13 May 2013

Cerita Tentang Acer Srikandi Blooger 2013 untuk Sahabatku

Advertisement
Untuk : Sahabat Wanitaku, di manapun kalian berada.

Sahabat wanitaku, aku akan menceritakan padamu tentang kegiatan sebuah komunitas para wanita yang suka menulis, khususnya menulis di blog. Komunitas itu bernama kumpulan Emak Blogger, atau bisa disingkat KEB. Menemukannya sangat mudah, karena KEB memiliki alamat media sosial dan blog. Jika kalian telah memiliki blog pribadi, setelah membaca ceritaku, pasti tertarik langsung bergabung. Namun jika kalian belum memiliki blog, tak usah berkecil hati. Artikel Blogging di blog KEB akan sangat membantu untuk membuat blog. Kalian juga nanti akan bertemu dengan Emak-Emak Blogger yang inspiratif, yang membagi ilmu dan informasi, jadi pengetahuan sudah pasti akan bertambah.

Sahabatku, aku cerita sedikit tentang bagaimana aku menemukan KEB. Ketika komputer rumah hanya menjadi media untuk browsing mencari menu masakan untuk anakku, berkomunikasi dengan teman di media sosial, aku merasakan jenuh. Kejenuhan itu aku pergunakan untuk mencari informasi bagaimana membuat blog, awalnya hanya sebagai catatan kehidupanku saja. Tahu tidak sahabatku? aku menemukan banyak sekali blog yang dimiliki oleh para wanita. Aku semakin semangat dan mengikuti blog tersebut, akhirnya ada sebuah logo berwarna merah muda tertulis KEB. Tanpa sungkan aku join dan mempercantik blogku dengan cara belajar sendiri. Semua itu, karena aku melihat blog-blog para emak di KEB tersebut, semuanya keren. Dari blog aku belajar bagaimana mengganti template sendiri dan kini, aku telah memiliki tiga blog aktif. Bagaimana dengan Kalian?

Foto dari KEB
Sahabatku, salah satu kegiatan terbaru dari KEB adalah ajang pemilihan Acer Srikandi Blogger 2013. Sebetulnya aku sedikit kecewa, karena persyaratannya menyebutkan : Mempunyai blog aktif dan update min.2 tahun. Namun, semua itu aku buat sebagai awal bahwa mulai hari itu aku harus lebih aktif mengisi blog dan berpartisipasi di grup KEB. Tahun depan aku harus ikut berpartisipasi, begitu juga Kalian yang telah memiliki blog dan belum bergabung di KEB. Inilah saatnya bagi kita, Sahabat wanitaku untuk mengaktualisasikan diri di era digital. 

Foto dari KEB
Hari Kartini, 21 April 2013 itulah, dewan juri yang terdiri dari Mak Wylvera Windayana (Ketua Panitia Srikandi Blogger 2013), Mak Lusiana Trisnasari (Makmin KEB), Mak Sary Melati, Mak Indah Julianti dan Mak Mira Sahid (Board KEB) mengumumkan sepuluh finalis dari lima puluh orang unggulan Srikandi Blogger 2013. Menurut dewan juri, bukan hal mudah mencari dan menentukan para finalis yang semuanya nyaris sempurna dengan kelebihan masing-masing. Sahabatku, penilaian dewan juri itu selain dari artikel yang diminta untuk dituliskan, juga dari isi blog tersebut. Jadi, ayolah Sahabatku, bersama-sama kita belajar menulis di blog, menulis yang bermanfaat, untuk berbagi dengan orang lain.
Para finalis itu, adalah sahabatku juga. Seperti Kalian juga, penuh inspirasi, tulisan mereka di blog sangat bermacam-macam. Ada beberapa yang kukenal akrab, ada yang sama sekali aku belum menyapanya. Namun dengan terpilihnya mereka, aku jadi mengenal dan mengetahui visi dan misi mereka ingin menjadi Srikandi Blogger 2013. Sebuah harapan bagi para wanita, aku dan Kamu supaya 'melek digital'. Era digital yang semakin merebak, bukan lantas sebagai ajang untuk berfoya-foya di media sosial. Dengan adanya ajang Acer Srikandi Blogger ini, diupayakan para wanita, untuk lebih memanfaatkan waktu dan kelebihannya untuk menulis yang bermanfaat di blog. Tahukah Kamu, Sahabat Wanitaku? aku juga kadang terinspirasi dari Kalian, Kalian yang lebih suka menulis status di media sosial dengan nada mengeluh, aku jadikan sebuah cerita pendek ataupun puisi sebagai bahan aku menulis fiksi  di blog.


Para Panitia.  Foto dari KEB

Sahabat Wanitaku, acara puncak dari ajang Acer Srikandi Blogger 2013 dilaksanakan pada tanggal 28 April 2013. Begitu meriah dengan dress code touch kebaya, hm...aku sungguh sangat beruntung berada di dalam komunitas yang benar-benar wanita namun kaya prestasi. Rinso Indonesia, dengan tagline "Berani Kotor itu Baik" menjadi salah satu sponsor pagelaran Acer Srikandi Blogger 2013. Oh, iya, KEB dan Rinso juga pernah bekerja sama dalam ajang lomba review buku Cerita Dibalik Noda, keren kan Sahabat Wanitaku?. KEB begitu ingin mengajak para emak untuk berlatih menulis, mengembangkan bakat dan menciptakan ruang positive untuk membagi informasi. Mengadakan lomba review buku salah satu contohnya.

Meskipun aku tidak hadir  di Gedung F Kemendiknas Jl. Sudirman, Jakarta untuk mengikuti secara langsung jalannya ajang Acer Srikandi Blogger 2013, namun hatiku ikut bergembira dan terharu.  Ada sebuah alasan yang  harus aku pertimbangkan, sehingga aku tidak hadir pada acara puncaknya. Namun aku akan menceritakan pada Kalian Sahabat wanitaku, karena aku bisa mendapatkan laporan acara ajang Acer Srikandi Blogger 2013 dari Facebook KEB dan dari website KEB serta dari tulisan para emak di blog pribadinya. 

Sahabatku, aku suka sekali dengan kemasan acaranya yang sederhana namun mengena. Sebuah Monolog yang dibawakan oleh Mak Wilvera Windayana dan sebuah lagu dibawakan oleh Bunda Fiki. Oh, iya Sahabatku, acara acer Srikandi Blogger juga dimeriahkan fashion show dari para emak-emak blogger yang cantik dan menawan. Para buah hati dari emak-emak blogger juga tak kalah seru ketika berlenggak-lenggok seperti para emaknya. Tahun depan, ayo Sahabatku, kita hadir dan memeriahkan ajang Srikandi Blogger 2014. Hadirin yang datang juga diberikan apresiasi yang luar biasa lho? Nah, seru kan? ada hadiah untuk busana terbaik dari yang hadir, kemudian live tweet, blog competition serta hiburan mini drama dengan tema berani kotor itu baik juga tarian yang menambah suasana mengharukan dan  sangat fenomenal bagi para emak blogger termasuk aku. Jadi, sudah siapkan Kalian, untuk membuka komputer, lapotop, notebook, tablet untuk mengganti sebuah status dan dituangkan dalam sebuah blog?

Puncak acaranya adalah pemberian award kepada para Srikandi Blogger 2013. Sahabatku, tak inginkah seperti para penerima award ini?. 
  1. Alaika Abdullah terpilih sebagai Srikandi Blogger 2013 mendapatkan hadiah berupa 1 unit Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), paket Rinso (2 dus) & Paket Wardah, serta mewakili KEB di Asean Blogger di Solo.  
  2. Anazkia sebagai Blogger favorite 2013 mendapatkan hadiah berupa 1 unit Acer Aspire E1-471. paket Rinso (2 dus) & wardah. 
  3. Myra Anastasia sebagai Blogger persahabatan 2013 mendapatkan 1 unit Acer Aspire E1-471. paket Rinso (2 dus) & wardah.
Wajah para Sahabat yang menangis haru, membuatku ingin mengajak kalian Sahabat Wanitaku, di manapun berada untuk bersama-sama menyukai menulis di blog, hal itu akan sangat bermanfaat bagi kita sendiri dan juga orang lain.

Mak Alaika Abdullah, Srikandi Blogger 2013, seorang wanita yang cerdas. Foto diambil dari KEB

Anazkia, Blogger Favorite 2013, yang rendah hati. Foto dari KEB

Myra Anastasia, Blogger Pesahabatan, ramah dan inspiratif. Foto dari sini

Panitia ajang Acer Srikandi Blogger 2013, juga memberikan dua penghargaan kepada Haya Aliya Zaki sebagai Blogger Inspiratif  yang mendapatkan TV, paket rinso & wardah. Haya Aliya Zaki tercatat sebagai mentor kelas editting, kelas ini aku ikuti dan berharap Kalian lebih bersemangat untuk bergabung dan mengapresiasikan kelebihan dalam bidang menulis. Penghargaan ke dua diberikan untuk kategori Blogger Life Time Achievement kepada Bunda Yati Rachmat, seorang blogger dengan usia diatas 70 tahun. Bagaimana dengan Kalian Sahabat Wanitaku? akankah Kalian hanya berkutat dengan memasang status saja di media sosial atau memulai untuk membuat blog dan mengisinya dengan hal-hal sederhana yang bermanfaat dan menginspirasi?

Haya Aliya Zaki, Blogger Inspiratif. Foto dari sini

Bunda Yati Rachmat. Foto dari sini

Sahabatku, bosankah dengan ceritaku? semoga tidak ya, karena apa yang aku ceritakan adalah sebuah karya dari para emak yang sangat konsisten untuk mengajak para emak lainnya untuk berbagi melalui blog. Aku sangat merasakan manfaat dari ngeblog, meskipun belum berprestasi, namun membuat orang lain menjadi tahu akan informasi yang aku bagi pada blog, itulah kenikmatan yang tiada tara. Terima kasih dunia yang menyajikan era digital sehingga aku berkenalan dengan komputer, internet dan menemukan passion dalam bidang menulis, belajar blog dan bertemu dengan kumpulan emak blogger yang kaya akan kreativitas. Sahabatku, senyuman dari mata ini menarikmu untuk segera mengaktualisasikan diri menjadi wanita yang siap menghadapi era digital.

Salam,

Astin Astanti
Sahabat Kalian

4 comments:

  1. Tulisannya keren juga hehehe..... :)

    ReplyDelete
  2. Hello. Jury visit. Semoga sukses :)

    ReplyDelete
  3. foto yg diambil lain daripada yg lain, keren mak..

    ReplyDelete
  4. Mak Dina : Makasih Mak

    Mak Lusi : tkanks Juri

    Mak Sri : yuuuk

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...