20 May 2018

Tips Menyusun Menu Buka Puasa Ramadan Supaya Badan Tetap Sehat dan Bugar



[Kitchen] : Menyusun Menu Buka Puasa



Salah satu pekerjaan ibu rumah tangga saat Ramadan adalah menyusun menu buka puasa lengkap dengan takjilnya. Seorang ibu akan sangat memperhatikan daftar belanjanya, supaya dapat membuat menu buka puasa yang sehat, bergizi dan menyenangkan untuk semua anggota keluarganya setelah satu hari berpuasa.



Tahun ini, anak sulung saya sudah berpuasa penuh mulai adzan subuh hingga adzan maghrib. Usianya sudah 8 tahun dan sudah mengerti inti dan makna berpuasa. Tahun-tahun lalu, anak sulung saya baru ikut menyemarakan puasa dengan bangun sahur dan berbuka saat dia tidak mampu untuk meneruskannya.


Jadi, saat saya sedang menyusun dan menyiapkan menu buka puasa, benar-benar harus berdiskusi terlebih dahulu dengan anak sulungku ini. Alhamdulillah, soal makanan, anak sulung saya ndak pernah neka dan neko. Sayur kangkung dan gorengan tahu saja, bisa masuk ke dalam perutnya. Nah, kalau sudah menikmati menu sederhana, baru dech, makanan setelah sholat tarawihnya apa yang dia minta. Misalnya ada martabak manis atau menyeduh minuman cokelat atau menikmati es kepal skippy buatan saya sendiri.

Tips Menyusun Menu Buka Puasa


Menyusun menu buka puasa, ada hal yang harus diperhatikan loh. Saya selalu menekankan kepada anak, untuk berbuka dengan teh manis hangat terlebih dahulu dan menikmati takjil sederhana. Setelah itu baru makan berat setelah sholat maghrib. Boleh mengkonsumsi es atau air dingin, tapi melihat kondisi tubuh setelah sholat tarawih. Mengapa tidak boleh langsung minum es saat berbuka puasa? karena tubuh akan kaget, setelah berpuasa di siang hari. Apabila daya tahan tubuh ndak kuat, dikhawatikan kondisi badan menjadi drop.




Berpuasa memang lebih membuat tubuh menjadi disiplin. Bangun sahur di pukul 4 pagi, berhenti makan di saat adzan subuh dan berbuka setelah adzan maghrib. Mendirikan sholat lima waktu tepat waktu dan beristirahat serta tidak melakukan pekerjaan yang sangat berat. Tapi perlu diingat, kondisi tubuh juga berhak mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang dan sehat.

Setelah tidak mengkonsumi minuman dingin / es untuk berbuka puasa, tips selanjutnya adalah selalu membuatkan sayuran untuk makanan berbuka puasa dan saat sahur. Apabila tidak dapat menyiapkan sahur, usahakan untuk menyediakan buah-buahan supaya asupan vitamin dan mineral tubuh terpenuhi.

Berikut beberapa contoh saat saya menyusun menu buka puasa Ramadan supaya badan tetap sehat dan bugar.

1. Contoh Menu Buka Puasa Sederhana


Saya selalu berusaha untuk memperioritaskan hal-hal yang penting sebelum memasak. Apalagi saat bulan puasa, tubuh akan lebih meminta waktu untuk istirahat dan saya juga ingin lebih memaksimalkan waktu untuk beribadah dan belajar.

Menyediakan makanan untuk keluarga memang penting, tapi apabila waktu dan keadaan tidak memungkinkan, kan bisa membeli makanan di luar rumah/ memasak menu buka puasa yang paling sederhana.
  1. Nasi putih, tumis buncis dan wortel campur ayam fillet, ditambah buah jeruk
  2. Nasi putih, sayur bening bayam. lauk ayam goreng (beli), ditambah buah semangka
  3. Nasi putih, pecel sayuran (bumbu pecelnya beli di pasar), tahu dan tempe goreng, buah anggur

2. Contoh Menu Buka Puasa Paling Sederhana


Sering mendapatkan undangan buka puasa di rumah teman, di restoran, di masjid, di mushola/ bahkan di kantor. Apabila keadaan tidak dapat datang tepat waktu, sebaiknya menyiapkan menu buka puasa yang paling sederhana di kendaraan pribadi.

Suami saya sering sekali tidak bisa pulang tepat waktu untuk buka puasa di rumah, karena terhalang kemacetan di jalanan. Bagi teman-teman yang juga pernah mengalami hal yang sama, sebaiknya menyiapkan makanan berikut di dalam kendaraan pribadi/ di tas.
  1. Kurma dalam wadah makanan dan sebotol minuman mineral
  2. Apabila tidak suka kurma, bisa menyiapkan sewadah biskuit dan minumannya

3 Contoh Menu Buka Puasa Rame


Anak sulung saya selalu saya ajarkan untuk berbuka menggunakan teh manis hangat terlebih dahulu. Saya meminta kepadanya untuk merasakan sejenak peristiwa yang paling membahagiakan bagi orang yang berpuasa tersebut. Coba, nikmatilah apa perasaanmu setelah meneguk secangkir teh manis hangat tersebut. Katanya, rasanya sangat senang, lega dan sudah tidak menginginkan makanan dan minuman lainnya.

Begitulah, saya sendiri merasakan apabila telah meneguk teh manis hangat, rasanya sudah kenyang. Tapi, tubuh perlu asupan makanan berat, kan. Sebagai hidangan menu buka puasa yang paling rame untuk disajikan adalah makanan berat yang bahan dan cara memasaknya agak sedikit membutuhkan waktu lebih lama di dapur.
  1. Nasi putih, opor ayam, kentang balado, tahu goreng tepung, kerupuk udang, buah melon
  2. Nasi putih, ayam teriyaki, tumis buncis wortel, bakwan goreng dan buah jeruk
Jadi, teman-teman sudah menyiapkan menu buka puasa apa hari ini? kalau saya hari ini mau numis kangkung dan goreng tempe selimut. Di mushola sebelah rumah diadakan acara buka puasa bersama, jadi, masaknya setelah sholat maghrib saja dan dinikmati setelah sholat tarawih. Biasanya, saat acara berbuka puasa, ada banyak sekali pilihan takjil di mushola, bakalan kenyang banget kan.

Perut juga tidak boleh terlalu kenyang loh. Saya merasakan sendiri, akibat kekenyangan malah membuat saya ndak bisa tidur dan inginnya leyeh-leyeh dan gagal beberes rumah. Padahal bulan ramadan ndak boleh kan, malas-malasan. Yuk, menyusun menu buka puasa dengan tetap memperhatikan badan supaya tetap sehat dan bugar. 

7 comments:

  1. Amazing post! Your skin looked amazing on your insta story today... what foundation are you currently using? Such an amazing glow etc.

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya. Dipikir2 sangat membantu juga ya nyiapin kurma dan air putih di mobil. Kalau kejebak macet tetep ada camilan untuk buka jadinya. :)

    ReplyDelete
  3. Agak bingung nyiapin menu makan bukpus dirumah nih, karena seleranya beda beda ..seringan ayam goreng karena sukanya itu..

    ReplyDelete
  4. Aku sering buka puasa pake roti aja dan teh anget
    abis traweh baru makan berat2

    ReplyDelete
  5. Tips nya bermanfaat banget, terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  6. Simpen bumbu pecel instan, ntar kalo makan tinggal nyiapin sayur nya aja, praktis banget ya.

    ReplyDelete