Wednesday 12 May 2021

Persiapan Lebaran 2021 - Day 30

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. Alhamdulillah ya Rabb, telah disempurnakan ibadah puasa di bulan Ramadan tahun ini genap 30 hari. Sepuluh hari terakhir, saya baru sadar belum ada persiapan apapun untuk menyambut Lebaran Idul Fitri 2021.

persiapan lebaran tahun ini

Rasanya masih ingin bermannja dengan ramadan. Rasanya masih ingin memeluk malam-malam ramadan. Rasanya masih ingin terus didekap dengan lembut oleh air wudhu ramadan. Namun bulan segera berganti. Berganti dengan semangat baru untuk mengisi 11 bulan untuk mengimplementasikan ilmu dan ikhtiar di ramadan kemarin.

Alhamdulillah masih ada sisa tenaga dan waktu untuk mulai membereskan rumah dan mempersiapkan Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari menata hati, menata pikiran dan menata apa yang sebaiknya ditata. Semakin hati ditata, Insya Allah apa yang ada di dunia, benda-bendapun akan mudah ditata.

So inilah yang saya lakukan tiga hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 2021 datang.

Persiapan Hati Menyambut Bulan Baru

Tempat yang sesungguhnya dari ramadan adalah 11 bulan esok. Di mana saya harus merasa ramadan ada setiap waktu. Setiap waktu melangkah, setiap waktu berpikir dan bertindak. Pertama kali yang harus ditata adalah hati. Hati ikhlas dengan apa yang harus dihadapi. Hati harus menyadari sepenuhnya apa yang sebaiknya disikapi.

Persiapan Mundur Membereskan Rumah

Saya selalu menghitung mundur apa yang harus dikerjakan. Jadi, saya merencanakan satu hari sebelum lebaran sudah harus membereskan pekerjaan yang paling urgent. Pekerjaan yang paling urgent adalah menyimpan mainan anak-anak dan menyimpan barang yang tidak penting di dalam lemari.

Membereskan Rumah

Pyuh, saya sempat beberapa kali mematung melihat keadaan rumah. Sangat berantakan dan tidak beraturan. Untuk mengambil gambarnyapun saya malu. Yups, memang saat ramadan kemarin, saya lebih banyak menurunkan ekspektasi keteraturan di rumah. Alasannya karena anak bungsu sedang belajar puasa. Jadi, monggolah mainan apa yang nyaman dan aman silahkan.

Menyiapkan Bahan-Bahan Masakan

Alhamdulillah sudah tersedia bahan-bahan yang hendak dimasak untuk sajian lebaran 2021. Ayam rencananya digoreng, ternyata menjadi dibuat opor. Daging sapi rencananya dibuat rendang, akhirnya dibuat semur sapi  betawi, yang lolos adalah kentang tetap menjadi sambal goreng kentang untuk pedasnya. Alhamdulillah semua sudah selesai dieksekusi, foto-fotonya besok ya, karena selesai masak bedug maghrib tadi.

Mempersiapakan Perlengakapan untuk Sholat Idul Fitri

Paling penting adalah menyiapkan tempat untuk menyimpan baju, mukena, sajadah dan perlengkapan lainnya untuk sholat Idul Fitri. Tujuannya supaya lebih teratur dan memudahkan saat hari H. Dan yang belum disiapkan adalah baju saya dan anak bungsu yang masih di tumpukan keranjang setrikaan. Insya Allah malam ini, menyetrika semampunya dan besok pagi kembali membersihkan rumah.

Apakah saya open house sehingga mempersiapkan Lebaran dengan beberes rumah? Jawabannya tidak, malah inginnya ditulis tidak menerima tamu. Why? semalam mendapat kabar teman tersayang beserta keluarganya positif covid 19. Rasanya lemes dan merinding sewaktu membaca WA-nya.

Covid masih ada di depan mata temans, berhati-hati dan tetap tegakkan 5M yak. 


No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih