Skip to main content

Resep Camilan Pisang Panggang Cokelat Keju

Siapa yang tidak suka camilan? suami saya yang katanya ingin menurunkan berat badannya, bisa juga menghabiskan camilan yang saya buat. Camilan yang tersedia di rumah juga camilan sederhana yang berbahan baku mudah didapatkan. Ingin sich, membuat camilan yang aneh-aneh, tapi ada daya dapur belum siap untuk bekerja sama denganku. Jadi sementara saya membuat camilan dengan bahan yang mudah didapat dan cara membuatnya juga mudah.

Salah satu camilan yang paling sederhana adalah pisang panggang cokelat keju. Buah pisang mudah kan ditemui di pasar? atau jika yang memiliki kebun pisang, boleh banget tuh untuk dikirim ke saya, untuk dibuat camilan. Pisang yang dicoba untuk membuat pisang panggang ini, pisang kepok. Saya membelinya di pasar luar kompleks, bisa ditawar harganya. Kalau di dalam komplek perumahan harganya tinggi sekali dan tidak bisa ditawar. Mentang-mentang di perumahan gitu? harganya dinaikan? padahal kualitas dan kuantitasnya sama, lho *sudahlah lupakan.

resep pisang panggang cokelat


Pisang Panggang Cokelat Keju


Musim dingin seperti ini, camilan paling sering dicari, entah beli entah buat. Kalau tidak ada bahan-bahan untuk membuat camilan dan malas keluar, apalagi abang penjual aneka kudapan enggak datang, ya mie rebus dengan tiga cabai setan (rawit merah gendut) yang menjadi camilanku. Sehat? kalau tidak sering-sering enggak apa kan ya?

Kemarin ceritanya saya ke pasar, mampir ke kios abang penjual pisang. Ada banyak sekali dagangan pisangnya. Ada pisang ambon, pisang kepok, pisang uli, pisang raja bandung dan pisang byar. Di pasar ini, boleh juga menawar tapi paling harga yang menentukan abangnya. Contohnya saya membeli pisang kepok, harganya 25 ribu rupiah. Saya tawar menjadi 15 ribu, dapatnya 20 ribu.

Pisang kepok dibawa pulang dan informasi abangnya warna kuning, buat digoreng enak, dikukus enak apalagi untuk dipanggang *teorinya. Sampai di rumah, saya membuat pisang panggang dech, diberi topping susu, cokelas meses dan keju parut. Membayangkan bakalan mendapatkan pisang kepok berwarna kuning, lembek setelah dipanggang dan legit dengan topping susu kental, cokelat meses dan keju, hm...bayanginnya enak.

Setelah pisang kepok dikupas, warnanya putih bu, dan saya sukses untuk dibohongi *plaaaaak. Apa boleh buat, semoga pisang kepok putih rasanya manis juga seperti pisang kepok kuning. Sewaktu di panggang, pisangnya juga gak lembek, biasanya akan lembek dan mengeluarkan aroma yang segar khas pisang. Ya sudahlah, Faiz yang biasanya menyantap lahap, hanya beberapa yang dimakan. Besok lagi, minta abang penjual pisang untuk membuka terlebih dahulu pisang kepoknya. Ini saya tulis resep camilan pisang panggang cokelat kejunya ya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Pisang Panggang Cokelat Keju

 

resep pisang panggang cokelat keju

  1. Pisang kepok kuning, satu epek (?)
  2. Margarin untuk mengoles panggangannya, saya mengunakan happy call
  3. Susu kental manis satu/ dua sachet
  4. Cokelat meses secukupnya
  5. Keju chedar diparut dengan parutan keju ya. Waktu itu kebetulan stcoknya yang melt.
Bahan-bahannya mudah kan untuk ditemui dan biasanya di rumah-rumah juga sudah tersedia untuk menyantap roti tawar.

Cara Membuat Pisang Panggang Cokelat Keju


resep pisang panggang cokelat keju
  1. Pertama-tama kupas pisang kepoknya
  2. Panaskan margarin di atas wajan panggang/ happy call/ teflon
  3. Tekan pisang menggunakan garpu
  4. Masukkan ke dalam wajan panggangan
  5. Balik jika warnanya sudah cokelat kekuningan
  6. Letakan dua-tiga pisang pada piring
  7. Beri susu kental manis, taburi cokelat meses dan taburi keju parut
  8. Sajikan selagi hangat. 
Bagaimana? sangat mudah sekali kan cara membuat camilannya? Masih penasaran untuk membeli pisang di abang penjual pisang di pasar, siapa tahu bisa membuat aneka camilan yang lainnya. Apakah akan kena tipu lagi? atau ada yang mempunyai bibit pisang kepok kuning? saya dengan senang hati menerimanya, tapi bingung mau ditanam di mana ya?  [2015:11]

Comments

  1. Camilan ini sering aku bikin di rumah. Paling cepet bikinnya soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Fit, paling mudah dan paling praktis

      Delete
    2. wah kalau mudah dan prktis
      pasti si kecil suka : )

      Delete
  2. wah enk ni kayaknya...aku kok blm prnh nyoba ya...sungguh, sedihnya tuh di sini :D

    ReplyDelete
  3. Pake keju mozarella bisa meleleh kayak pizza nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, panas-panas pisangnya lalu ditaburin

      Delete
  4. pas banget aku belum sarapan nih Astin, minta pisang panggangnya dong

    ReplyDelete
  5. Duh..jadi pengen bikin. Tapi ibu warung sukanya jual pisang uli. Jarang jual kepok. Nanti deh kalo ke pasar aku beli

    ReplyDelete
  6. simpel ya mbak..sering juga bikin di rumah, cuma klo pisang keok sukanya agak keras gitu, harus bener2 dipastikan udah matang spaya pas dibakar lembu. anak2ku sukanya yang lembut pisangnya.

    ReplyDelete
  7. gampang resepnyaa. okeee nyontek dulu ah. maaciw resepnya umi, rajin banget deh

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. aku juga sering banget bikin pisang keju di rumah. paling gampang sih, sudah gitu tetanggaku kan baik2 klo panen pisang ga tanggung2 setiap minggu ada yg kasih pisang. alhamdulillah rejeki mamak solehah :)

    ReplyDelete
  10. Ini yg aku kangenin juga. Pisang di sini kan cavendish semua, kalo dipanggang jadi lembeeeek. :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…