapan menggunakan menu khas lebaran. Jadwal video call bersama dengan keluarga besarku tiba. Sambungan internet dapat menghubungkan Tangerang - Cilacap - Hongkong. Subhanallah, semoga pandemi segera usai. Tahun ini lebaran masih sama. Suasana yang sama dan mari kita tetap tegakkan 5M.



No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih