Sunday 2 May 2021

Penuhi Asupan ini Saat Berpuasa Selama Pandemi - Day 20

Alhamdulillah ya Rabb, begitu besar ujian yang diberikan kepada kita semua. Berpuasa ramadan ke-dua kalinya dalam masa pandemi covid 19. benar-benar tidak pernah disangka ya. Namun kita semua wajib untuk menerima dengan ikhlas dan menjalani semua dengan penuh rasa syukur.

asupan saat berpuasa selama pandemi

Ujian pandemi covid 19 ini bukan akhir dari segalanya. Masih banyak hal-hal yang dapat dilakukan dan ada banyak hikmah yang dapat diambil dari keadaan ini. Dua kali berada di bulan Ramadan dalam masa pandemi, membuat kita semua kuat dan tegar menjalani hari-hari.

Saya seorang ibu rumah tangga, tidak memiliki asisten rumah tangga dan memilih untuk tetap mendampingi anak PJJ, meski dari pihak sekolah sudah membuka belajar tatap muka di sekolah. Ada banyak hal yang harus saya kerjakan di rumah selama berpuasa ramadan. Meskipun demikian, saya dan para ibu khususnya tidak boleh dong merasa lemas dan tidak bersemangat.

Berikut ini asupan yang saya konsumsi saat berpuasa selama pandemi.

1. Susu

Susu merupakan salah satu bahan makanan yang mudah untuk ditemukan. Harganya tidak begitu mahal, namun memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh. Ada bermacam-macam susu yang dapat dipilih. Saya lebih menyukai mengkonsumsi susu segar atau jika tidak ada susu uht juga cukup. Mengkonsumsi susu dua kali sehari, saat malam dan saat sahur memenuhi kebutuhan vitamin.

2. Madu

Madu merupakan asam amino yang sangat dibutuhkan tubuh selama masa pandemi. Madu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga stamina. Madu juga banyak sekali jenisnya, tetapi ingat ya, jangan memilih madu yang harganya murah namun kualitasnya diragukan. Mengkonsumsi madu dapat dicampur atau dikonsumsi secara langsung ya, teman.

3. Buah-Buahan

Banyak sekali jenis buah-buahan yang dapat dipilih. Mulai dari pisang, pepaya, semangka, melon, buah naga, mangga, jeruk, anggur, kiwi, nanas dan lain sebagainya. Saya lebih mengeluarkan uang untuk membeli buah dibandingkan gorengan dan takjil yang beraneka rupa. Jika ada saudara datang ke rumah, dan melihat tidak ada takjil di santapan berbuka puasa kami, ya begitulah adanya.

Buah kurma juga selalu ada di rumah, karena merupakan buah yang paling mudah untuk dikonsumsi dan sunah Nabi Muhammad SAW.

4. Sayuran

Sayuran hijau dan yang mudah untuk dimasak menjadi pilihan untuk berbuka dan sahur. Saya memang selalu memasak sayur dan jika tidak dapat memasak sayur, saya selalu memberikan banyak buah-buahan dalam santapan buka dan sahur.

Sayur yang sering saya dan keluarga konsumsi yaitu, sayur bayam, sop, buncis, kangkung dan labu.

5. Vitamin / Suplemen

Asupan yang ini bisa dikonsumsi bisa tidak tergantung kondisi tubuh dan tergantung aktifitas yang dilakukan esok harinya. Saya selalu menyediakan vitamin C dan vitamin B karena butuh.

Nah, itulah asupan yang saya konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat berpuasa selama pandemi. 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih