20 Mar 2019

Pertimbangkan Resiko dan Keuntungan Penggunaan Behel


[Kesehatan] : Penggunaan Behel

Hai hallo, siapa yang kalau ngomongin gigi selalu baper. Saya dong tunjuk tangan sendiri. Melihat teman-teman menggunakan kawat gigi atau yang populer disebut behel gigi, saya sedih. Mereka yang menggunakan alat yang berbasis kawat yang digunakan ortodontis untuk memperbaiki tidak ratanya gigi atau rahang itu loh. Tujuan mereka melakukan pemasangan behel gigi relatif bervariasi. Coba dech tanya teman-teman terdekat teman-teman, jawabannya pasti berbeda-beda.



Salah satu tujuan mereka melakukan pemasangan behel gigi, mulai dari ingin menyelaraskan bentuk gigi dan rahang, memudahkan saat menggigit makanan sampai mereka ingin menghasilkan senyum yang indah. Kalau teman-teman sendiri, tujuan menggunakan behel gigi apa? apa sekedar mengikuti trend? atau karena teman-teman pakai, atau memang ingin saja. Hehheee, kalau saya sepertinya sich sudah ndak bisa nih.


Pemakaian behel gigi pada umumnya dilakukan anak-anak remaja untuk memperbaiki gigi mereka. Yah, tahukan, anak remaja jaman sekarang berbeda sekali, dengan anak remaja jaman dulu. Namun, ada juga pemakai behel gigi pada kalangan dewasa. Nah, apabila teman-teman berniat untuk memasang behel gigi, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu resiko dan keuntungannya nih. Berikut ini adalah resiko dan keuntungan menggunakan behel gigi, siapa tahu kan dapat menjadi pertimbangan sebelum teman-teman memutuskan menggunakan behel gigi.

Manfaat Menggunakan Behel Gigi


1| Melindungi Gigi

Pada umumnya, kebiasaan pola gigitan yang tidak merata atau masalah ortodontik lainnya akan menghadirkan dampak yang berbahaya bagi gigi. Nah, apabila teman-teman memiliki masalah ini, pastinya membutuhan penggunaan behel gigi. Behel gigi di sini, bermanfaat untuk melindungi gigi dari dampak buruk tersebut. Manfaat lainnya dari behel gigi adalah menjaga kesehatan dan menguatkan gigi.

2| Memudahkan Ketika Sedang Makan

Sebagian orang yang memiliki masalah gigi ketika sedang mengunyah atau menggigit makanan. Kasus seperti ini disebabkan oleh struktur gigi yang tidak merata. Apabila dibiarkan terus, resikonya dapat menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Solusi terbaik dari masalah ini adalah menggunakan behel gigi supaya memudahkan ketika sedang makan. Sehingga pencernaan teman-teman dapat terjaga dengan baik.

3| Meningkatkan Kesehatan Gigi

Keuntungan menggunakan behel gigi yang paling signifikan adalah  adalah mampu meningkatkan kesehatan gigi. Penggunaan kawat gigi dapat mengatasi berberapa masalah ortodontik. Contohnya, tidak ratanya struktur gigi, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi dan lain sebagainya. Di samping itu, adanya behel juga akan merapikan struktur gigi secara tepat, sehingga kebersihan gigi juga akan meningkat.

4| Memiliki Gigi Rapi dan Senyum Indah

Semua orang sudah memahami, penggunaan behel dapat meningkatkan rasa percaya diri. penampilan teman-teman pasti akan berubah. Semua itu dikarenakan pengaruh penggunaan behel yang mengubah gigi yang tidak rata menjadi rapi. Sehingga teman-teman memiliki senyum yang lebih indah. Jadi, manfaat penggunaan kawat gigi, teman-teman dapat mengekspresikan diri secara bebas dan terbuka tanpa rasa malu lagi.

Resiko Penggunaan Behel Gigi


1| Gigi Kembali ke Bentuk Semula

Wah bisa kembali ke bentuk semula? Hal tersebut bisa saja terjadi, apabila teman-teman tidak mengikuti petujuk dokter dengan benar. Hal ini akan terjadi setelah proses pelepasan behel. Kemudian saat teman-teman tidak menggunakan alat bernama retainer dengan benar. Akibatnya, teman-teman akan mengalami kondisi di mana gigi kembali ke bentul awal. Duh, kok sayang sekali ya.

2| Mengalami Cidera

Saat menggunakan behel gigi, pasti akan menutupi bagian gigikan. Logikanya, apabila teman-teman mengalami benturan atau pukulan, maka bagian gigi dan pipi juga mengalami dampak nyatanya. Mengapa demikian? karena kawat serta bracket yang longgar maupun rusak, dapat menggores dan mengiritasi bagian gigi,gusi bahkan pipi. Jadi, sekali lagi, teman-teman sebaiknya mengikuti saran dan petunjuk dokter mengenai kebiasaan makan serta beraktifitas supaya meminimalisir cidera.

3| Terjadinya Resorpsi Akar

Teman-teman jangan hanya berpikir tentang keuntungan menggunakan behel gigi saja. Lebih dari itu, teman-teman juga harus menyadari resikonya. Resiko yang bakal teman-teman dapatkan dari penggunaan behel adalah resorpsi akar.

Resorpsi akar diartikan secara sederhana sebagai pemendekan akar gigi. Gejala ini normal dan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan yang mengkhawatirkan. namun tetap saja masalah ini akan membuat gigi teman-teman tidak nyaman.

2 comments:

  1. ternyata terlepas segala manfaat, termasuk bikin kereeen. behen ada resikonya juga ya

    ReplyDelete
  2. Merapihkan gigi dengan dibehel memang cara paling mudah ya, Bund. Eh, gigi udah rapih, kan? Wkwkwk

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih