Skip to main content

Tips Mengatasi Wastafel Mampet

Jujur, yang paling sering berada di dapur memang aku, tapi yang lebih paham ada apa dengan dapur ya si embak di rumah *teteeup. Aktivitasku hanya memasak dan mencuci piring ringan, si embak membantu mencuci yang paling terakhir untuk memasak, penggorengan-lah, panci-lah...hihii.

Nah, suatu hari aku melihat wastafet tempat mencuci peralatan dapur kok terkepung air, airnya lama sekali turun. Aku tanya si embak, dan dia hanya bilang "nanti juga turun kok bu". Oh..betapa pasrah dan sabar dirimu, Mba.

Giliran aku, hari Minggu adalah hariku yang sangat super sibuk, kalang kabut dong akunya, air gak mau turun dan lama sekali. Aku bilang ke suamiku, belum mendapatkan penyelesaian, hari Minggu adalah harinya bekerja. 
Oke, done, aku menggunakan air panas yang aku siram ke lubang pembuangan air wastafel, hasilnya rada lumayan, tapi tidak membantu.
Buatku, area dapur adalah area paling vital untuk emak anak satu, bekerja di luar rumah dan sebentar lagi punya dede baby. Untuk membongkar saluran air yang mampet juga tidak mungkin kan, itu bukan rumah aku, untuk ongkos tukang juga, mending buat beli baju dede baby-kan? jadi solusinya?
Ahaa..aku inget wastafel kantor pernah macet dan si OG yang aku tanya langsung memberikan contoh senjata ampuhnya. Apa itu? Iyes-Soda Api.
Aku sampaikan informasi ini ke suamiku, belinya di toko material ya, bi. Nah, sebelum menggunakan soda api, aku hunting di beberapa artikel yang kutemukan di google. Supaya paham benar apa yang dimaksud dengan soda api.
Soda Api itu Natrium Hidoksida(NaOH) pantesan bentuknya mirip kali ama garam. NaOH terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida yang dilarutkan dalam air.
Karena merupakan senyawa kimia, aku hunting berbahayakah soda api itu? waaah..ternyata jika, benda-benda yang menyebabkan saluran air tersebut tersumbat sudah mengeras, maka soda api malah akan menghancurkan pipa paralonnya...jadi galau, lebay plus ngeriiih. Kalau pipanya rusak? biayanya tambah bengkak dong ach.
Jadi, solusinya...bijaklah menggunakan soda api, jangan terlalu banyak yaa..mentang-mentang soda api bisa mengatasi masalah 'mampet'. Hm...setelah itu bijaklah untuk menggunakan wastafel, meskipun sudah ada alat penyaringnya, jadi repot gini, kan.

Salam
Astin

Comments

  1. Wah baru tahu mak..mksh ya.catet.....

    ReplyDelete
  2. Aku juga pernah pake soda api, efeknya ya gitu agak medeni :D

    ReplyDelete
  3. Kayak apa wujudnya, Mak? Gak mudeng. Tak googling, yes.:D

    ReplyDelete
  4. lha,. trus jadinya saluran wastafelnya di perbaiki kek gimana mbak?

    ReplyDelete
  5. Belom pernah mampet sih, Mak kalo rumahku. Kalau rumah mama pernah, dan akhirnya dibobok, dibongkar, hahaha...

    ReplyDelete
  6. kalau air panas sudah pernah saya coba mbak, tapi ndak berhasi. Sedangkan soda api sih pernah berhasil tapi waktunya cuma sebentar :D oya salam kenal ya

    ReplyDelete
  7. Iya pakai soda api ... tapi di toko obat dan apotik ada merk paten lain ... bisa juga dicoba karena saya pakai itu. Nice :)

    ReplyDelete
  8. hati2 juga jangan sampe soda api kena tangan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…