Friday 7 May 2021

Menu Makanan Berkuah untuk Makanan Sahur - Day 25

Alhamdulillah bulan ramadan menjadi ladang kita untuk belajar tentang banyak hal. Bulan Ramadan bukan hanya belajar untuk menahan lapar dan dahaga saja. Ada banyak kesempatan untuk belajar menahan diri dari memenuhi keinginan yang masih bisa ditunda.

menu makanan berkuah untuk sahur

Saya belajar untuk dapat menahan diri dan mencoba untuk bersabar mengendalikan emosi termasuk soal makanan. Ada banyak pilihan makanan untuk dapat dinikmati saat bulan Ramadan, baik di waktu sahur maupun saat berbuka puasa.

Teman-teman pasti juga memiliki menu makan favorite saat sahur, kan. Saya sebagai ibu rumah tangga yang bertanggung jawab menghidangkan makanan, juga pasti memiliki menu favorit untuk sahur. Ada beberapa hal mengapa menu makanan ini menjadi menu favorite saat sahur.

Beberapa kriterianya adalah ada kuah, ada sayuran, dimasak secara sederhana dan pratis, tidak membutuhkan waktu yang lama. Agak susah ya, kalau masak kuah-kuah gitu, pasti lama deh. Tidak juga loh, berikut ini adalah menu makanan favorit saat sahur.

1. Sop Bakso, Wortel, Buncis, Tahu dan Misoa

Menu ini sangat praktis dan dapat masak untuk makan di waktu sahur. Sop kan lama? kata siapa? saya selalu bangun pukul 3 pagi dan bisa memasak sop ini. Tentu porsinya secukupnya untuk dimakan saat sahur ya. Pertama-tama, rebus air di panci, kemudian kupas wortel, siangi buncis, iris tahu dan rendam bakso.

Bumbunya? bumbunya simple sekali loh. Cukup bawang putih digeprek dan garam saja. Saat sedang memasak, masukkan bawang goreng untuk menambah gurih kuah sopnya. Bakso sebagai protein untuk mendampingi sayuran. Tahu dan Misoa saya gunakan untuk menambah tampilan supaya lebih rame.

2. Tumis Buncis topping Tahu Goreng

Menu untuk makan di waktu sahur kali ini juga cukup sederhana. Tidak memakan waktu yang lama. Porsinya secukupnya dan tinggal siangi buncis, iris menggunakan pisau atau menggunakan tangan saja. Bumbunya bawang merah putih dan garam.

Iris tahu menjadi potongan sesuai selera, goreng hingga kering. Setelah tumis buncis yang diberi kuah sedikit matang, masukkan tahu yang sudah digoreng, angkat, matikan.

3. Soto Ayam Kuah Bening

Soto ayam membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat dinikmati. Untuk dapat menikmati soto ayam di waktu sahur, saya membuat soto ayam sekalian untuk berbuka puasa. Jadi, membuat untuk dua porsi, biasanya lebih sih, hehehe. 

Soto ayam bisa dibilang menu yang paling favorit karena meski perlengkapan sudah habis, tetapi kuahnya masih ada, masih dapat dinikmati. Contohnya dengan merebus kuah dengan tahu atau tempe, atau telur rebus yang dinikmati bersama kuah soto.

Hm, ketiga menu tersebut mana yang teman-teman juga sering nikmati pada waktu sahur?

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih