25 Mar 2019

Manfaat Memiliki Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Benar


[Gaya Hidup] : Memiliki Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit adalah pilihan bagi sebagaian orang. Memilih untuk tidak memiliki kartu kredit juga merupakan pilihan juga. Saya telah memiliki kartu kredit sejak tahun 2013. Saya juga mengunakan kartu kredit tersebut untuk berbagai macam kebutuhan yang saya miliki. Karena ada banyak sekali hal-hal yang saya harus bayarkan dan dapat dibayarkan lebih mudah mengunakan kartu kredit. Dulu saya melakukan pengajuan kartu kredit saat sedang mengikuti sebuah pameran teknologi di Jakarta Pusat. Saat ini semua bank telah melakukan berbagai inovasi dalam pengajuan kartu kredit. Salah satu yang membuat nyaman calon nasabah adalah pengajuan kartu kredit BRI secara online.

 


Pengalaman selama enam tahun memiliki dan menggunakan kartu kredit membuat kegiatan saya semakin mudah. Ada beberapa kebutuhan pembayaran saya selesaikan dengan kartu kredit. Sayapun tidak perlu keluar rumah untuk melakukan beberapa pembayaran. Saya dapat melakukan pembayaran hanya dari rumah, di depan laptop dan dapat menemani anak-anak di rumah. Apalagi beberapa hari ini, udara sangat panas. Jadi lebih "mager" menyelesaikan pembayaran menggunakan kartu kredit hanya dari rumah saja.


Manfaat Memiliki dan Menggunakan Kartu Kredit

Terhitung sudah lama saya menggunakan kartu kredit. Di atas saya sudah menjelaskan, bahwa saya mendapatkan banyak kemudahan dalam menyelesaikan pembayaran kebutuhan yang saya miliki. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

1. | Penganti Uang Tunai Saat Berbelanja di Supermarket Maupun Minimarket

Kartu kredit dapat menggantikan uang tunai maupun kartu debit saat akan menyelesaikan pembayaran di supermarket maupun minimarket. Setiap bulannya, saya memiliki kebutuhan yang harus dibelanjakan. Terkadang, waktu belanja kebutuhan bulanan tersebut tidak menentu dan tidak direncanakan.

Jadi, saat sedang jalan-jalan di pusat perbelanjaan dan ingin sekalian belanja kebutuhan bulanan tidak bingung. Meskipun tidak membawa uang tunai dan di kartu debit belum dikirim uang bulanan oleh suami saya. Saya masih dapat berbelanja kebutuhan bulanan karena membawa kartu kredit di dalam dompet.

Manfaat memiliki kartu kredit bisa menjadi pengganti uang tunai saat berbelanja. Tentunya saat berbelanja juga harus memperhatikan batas-batas penggunaan kartu kreditnya.

2.|  Dapat Digunakan Sebagai Pembayaran di Toko Online

Berbelanja di toko online memberikan berbagai penawaran yang sangat menarik. Baik dari segi harga, diskon dan terkadang mendapatkan hadiah. Saya juga memiliki kebutuhan-kebutuhan yang lebih mudah dan nyaman apabila berbelanja di toko online.

Kartu kredit dapat digunakan sebagai pembayaran di toko online. Sebagai salah satu metode yang ditawarkan oleh toko online, saya memilih menggunakannya. Alasannya karena mudah dan aman. Saya tidak harus keluar rumah untuk melakukan pembayaran via transfer. Apalagi saya juga tidak memiliki internet banking. Jadi mengunakan kartu kredit saat berbelanja menjadi pilihan saya.

3| Dapat Membeli Tiket Online

Boleh dikatakan saat ini pendapatan beberapa orang semakin meningkat ya. Peningkatan jumlah pendapatan juga mempengaruhi gaya hidupnya. Saat ini untuk melakukan pembelian bermacam-macam tiket baik tiket perjalanan, tiket hotel maupun tiket memasuki tempat wisata, dapat dibeli secara online.

Pembelian tiket online dapat diselesaikan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Biasanya pembayaran menggunakan kartu kredit ini mendapatkan beberapa diskon. Jadi, bisa lebih menguntungkan dan lebih memudahkan.

4. | Dapat Digunakan Sebagai Cicilan

Kebutuhan setiap orang terkadang datang tanpa diduga-duga. Seperti contohnya saat sedang tidak memiliki dana lebih, ternyata handphone rusak karena dibanting oleh anak. Padahal handphone merupakan salah satu alat yang sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Saya pernah mengalami hal tersebut. Keputusan yang saya ambil adalah membeli handphone dengan mengunakan kartu kredit. Tentunya hal ini sangat memudahkan dan membantu sekali. Saya mendapatkan handphone baru, tanpa mengeluarkan uang.

Hal yang harus saya lakukan setelah membeli handphone menggunakan kartu kredit adalah menghubungi call center kartu kredit. Saya mengajukan permintaan perubahan transaksi yang telah dilakukan menjadi cicilan. Cicilan inilah yang setiap bulannya akan dibebankan dalam tagihan.

Tagihan kartu kredit setiap bulannya biasanya menjadi salah satu hal yang menakutkan. Hal itu terjadi, apabila teman-teman menggunakan kartu kredit tidak secara bijak dan tidak mengontrol penggunaan kartu kredit.

Pengalaman dari beberapa teman yang telah menggunakan kartu kredit menjadi pelajaran untuk saya. Pelajaran untuk menggunakan kartu kredit dengan benar dan bijak. Ada banyak sekali pengalaman dari teman-teman yang terjerat dengan membengkaknya tagihan kartu kredit. Nah, saya memiliki cara bagaimana menggunakan kartu kredit dengan benar dan bijak.

1. | Pentingkan kebutuhan dibandingkan keinginan

Memegang kartu kredit kadang membuat kita sulit untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Saat akan menggunakan kartu kredit, sebaiknya digunakan untuk kebutuhan yang benar-benar penting untuk didahulukan.

Jauhkan kartu kredit dari keinginan yang benar-benar tidak dibutuhkan. Kadang sayapun memiliki keinginan yang sebetulnya sangat tidak dibutuhkan pada saat itu. Jadi, cobalah untuk menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan saja.

2.| Bayar tagihan secara teratur

Bayarlah tagihan secara teratur setiap bulannya. Jadi, setelah saya berbelanja kebutuhan bulanan dan dibayar mengunakan kartu kredit. Saya akan melaporkan pengeluaran tersebut kepada suami. Suami kemudian akan menyisihkan besaran tagihan yang akan dibayarkan bulan berikutnya.

Hal ini akan memudahkan dalam pembayaran tagihan pada tanggal jatuh tempo. Hal inipun yang akan mengurangi pengenaan denda yang diberikan karena pembayaran yang terlambat. Jika pembayaran yang tidak terlambat dan tidak dikenakan denda menjadi salah satu indikator penggunaan kartu kredit secara benar dan bijak.

Dengan penggunaan kartu kredit dengan baik dan benar, teman-teman tidak perlu khawatir ya. Perencanaan penggunaaan yang baik, dalam hal kebutuhan. Membayarkan tagihan dengan disiplin dan teratur dapat mengurangi rasa khawatir membengkaknya tagihan kartu kredit. Bagi teman-teman yang teratrik membuat kartu kredit. Saat ini sudah dimudahkan dengan inovasi beberapa bank loh. Kunjungi link berikut :  https://www.cekaja.com/banks/bri/kartu-kredit dan temukan kemudahan dalam pengajuan kartu kredit secara online.  

2 comments:

  1. Ada juga yang bilang bahwa kartu kredit itu adalah juga kredibilitas diri...

    ReplyDelete
  2. Selama ini aku masih pake VCN, soalnya masih bingung untuk membuat CC
    padahal penting banget kartu kredit buat belanja online

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih