Skip to main content

Perempuan Bersahabat Dengan Internet


Perempuan, itu aku.
Perempuan memiliki sifat keingintahuan yang tinggi, segala hal ingin sekali ditanyakan oleh si perempuan, baik masalah dalam keseharian ataupun masalah yang paling pelik. Perempuan memiliki potensi diri yang lebih besar dalam hal rasa ingin tahu, mungkin karena perempuan saat ini memegang peranan hampir di semua bidang. Perempuan diharapkan mampu menangani berbagai hal, terlepas dari pendidikan dasar yang dimilikinya.

Perempuan itu aku, aku yang penuh rasa ingin tahu dan ingin segera mencari tahu jawaban atas apa yang ada dipikiranku. Masa aku kecil, aku bisa bertanya kepada ibu atau bapakku dan mereka mampu menjelaskan apa yang ingin kutahu, terbatas pada pengalamannya. Beranjak dewasa, perkembangan dan masa juga berubah dengan cepat. Aku menjadi gemar memasak dan menyukai bidang kepenulisan, memasak aku masih dapat bertanya kepada ibuku.
Hasil Ubek-ubek internet, sebagai kado untuk ibu mertua

Internet, salah satu perkembangan teknologi yang memudahkan perempuan.
Masa sebagai serorang mahasiswa di tahun 2000, aku baru mengenal era internet. Mungkin terlambat sekali ya? Itupun aku belajar dari kakaku yang juga baru menggunakan internet. Kami sama-sama belajar menggunakan internet di warnet depan kampus. Pengetahuan pertamaku dengan internet adalah penggunaan email.

Ternyata, dengan internet yang menggunakannya harus mengeluarkan uang tersebut, aku bisa melakukan apapun. Dengan email, aku mampu memangkas kertas dan perangko untuk mengirimkan sebuah kabar dengan temanku, dengan catatan dia juga terlebih dahulu sudah memiliki alamat email juga. Saat itu, muncul pro dan kontra penggunaan internet pada lingkungan internal kami. Ada bahaya yang menghadang kita yang aktif dengan internet.

Dulu, sebagai mahasiswa baru,mungkin akalku masih pendek dan mengeksplorasi internet tidak jauh dari email. Namun sekarang tahun 2014, pemikiranku akan internet berubah drastis. Apalagi sejak tahun 2012 setelah aku mampu membuat blog secara otodidak di tahun 2010 dan aktif kembali mengisi blogku setelah menemukan Kumpulan Emak Blogger. Komunitas yang beranggotakan para perempuan yang disapa dengan Emak tersebut, kutemukan saat aku berinteraksi lebih sering dengan internet.

Perempuan dan internet tidak bisa dipisahkan, tidak bisa dijauhkan.
Saat ini, Internet adalah sahabatku, dengan internet aku bisa bertanya apapun. Kemandirianku juga atas peran internet yang mungkin lebih dekat denganku daripada suamiku. Bisa begitu ya? Itu karena aku tidak perlu menunggu suamiku mengangkat handphonenya, aku bisa langsung menggeledah internet sekian detik jika ingin bertanya cara mengusir virus di komputer kantorku.


Aku juga mengenalkan internet kepada anakku, tentunya batas untuk belajar

Internet tidak mungkin dipisahkan dariku, dari seorang perempuan yang haus akan informasi dan pengetahuan. Kumpulan Emak Blogger mempertemukan aku dengan para perempuan hebat pada bidangnya. Mereka menjadi inspirasiku untuk senantiasa aktif dengan blog yang telah aku buat. Tidak hanya untuk blog, namun aku menemukan hobiku dengan bertemu mereka. Hobi tersebut sebenarnya telah ditekuni oleh ibuku sejak dahulu, baru saat aku tinggal jauh dari ibuku, aku menyukai merajut. Kemana aku belajar? Internetlah yang menjawabnya, aku berguru pada internet dan pada teman-teman di Kumpulan Emak Blogger
Aku bertemu dengan Mak Iprih (salah satu anggota KEB) yang mensupportku belajar merajut.
Salah satu hasil kreasi otodidakku, belajar dari internet

Kini, aku tidak perlu khawatir lagi akan bahaya internet. Aku berusaha memaksimalkan penggunaan internet dengan bijak dan sehat. Dengan pemikiran bahwa teknologi berkembang adalah untuk mempermudah segala sesuatu, tentunya dipergunakan dengan baik dan tidak disalahgunakan. Hampir setiap hari aku bersama internet. Internet adalah sahabatku, yang tidak mungkin dipisahkan dari seorang perempuan. 

FP KEB

TWITTER KEB

Comments

  1. Pagiii mak...aku ronda :)
    Setuju mak, gak kebayang kalau gak ada internet. Bisa mati gaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..wah..!! ibu-ibu blogger juga kreatif ya..!! Salam dah dari saya untuk semua...!!

      Delete
  2. Pagiii mak...aku ronda :)
    Setuju mak, gak kebayang kalau gak ada internet. Bisa mati gaya

    ReplyDelete
  3. Make Arin....aku terbangun do dining hair INI *pastinya,

    ReplyDelete
  4. mak astiiiin... setujuuu.. kalo ga da internet kita ga bakal bisa ketemuuu.. hihihi
    Seneng bgt, krn dgn internet kita ktm tmn2 yg hebat dan menginspirasi..
    ^^

    ReplyDelete
  5. please, jangan pisahkan aku dengan internet dan gadget ku...mati rasaaaa hihihi

    ReplyDelete
  6. Urusan masak aku sekarang nggak tanya sama ibu lagi mbak. Tanya ama mbah google ^^

    ReplyDelete
  7. bisa banyak belajar melalui internet ya mak, ga perlu kemana2

    ReplyDelete
  8. beneer haus bangeud akan inpoh
    ga onlen sehari, bagaikan merindukan sebulan ga ketemu kekasih :D

    sukses yaa !!

    ReplyDelete
  9. Mak Cova : Iyuuuk internet mendekatkan perempuan dengan sahabat...so bersahabatlah dengan bijak dengan inet...

    Mimi : Lagu, Mi...jangan pisahkan aku, dengan internet....tsjah

    ReplyDelete
  10. Mak Ika : Iyup Mak, kadang ibuku malah bilang..haduuuh kok masak yang repot2 siih? ibu gak ngerti...malah ibuku yg nyaranin coba buka di internet

    Mak Rahmi : Iyup Mak...

    ReplyDelete
  11. Mak Ika : Iyup Mak, kadang ibuku malah bilang..haduuuh kok masak yang repot2 siih? ibu gak ngerti...malah ibuku yg nyaranin coba buka di internet

    Mak Rahmi : Iyup Mak...

    ReplyDelete
  12. Mak Nchie : haus inpoh tyus miminya di inet...

    ReplyDelete
  13. kita memang harus selalu bersahabat dengan interneeet...supaya bermanfaat ya maak...sukses SB 2014nyaaa...

    ReplyDelete
  14. pagi mak, aku bangun langsung mau minta sarapan nasi kuning nih gudlak ya mak

    ReplyDelete
  15. Mak Indah : Iya Mak Indaah, makasih y

    Mak Hana : silahkan Mak, jujur looh the first time bikinnya..dan coz internet aku bisa

    ReplyDelete
  16. Bagus rajutannya. salah fokus ya? ini pujian kok.
    iya, internet itu sahabat wanita cerdas. selalu suka iklan sebuah produk di TV tentang pasutri muda yg memanfaatkan google untuk menyiapkan kedatangan bunda. moga bisa jadi iklan internet sehat juga.

    ReplyDelete
  17. Mak susi : Iya aku suka tuuuh iklannya, hihiii, makasih ya Mak susi, aku sedang belajar Mak

    ReplyDelete
  18. kayanya skrg ini kalo ga ada internet bakalan kiamat ya maaak...hehehe...

    sukses ya mak tanti.. semoga maju ke babak selanjutnya *peyuk*

    ReplyDelete
  19. keingintahuan saya pun saya cari lewat internet. sukses ya mak... :)

    ReplyDelete
  20. Internet juga sahabatkuuuu... :*

    ReplyDelete
  21. sahabat positif ya mak...jangan jauhkan ooh jika dunia tanpa internet tidaak!

    ReplyDelete
  22. Aku belajar prakarya juga dari internet kok Mak :)

    ReplyDelete
  23. Edapoenya : Aamiiin, makasih peyukannya

    Mak Santi : Makasih Mak

    ReplyDelete
  24. Mak Noe : sahabat kita semua Mak

    MAk Ida : Yuhiiii

    Mak Dey : Internet membantu aktivitas kita ya Mak

    ReplyDelete
  25. Internet sahabatku juga mak, banyak hal positif kudapt dr internet.

    ReplyDelete
  26. Hari gini gak ngenet, sesak rasanya Mak :-)

    ReplyDelete
  27. Mak Lianny : Yoooi, internet memudahkan pekerjaan kita sehari-hari, tanpa internet...banyak groginya ya Mak Rahmah.

    ReplyDelete
  28. Memang semua kendali di tangan kita ya mak, termasuk pilah pilih manfaat atas penggunaan internet. Setuju banget denganmu :)

    ReplyDelete
  29. Dini hari posting ^^ hihi...bagus mak...tulisannnua pada apik2 :")
    Aku nti juga mau ngajarin raffi internet :)

    ReplyDelete
  30. belajar apa aja dari internet.semua ada...sukses ya mak^^

    ReplyDelete
  31. Mak Uniek : yup, perempuan kudu kuat melawan emosi..hihii meskipun kadang dibilang emosi perempuan sangat labil...Tsyaaah...semoga emosi kita ketika sedang berada di ranah media internet terjaga yo Mak, aamiin.

    Mak Cucuth : Postingku jadwal Mak..hihiii, jadi bangun subuh dah muncul Mak Arin yang nyundul...hihiii Iya, kan banyak mainan edukatif di internet, dampingi Raffi yaa

    ReplyDelete
  32. Internet harus dimanfaatkan untuk sebesar-besar menambah ilmu pengetahuan ya Jeng. Bukan hanya sekedar untuk melihat sepatu,pakaian,tas, parfum, aksesoris di online store belaka.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  33. Iya Pakde, terima kasih untuk nasihatnya...tapi pernah ding, beli kaos buat anakku...sekarang dah enggk lagi.

    ReplyDelete
  34. Aku malah baru kenal internet th 2007 lo... itupun karena aku dipindahkan ke kantor yang baru. Seandainya aku tetap di kantor lama, pasti aku lebih telat lagi kenal dg internet hehehe...

    Kita bisa memanfaatkan internet utk banyak hal yg menguntungkan kita dalam menjalankan berbagai tugas kita :)

    ReplyDelete
  35. Wuih... tumpengnya cantik.
    Aku pun tukang googling Mak. Mau masak ini-itu, pasti nyarinya di Google. Hehehehe... ketahuan deh gak bisa masak. Sukseeees. ^^

    ReplyDelete
  36. Tahun 2000? Gak terlambat koq Mak ... saya baru kenal kira2 tahun 1998 (saya lulus kuliah 1997). Waktu itu belum banyak orang kenal internet.

    Btw sukses ya Mak :)

    ReplyDelete
  37. Mau tumpengg... Naa foto prakaryanya ada di sini. Cantik, Mak :)
    Semoga sukses buat Mak Astin ^_^

    ReplyDelete
  38. Berkat internet aku baruu tahu kalo nama kita kembar ya MakSista, tentunya lewat forum yang hebat ini...hehehe...Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  39. Waduh, ngrajut ya? Hehehee... Njlimet gitu gak bisa saya, jarinya kaku semua sih :D.

    ReplyDelete
  40. Bisa ngerajut mak, dulu...tapi sekarang lebih suka nyoba-nyoba resep masak. hihihi *mak astin kok ya sempet sempet nya?

    ReplyDelete
  41. Hihihi aku juga ga bisa merajuuut. bisanya merajut kasih sayang, hahahhaha. :D :D

    Btw, mak, perempuang memang harus bersahabat dengan internet, ya. ga boleh musuhan! :)))

    ReplyDelete
  42. Kalau saya belajar masak dari internet Mak he he

    ReplyDelete
  43. wah lihai merajut juga mak..daku pengeenn bgt bisa tp blm bisa sampe skrg hehehe..
    sukses utkmu mak .. *Hugs :)

    ReplyDelete
  44. Internet memang gudang informasi, informasi apa pun itu. Tapi, kalau masalah motor mogok masih tetap harus telp suami kan ya, Mba. xixixi

    Semoga lolos ke tahap berikutnya, ya!

    ReplyDelete
  45. betul maakkk setuju banget, internet sahabat terdekatku karena beberapa menit sekali aku butuh dia :p
    sama kenal ya mak Tanti..

    ReplyDelete
  46. jalan-jalan siang mak
    kalo internet tak ada, waaaah .. nggak kebayang deh ;)

    ReplyDelete
  47. setuju mak, internet adalah sahabat perempuan asal dipergunakan dengan baik dan benar

    ReplyDelete
  48. Setuju Mak..aku juga byk belajar dari internet..:)
    Eh..hasil rajutannya manis lho Mak Astin..:)

    ReplyDelete
  49. Mba Reni the other : Yang penting sekarang sudah nyaman ya Mba bersama internet.

    Mba Nia : hu-uh, karena internet gudangnya informasi, ambil positifnya...kalau mau masak tingal klik klik dan klik...

    ReplyDelete
  50. Mba Niar : Waaah 1997 lulus kuliah? dah kenal internet...beruntung ya Maak, aku 1998 baru di SMU.

    Mba Riana : hihiii tumpengnya baguskaaan? hihii puji diri sendiri, hasil googling di inet

    ReplyDelete
  51. Mak Tanty : Iya...Maak...

    Mak Lusi : iya Mak..jariku jadi kaku tur merah-merah, tapi kalau lihat hasilnya...wooow

    ReplyDelete
  52. Mak Nurul : merajt mengasyikan apalagi ditemenin internet

    Mak isti : kalau musuhan nanti rugi sendiri

    ReplyDelete
  53. Mak Heni : Internet sangat membantu ya Mak

    Mak Emmy : iyuuup...makasih yo Mak

    ReplyDelete
  54. Sukses Mak Tanti..dengan rajutanya...

    ReplyDelete
  55. Merajut itu butuh ketelatenan khusus kan, Mak. Salut deh, dirimu bisa belajar otodidak dan telaten sampai berhasil.

    Sukses ya dgn Srikandi Bloggernya.

    ReplyDelete
  56. Mak Rajutannya keren. Warna hijau lagi. Mantafff ^^b

    ReplyDelete
  57. top banget... dari internet bisa jadi prakarya keren... :D

    ReplyDelete
  58. Mak...wajahmu imut banget yah..aku pengen loh belajar merajut kayak gitu, tp ntrh knpa aku ini ga telaten :(

    ReplyDelete
  59. Mak aku suka rajutannya. Lucu dan warnanya keceh ^^b

    ReplyDelete
  60. betul mak.. internet seperti dua sisi mata uang...tergantung bagaimana kita memanfaatkannya..sukses yaa:)

    ReplyDelete
  61. Hai Mak, MakJur visit nih. Sukses yaaa :)

    ReplyDelete
  62. internet apa aja ada, tergantung mau buat apa ya mak

    termasuk cari resep bikin tumpeng yang sukses bikin saya ngiler

    ReplyDelete
  63. Wuih baru tahu dirimu suka merajut, keren :)
    Setuju, tanpa internet emak-emak bisa mati gaya :D
    Goodluck ya.

    ReplyDelete
  64. wah pinter merajut...ajarin aku bikin syal donk mak :)
    sukses yaa

    ReplyDelete
  65. Kunjungan Makjur yang paling terakhir. Goodluck, mak :-*

    ReplyDelete
  66. Tok...tok.... tamu jauh mampir nih. Mak Tanti, kamu benar. Perempuan sekarang tidak bisa dijauhkan dari internet. Karena internet jadi sumber segala sumber informasi. Sukses selalu ya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…