10 May 2019

Resep Opor Ayam Kuning dari Instagram Ninik


Alhamdulillah rasanya baru kemarin heboh menyiapkan persiapan ramadhan. Sekarang sudah memasuki hari ke lima puasa ramadhan. Masih terasa aura pasar tradisional seminggu lalau saat berbelanja kebutuhan sayur dan lauk. Masih belum menyelesaikan rencana menu buka puasa dan sahur untuk minggu ke-2, ke-3 dan ke-4. Rasanya tidak ingin terlalu cepat ramadhan pergi. Apalagi saat ada anak lanang minta dibuatin opor ayam. Akhirnya saya mencari resep opor ayam kuning nih di Instagram untuk di recooking.



Iya, saya tuh anaknya kalau pas sedang baca resep kadang lupa untuk disave. Kalaupun sudah di-save, biasanya filenya hilang, atau kehapus. Jadi hari ini, saya mencari resep aopor ayam kuning di Instagram. Ada banyak sekali resep opor ayam yang ada di Instagram. Hanya satu yang menclok di mataku. Resep opor ayam kuning ini miliki Mbak Ninik @Ni2. Sebetulnya lebih praktis beli, karena pada dasarnya saya kurang begitu suka makanan berkuah santan. Tapi demi anak sulungku yang meminta, tidak ada salahnya untuk dicoba.


Opor ayam adalah sajian makanan berkuah santan yang bahan utamanya ayam. Kuah santannya ada yang berwarna kuning dan ada yang berwarna putih loh. Opor ayam biasanya dilengkapi dengan tahu, telur bahkan labu siam yang diiris tipis-tipis, dimasak tidak begitu matang. Labu siam yang dimasak tidak begitu matang, pas dimakan akan mengeluarkan suara kres, kress dan itulah kenikmatannya menikmati sayuran yang tidak over load proses memasaknya. Opor ayam adalah makanan khas yang disajikan saat lebaran baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Saat menyajikan sayur opor ayam dilengkapi dengan ketupat atau lontong, jarang yang menggunakan nasi.

Dapat juga foto pernah membuat opor ayam untuk anak sulungku. Ini opor ayam kuah putih


Berikut ini adalah resep opor ayam kuning favorit keluagaku. Bahan-bahannya mudah didapat, bumbunya juga tidak terlalu rumit seperti bumbu soto betawi. Tapi selera orang berbeda-beda ya, ada yang suka sekali opor ayam ada yang suka opor ayam, silahkan dipilih ya. Ngomong-ngomong saya belum memasak opor ayam nih, apa nunggu ramadhan ke 15 atau 17 ya? biasanya di jalanan dan di pasar ada yang jual ketupat.

Bahan-bahan:
  1. 1 ekor ayam kampung/ potong-potong sesuai selera
  2. 2 lb daun salam
  3. 2 cm lengkuas/ digeprek
  4. 1 batang serai/ digeprek 
  5. 5 lb daun jeruk
  6. 1 sdm gula jawa
  7. garam
  8. Santan/ sesuai selera untuk kekentalannya
Bumbu Halus
  1. 12 bawang merah
  2. 7 bawang putih
  3. 7 buah kemiri/ sngrai
  4. 1 sdt ketumbar/ sangrai
  5. 1-2 cm kunyit
  6. 1-2 kencur
  7. 1/2 sdt merica
Cara Membuatnya
  1. Tumis bumbu halus sampai wangi
  2. Masukan ayam, aduk sampai ayam berubah warna
  3. Masukan semua bumbu
  4. Beri air, biarkan mendidih, koreksi rasa
  5. Masukkan santan, aduk sesekali
  6. Masak sampai ayam empuk
  7. Sajikan dengan memberi taburan bawang goreng
Sudah terbayang bahan, bumbu dan cara memasaknya. Tinggal bagaimana menentukan waktu yang tepat untuk pergi ke pasar dan membeli ayam kampung. By the way, harga ayam kampung sedang di penjual ayam langgananku berkisar antara 75.000 sampai dengan 95.000 pada hari biasanya. Ada info harga ayam kampur terkinikah di kota Tangerang? Terus kenapa ayam kampung? Ayam kampung itu dagingnya gurih dan lemaknya sedikit. Jadi cocok sekali untuk bahan utama opor ayam kuning. 

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih