15 Apr 2014

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.

Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.

Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.

Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak anakku. Suamiku mematikan satu persatu listrik dengan ancang-ancang kaki keluar pintu. Sepeda motor juga dikeluarkan *haduuuh...pikirku enggak karu-karuan after subuh itu. 

Anakku bertanya *kenapa kok ada suara itu? haduuuh, suamiku saya lihat juga enggak berani mendekati tabung elpiji tersebut. Tetangga sebelah kebetulan sedang mencuci *bapak-bapak siiich, saya minta tolong untuk mendekat, dan dia tidak berani juga. Alamaaaak, dia juga bingung namun berpikiran santai, jika api sudah dimatikan semoga tidak terjadi apa-apa.

Ya Allah, saya bingung, mungkin suamiku juga bingung berlipat ganda. Bolak-balik dia masuk rumah namun tidak mendekat ke tabung elpiji di dapur. Hampir 20 menit, suamiku memberanikan diri dan membuka pintu tempat elpiji berada. Saya dengar dari luar sudah tidak terdengar suara ngiiing tersebut.

Suamiku membawa si hijau itu ke luar, namun bau gas masih menyengat sekali. Hilang kemudian semangat untuk menyambut hari ini. Ketika kami bercanda di kamar, saya tanya suamiku, tadi takut enggak? jawabnya yang penting sudah antisipasi, kalian keluar rumah. Haduuuuh biyung, kalau ditanya kepada saya, jujur saya berharap semuanya baik-baik saja, trauma atau takut, itu bakalan menghambat kadatangan hari esok.

Dari googling, saya belum mendapatkan adanya bunyi elpiji yang *ngiiiiiiiing begitu, adakah diantara sahabat yang pernah mendengar bunyi dari tabung elpiji seperti itu? saya masih mengumpulkan informasi, kenapa bisa bunyinya seperti itu? Ya Allah terima kasih, Engkau memberikan keselamatan kepada kami.

Salam
Astin


46 comments:

  1. Ya Allah, Maaak! Saya bacanya sampe ikut deg2an. Itu gimana terusannya, sekarang udah ga papa? Saya ga ada pengalaman kayak gitu sih. Dan syukurlah di sini (jepang) kami ga pake gas tabung, tapi langsung dari pipa yg tagihannya dibayar tiap bulan kayak tagihan listrik gitu.
    Semoga baik2 aja ya Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen 2 tahun baru kubales, hiks. Alhamdulillah setelah itu ganti gas dan regulator. Sekarang pakai gas pink

      Delete
  2. kalau aku lihat Bapakku pasang elpiji, sebelum dipasang malah direndam di air dulu *bukan direndam semalaman* dilihat apakah ada gelembung air atau tidak, kalau ada gelembung, berarti bocor. Pas di rumah sendirian gak ada ortu, selalu pesan kalau di dapur bau gas, selangnya langsung dicopot aja, insha ALLAH sudah aman, cz di dalam tabung gas itu sendiri sudah ada pengamannya, kalau bau gas jangan menyalakan alat-alat listrik, misalnya menyalakan AC karena bisa memacu adanya percikan api, gitu aja sih Mak :D

    doooh jadi panjang ya komentarku :D
    semoag tidak panik lagi Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah pesannya saya simpan ya. Listrik sama api ya, jauh jauhin. makasih banyak dek sharingnya

      Delete
  3. ya allah mak,untung gpp ya...saya belum pernah dan semoga g terjadi,cuma bau aja...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah bisa diatasi ya Mak. Aku sendiri belum pernah ngalamin hal itu. Semoga selalu dijauhkan dari keburukan.

    ReplyDelete
  5. Saya juga belum pernah mak Kalo berbunyi seperti itu..paling2 Kalo mau abis bau gas nya suka keluar dan kalau lagi masak Kalo deket2 gas kedengaran bunyi ssssss gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunyinya khas ya, ink ngiiing kenceng sekali, teh

      Delete
  6. Allhamdulilah gak ada aa-apa ya mal. Apa ada yang bocor mungkin mak di selangnya

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah masih selamat ya mak,,,Allah masih melindungi kita,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillahnya lg bunyi. Takutnya kan selang atau tabung bocor digigit tikus

      Delete
  8. Mungkin Mak bisa tanya-tanya ke pihak yang lebih ngerti soal elpiji.. siapa tau ada di twitter :D *maaf saran saya tidak membantu :v

    ReplyDelete
  9. Aduh, saya bacanya ikutan takut :(
    Saya parno banget sama gas, mau nyalain gas aja parno dan harus berdoa dulu.. pengennya sih pakai kompor listrik, tapi biaya listriknya muaaaahhaalll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Listrik mahaaal yaaa, trus gak bs barengan pakai ac atau apa yg wattnya tinggi

      Delete
  10. Barusan saya bgitu bund.. saya biarkan karna suami ga ad.. saya bingung ni bau gas kemana2. Saya diamkan aja atau bgaimna ya bund..? Takuut. Saya nulis sambil diluar rumah..

    ReplyDelete
  11. Matian aliran listrik, cabut selang dr tabung

    ReplyDelete
  12. MOrning.... lagi masak ketupat baru 1 jam setengah, tiba tiba ada bunyi 'ngiiiiiiii', langsung ku matikan kompor, bingung bunyinya dari kompor tapi gimana cara matikanya, belum takut, karena bau gas sedikit, aku bangunkan suamiku, dia malah suruh aku cabut batre kompor (karena kompor tanam), waktu ku bilang takut, suami malah marah, sebel bgt yeee... akhirnya aku beranikan diri cabut batre, tapi masih ada bunyi 'ngiiiiii' akhirnya aku beranikan cabut gas dengan menutup kepala ku dgn handuk yg sdh aku basahkan, huffffttt akhirnya ....

    Tapi kupatku gimana??? hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebaran tanpa ketupat ye jadinya. Alhamdulillah ya gak panik.

      Delete
  13. Lho ada yah mak yang bunyinya LPG sampai gitu? Saya selama pakai alhamdulilah gak pernah seperti itu, ih ngeri deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, banyak sekali malah yg punya pengalaman yg sama

      Delete
  14. Sama mbak ini saya lagi ketakutan kenapa gas bunyi ngungg. Gas yg 3kg.
    Td sempet berent bunyi-berhenti bungyi trus makin kenceng lagi.kenapa yaa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, saya blm menemukan kenapa bunyi ngiiing gt

      Delete
  15. kalo bunyi suka takut meledak :(

    ReplyDelete
  16. Yang serem itu kalau penampakan tabung elpijinya sudah penuh karat. belum dipasang kadang sudah ragu dengan keamanannya. Semoga cepat diganti dengan si pink yang kelihatannya tabungnya lebih kokoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, saya sudah ganti yg pink. Duh saya lihat tabung ijo klo turun dr mobil itu suka dilempar lempar dan saling adu tabung. Mungkin itu yg menyebabkan tabung ijo gampang rusak

      Delete
  17. Waahh tabung gas ijo itu memang suka bikin dag dig dug dr dulu yaa.. Jd udah ketauan blm mba, penyebabnya kenapa? Aku kalo yang ijo memang ga berani pake sejak dia sering meledak dulu itu. Akhirnya dr awal nikah, pilih yg biru walo kita jarang masak :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaai, sudah beberapa bulan yg lalu sudah ganti gas pink. Awalnya mau ganti blue gas cuma takut susah mendapatkannya.

      Delete
  18. Ini Bari kejadian saya lagi asik nonton TV tiba2 ada bunyi nyaring banget setelah dicari asalnya dari tabung gas saya takut karena saya nggak ngerti gimana hilangin bunyi nya akhirnya saya nekat cabut selang dari tabung gas tpi bau gas masih kecium...mana harinya lagi hujan Ama petir saya jadi takut saya sendirian dirumah saya anak kuliah yg merantau jadi apa yg harus saya lakukan lagi Say sangat takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluarkan tabungnya dan jangan nyalain api atau rokok

      Delete
  19. Ngeri amat mbak, saya biasanya kalau kecium bau aja udah langsung lepas aja nggak usah masak, deh. Tapi, biasanya sih ketika gasnya mau habis aja...kayak tekanannya berkurang gitu..serem ya... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, gas mau habis, kadang bau ya. Aku dunia pergasan ngeri mbak.

      Delete
  20. Tadi pagiiii lg masak air tiba2 gas abis. Lgsg ganti sama tabung yg baru. Engga ada kendala. Cuma ko tungku yg sebelah gamau nyala. Tp sbelah lg apinya kecil. Tiba2 bau gas menyengat dan bunyi wuss wusss gtu.
    Trnyata tabungnya bocorr.
    Buru2 lepasin regulatornya ,lari2 kcil ke warung dimana tmpt kita beli tabung gasnya.

    Pas smpe tu wrung mreka nolak dbalikin alasannya tabung gas yg ready sudah habis ( kezeel)pdahal tgl terima aja gausah diganti yg baru gpp.
    Daripada debat sama bu ibu dan jd perhatian orang2.

    Akhrnya bawa pulang lg, trs pindahin ke halaman rumah biar kena angin. Smua kelistrikan kita matiin dlu,krna yg aku baca2 bisa meledak đŸ˜­đŸ˜­ngeriiiii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kok enggak kau diganti ya? aku selalu minta pasangin mbak, meski ada suami, aku minta yg bawa yg pasangin, biar nyaman.

      Delete
  21. meski konteksnya tidak sama persis, soal tabung melon juga pernah ngalami. seperti ada suara gak biasa (agak lupa saking panik) apalagi pengalaman ada budhe yang jadi korban tabung meledak hiks...pokoknya cabut selang gas dan matikan api. UDah cara antisipasi pertama. MAkasih ya mbsay udah share hal2 penting ini

    ReplyDelete
  22. itu biasanya ada bocor, kalo nggak kadang ad airan yang kejebak diantara tabung dan regulator. sblum dipasang itu di balik dlu mbak tabung nya biar cairanya keluar smua

    ReplyDelete
  23. Saya juga sampai sekarang saya gak berani kalo disuruh pasang gas.
    Pernah kemarin saya masak air kelupaan sampai hampir 1 jam lebih. Begitu ingat langsung cepat2 matikan kompor, habis itu dari tabung gasnya keluar bunyi mendesis, ditunggu beberapa lama gak hilang2. Saya takut luar biasa, apalagi waktu itu sendirian di rumah. Langsung buru2 lari ke ruang depan dan telepon ibu biar cepat pulang. Begitu dicek sama ibu, ternyata mendesis karena mau habis.

    ReplyDelete
  24. Articel bermanfaat...Selalu hati-hati mesang regulator gas dan teliti tabung gas saat beli gas...terima kasih sudah berbagi pengalaman mba.

    ReplyDelete
  25. Serem deh kalau bicara tabung gas,,,sering ngalami karet ditabungya suka sudah pada rusak.

    ReplyDelete
  26. Emak ku paranoid banget kalau dengar Gas LPJ berbunyi
    akunya juga gak paham mengenai dunia perkomporan.

    ala hasil nunggu bapak pulang dulu.
    Apalagi kalau udah bunyi dan berbau gas, kegiatan masak memasak otomatis berhenti total sampai gas diperbaiki sama bapak.

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih