Skip to main content

Cara Membuat Sate Tempe Menggunakan Happy Call

Alhamdulillah akhirnya dengan perjuangan panjang dan penuh lika dan liku, saya bertemu dengan happy call. Terima kasih untuk suamiku yang telah mengijinkan saya membeli barang yang menurut saya masih mahal, happy call. Semenjak tinggal di Semarang tahun 2010, saya mengidam-idamkan memasak menggunakan alat diet ini. Mengapa alat diet? karena happy call bisa memasak tanpa menggunakan minyak, dan saya sudah membuktikannya.

Semenjak ada happy call di rumah, saya jadi rajin berselancar ke internet. Ya, sementara memandangi saja catatan resep-resep tersebut, karena ada satu barang lagi yang masih proses pengajuan. Semoga di acc oleh suami yang ganteng itu. Sudah ada beberapa masakan yang saya eksekusi mengunakan alat diet ini. Ada bolu kukus ala ala Chef Asty (masih gagal ), martabak mie (good), Crepees (sedikit gagal), Pisang bakar cokelat keju dan Sate Tempe.




Sate Tempe Menggunakan Happy Call?


Membuat sate tempe menggunakan happy call? emang bisa? kan nanti enggak ada bara yang menyala? enggak ada pembakaran yang sempurna #tjiah. Karena ingin mencoba, saya langsung mengeksekusi tempe menjadi sate tempe ala Chef Asty.

Saya membuatnya diam-diam dalam dapur yang minimalis, karena takut ketahuan Faiz, nanti gagal kejutannya. Tempe ini selalu ada di lemari es di rumah, karena suami suka sekali olehan dari tempe. Saya lebih suka menjadikan tempe menjadi tempe mendoan ala ala di kampung halaman. Kalau suami menyukai tempe orak arik namun yang rada basah. And how about sate tempe? belum pernah mencoba sich.

Memutuskan menggunakan alat diet ini, karena permukaan dalam pada happy call berbeda satu sama lainnya. Ada yang halus, saya gunakan untuk menumis, membuat cake dan satu permukaan lagi, tidak halus, ada garis garis yang menonjol dan saya berpikir, bisa nich untuk memanggang sate tempe.

Cara Membuat Sate Tempe


Saya akan jelaskan cara membuat sate tempe dengan langkah yang pelan-pelan dan sampai akhir. Pertama-tama, akan saya ceritakan bumbu yang perlu disiapkan,

Bahan-bahan membuat sate tempe:

  1. Tempe satu papan
  2. Bawang putih 3 buah
  3. Bawang merah 5 buah
  4. Merica seperlunya
  5. Garam dua sendok
  6. Kecap secukupnya
  7. Margarin secukupnya
  8. Gula merah secukupnya
  9. Air matang secukupnya
  10. Tusukan sate 

Cara membuat sate tempe:

  1. Potong dadu tempe, seukuran 2 cm
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, garam hingga halus (bumbu ini untuk membuat semur tempe)
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan,
  4. Masukkan potongan tempe,
  5. Beri kecap, gula merah, air dan koreksi rasanya
  6. Jika air sudah berkurang, angkat,
  7. Atur potongan tempe pada tusukan sate
  8. Panggang dalam happy call dengan cara seperti pada gambar,
  9. Balik jika sate telah berwarna cokelat agak hitam sedikit,
  10. Sajikan bersama bumbu kecap
  11. Bumbu kecap, irisan bawang merah, cabe setan dan tomat.


Sate Tempe Telah Siap


Saat memanggang sate tempe, mungkin aromanya sampai ke kamar. Suami ke luar dari  kamar dan bertanya, apakah sudah boleh menikmati sate ayam? hihiiiii...emang ada ayam di rumah ini? siapa juga yang membuat sate ayam.

Lalu suami mengambil satu tusukan sate tempe, hm...tempe? kurang kerjaan amat, tempe disate? dan anak lelaki saya juga terkecoh. Mengambil satu tusukan sate tempe, dan balik bertanya, ini rasanya bukan seperti ayam mi? kok seperti tempe? ehheee, kejutan berhasil dan Fira juga menikmati sate tempe buatan saya.

Rasanya memang sama seperti sate ayam, aroma yang keluar dari pemanggangan alat diet tersebut lumayan keras. Sate tempe hasil olahan dari dapur menggunakan happy call, mampu mengecoh yang mencium dan melihatnya.

Jadi, mau masak apa hari ini teman? sate tempe juga lumayan sebagai menu variasi dari temp, buatnya juga enggak ribet kok. Jika tidak ada alat pemanggang atau happy call ini, bisa juga menggunakan pan dadar, tapi hati-hati ya. Alhamdulillah sudah ada happy call atau yang bisa dipergunakan sebagai alat diet ini.


Comments

  1. sepertinya enak nih mbak satenya..incip2 donk...

    ReplyDelete
  2. Aih Mbak. Langsung inget happy call yang jamuran di rumah. Langsung niat masak lagi inih sayah. Huehehe.

    ReplyDelete
  3. Sate tempenya enaak niih, tambahin acar timun deh biar seger hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah bikin acar, nanti lain kali coba dech y

      Delete
  4. kalo bikin pake tahu bisa gak yah. Aku gak gitu suka tempe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahunya diperes, ditempel ke tusukan sate, kek sate lilit bali, mungkin bisa..

      Delete
  5. Wah, pas banget nih nenekku ada Happy Call, bisa minjem, hehehe. Dan aku juga pesco-vegetarian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok nich sate tempe ala ala aku..hihii

      Delete
    2. wah klop nih..yang dah pada punya happy call :D

      Delete
  6. Wah, dikau kreatif sangatlaaa. Jadi pengin coba. Suamiku juga doyan tempe. Btw, cabe setan itu apa, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabe setan disebut di sini, cabe merah gemuk kecil itu loh Mba, hehehe cabe rawit

      Delete
  7. wah mantab nih masakannya...kayaknya perlu beli alat gituan ya...harganya berapa mbak... :D

    ReplyDelete
  8. pake bumbu bacem sama ga ya hasilnya mak? kreatifnya dirimu sampe tempe disangka ayam.. mau ngecoh anak2 juga ah, eh salah, mau bikin sate tempe juga aah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama keknya aku kalau mbacem juga kek semur, cuma kalau bacem gak pake merica kali ya...ama klo bacem, ibuku suka pakai santan loh

      Delete
  9. maukkk, boleh dilempar ke karawaci mba astin. hehehe

    ReplyDelete
  10. mantap nih, saya coba juga resepnya dirumah :)

    ReplyDelete
  11. Sate tempe, pake caos enak kali ya?

    ReplyDelete
  12. Wah unik juga ya sate tempe, kapan-kapan mbuat ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudunya diselingin kali ya Mbak, tempe sama bawang merah ato paprika

      Delete
  13. kreasi resepnya bisa ditiru ya mbak astin...jarang nemu yang kayak gini :)

    ReplyDelete
  14. hm..tempe disate? yang penting tampilannya menggoda dan bikin orang terkecoh :D

    ReplyDelete
  15. wah itu sate tempe terlihat bikin laper aja, apalagi sambel kecap nya sepertinya lezat euy. Ngileeeer

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…