Wednesday 6 July 2022

MTs Plus Asy Syukriyyah Tangerang, Kurikulum Pesantren Tapi Tidur di Rumah

Bismillahirrohmannirrohim,
Alhamdulillah selamat kepada adik-adik, anak-anakku yang telah lulu dari kelas 6 baik SDN, SD Swasta, MIN, MI Swasta, SDIT manapun, kalian hebat. Alhamdulillah tahun ini saya juga menjadi salah satu orang tua yang anaknya baru saja lulus dari MI Darul Hasan, Cipondoh, Tangerang. Tugas menjadi orang tua salah satunya adalah memilihkan sekolah terbaik yang tepat untuk anak. Salah satu sekolah terbaik di dekat saya tinggal adalah MTs Plus Asy Syukriyyah yang berbeda dari yang lain.


MTs Plus Asy Syukriyyah berada persis di sebelah gerbang masuk perumahan Banjar Wijaya. Berdiri sejak tahun 1987 dengan luas tanah 400 m. MTs Plus Asy Syukriyah beralamat di jalan KH. Hasyim Ashari No.41 Cipondoh, Kota Tangerang, Banten. Tahun ini, teman anak saya sudah menjadi siswi di MTs Plus Asy Syukriyyah. Saya ikut berbahagia dan sangat terharu saat diceritakan, bahwa MTs Plus Asy Syukriyyah ini berbeda dengan sekolah lainnya. Wah, saya jadi penasaran dan Alhamdulillah ibu dari teman anak saya banyak menceritakan bagaimana profil dan kurikulum sekolah tersebut. 

Lokasi MTs Plus Asy Syukriyyah sangat mudah ditemukan, karena berada di jalur arteri dari arah Tangerang kota menuju Ciledug. MTs Asy Syukriyyah dapat diakses menggunakan transportasi umum, berupa angkotan kota berwarna hijau. Jika adik-adik datang dari arah Tangerang kota, MTs Plus AS Syukriyah berada di seberang jalan, jadi harus menyeberang terlebih dahulu. 

Profil 

MTs Plus Asy Syukriyyah, adalah pilihan program pesantren tetapi bisa tidur di rumah. Didirikan oleh KH. Acep Abdul Syukur, Lc. Pada tahun 2006 telah memiliki akreditasi A atas berkat rahmat Allah SWT yang memberikan ketrampilan kepada guru-guru dan personil MTs Asy Syukriyyah untuk bekerjasama memperbaiki SDM yang optimal. Seiring perkembangan jaman, Asy Syukriyyah menerapkan teknologi dan komunikasi melalui komputerisasi dan menyiapkan siswa-siswi untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.

Visi

Menjadi Madrasah Tsanawiyyah yang Unggul, Modern dan Berwawasan Global

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Al Quran yang berkualitas
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang kreatif, inovatif dan berwawasan lingkungan hidup berlandaskan Al Quran dan sunnah.
  3. Menyelenggarakan pendidikan karakter islamu dan nilai-nilai kebangsaan
  4. Melaksanakan pendidikan berbasis mutu dan pelayanan prima
  5. Menyiapkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan berakhlak mulia
  6. Menyiapkan sarana prasaran yang memadai dan modern untuk menunjang proses pendidikan yang berkualitas
  7. Berkarya dalam dunia pendidikan melalui mutu, prestasi dan kontribusi.
Program Unggulan di MTs Plus Asy Syukriyyah

Saya baru mengetahui sebuah program yang sangat membantu para orang tua yang ingin anaknya masuk pesantren tetapi belum bisa pisah tidur dari orang tuanya. MTs Plus Asy Syukriyyah adalah pilihan tepat pesantren tetapi bisa tidur di rumah. Program Tahfidz Al Quran merupakan salah satu program unggulan di MTs Plus Asy Syukriyyah. Siswa dan siswi akan menghafal Al Quran, mengamalkan dan membudidayakan nilai-nilai Al Quran da;am sikap hidup sehari-hari.

Kurikulum MTs Asy Syukriyyah

Wajib untuk diketahui saat para orang tua memilih sekolah untuk anandanya. MTs Plus Asy Syukriyyah memiliki 3 kurikulum yang akan diberikan kepada siswa dan siswinya. Berikut ini, kurikulum tersebut:
  1. Kurikulum dari Diknas (Dinas Pendidikan Nasional) : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, PKN, Seni Budaya, Prakarya.
  2. Kurikulum dari Kemenag (Kementrian Agama) : Al Quran dan Hadist, Akidah Akhlaq, Fikih, SKI, Bahasa Arab.
  3. Kurikulum dari Pesantren : Tahfidz, Muhadhoroh / public speaking, Mahfuzhat / menulis paribasa dalam bahasa arab, Muhadatsah, Nahwu Shorof.
Ektrakulikuler MTs Asy Syukriyyah

Sebagai orang tua, wajib pula mendorong anandanya untuk mengikuti ektrakulikuler, supaya anak-anak dapat memiliki ketrampilan. MTs Asy Syukriyyah memiliki 2 eskul wajib yakni Pramuka dan BPI (Bina Pribadi Islam). Eskul pilihan ada banyak sekali, yaitu; Futsal, Basket, Hadroh, Panahan, Tari Saman, Silat, Arabic Club dan English Club.




Kegiatan Siswa MTs Asy Syukriyyah

Insya Allah siswa dan siswi di sini akan memperoleh pengalaman yang luar biasa dengan adanya kegiatan siswa. Mereka dapat menimba ilmu dan mendalami pengalaman baru dari kegiatan berikut ini;


  1. LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa)
  2. Study Tour
  3. MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  4. PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)
  5. Sanlat dan Ifthor
  6. APIK (Ajang Perkemahan Islam dan Kreatifitas)
  7. Classmeeting
  8. Arabic and English Contest
  9. Manasik Haji dan Umroh
  10. Mukhoyyam Quran ( Quran Camp)
  11. Peringatan HUT RI
  12. Martikulasi Quran
  13. Khotmil Quran
  14. Pendampingan Pra Baligh Siswa dan orang tua siswa
  15. Rihlah kelas 9
  16. Akhirusannah
Fasilitas MTs Asy Syukriyyah

Selain program, kurikulum dan kegiatan siswa, para orang tua juga selalu bertanya, bagaimana fasilitas yang ada, apa saja dan bagaimana kondisinya. Berikut ini fasilitas yang diberikan oleh MTs Asy Syukriyyah.



  1. Kelas Intensif memiliki maksimal 25 siswa
  2. Kelas memiliki AC
  3. Ada CCTV
  4. Ada Masjid
  5. Memiliki Aula di atas
  6. Ada lapangan Olah raga
  7. Memiliki Laboratorium Komputer
  8. Memiliki Laboratorium IPA
  9. Memiliki Perpustakaan
  10. Tersedia kantin
  11. Pembayaran administrasi dapat secara online maupun offline.
Proses Belajar Mengajar MTs Plus Asy Syukriyyah

Berbeda dengan MTs lain, siswa dan siswi MTs Plus Asy Syukriyyah memulai kegiatan belajar mulai pukul 7 pagi untuk melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan zikir muhadasah (berhadapan). Kurikulumnya diberikan dari diknas, kemenag dan pesantren. Jadi, siswa dan siswi mendapatkan kurikulum plus, pesantren tetapi tidurnya di rumah. Program ini sangat cocok bagi orang tua yang menginginkan anaknya mendapatkan kurikulum pesantren namun anaknya belum bisa tidur di pesantren.



Lulusan MTs Asy Syukriyyah telah mendaftar ke jenjang pendidikan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Ada total 27 guru, kependidikan dan pegawai di MTs Asy Syukriyyah. Per kelas berisi 25 siswa dan satu angkatan berjumlah 270 siswa dan siswi. Adik-adik dapat menyelesaikan 3juz Al Quran dalam 3 tahun belajar di MTs Asy Syukriyyah.

Informasi Pendaftaran

Adik-adik dan para orang tua yang ingin mendaftarkan anandanya ke MTs Asy Syukriyyah berikut ini informasinya ya.



Waktu pendaftaran dimulai dari bulan November - bulan Mei, jangan sampai tertinggal ya. Akan ada tes psikolog dan tes wawancara untuk calon siswa. Biaya sekitar 10.900.000 dapat dicicil tergantung kesepakatan / MoU di awal. Informasi mengenai besaran SPP tahun ini adalah 850.000 dan uang kegiatan sebesar 240.000. Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri ya adik-adik dan juga para orang tua, yang menginginkan ananda masuk ke MTs dengan program setara dengan pesantren tetapi tidur di rumah. 

Media Sosial

Web : www.mtsasy-sukriyyahtangerang.sch.id
Instagram : @mtsasysyukriyyah
Facebook : mtsasysyukriyyah
Telepon : 021.55745556
Call Center : 081212330896

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih