Skip to main content

Antara Batik dan Kenangan


Mengikuti sebuah komunitas On-line dan membaca postingan seorang sahabat yang baru menerima kiriman sebuah buku dan menceritakannya di blognya yang bernuansa jawa, secara beliau tinggal di Yogyakarta. Ternyata oh ternyata sedang mengadakan giveaway, dan demikian saya yang sedang demam meramaikan giveaway dari sahabat-sahabat blogger semua,kebetulan sekali hari ini saya menggunakan blouse batik, siapa tahu memiliki efek magis saat menulisnya *sok serem.


Sejak kecil, masih imut dan polos saya sudah mengenal sebuah kain yang disebut Batik. Almarhumah nenek yang mengenakannya kepada saya, beliau  juga yang mengenalkan alat untuk membuat batik tulis yang terdiri dari, 
  1. Kain putih polos
  2. Gawangan yaitu bambu untuk menempatkan kain tersebut saat ditulis,  
  3. Canting sebuah  alat yang terbuat dari bahan tembaga untuk menggoreskan tinta yang berasal dari campuran berbagai jenis bahan berupa gondorukem, lemak minyak kelapa dan parafin (saya lebih mengenalnya malam/lilin)
  4. Bahan pewarna, bila menginginkan sebuah batik berwarna-warni (bukan coklat/hitam)
  5. Wajan kecil, sering nih saya pakai buat mainan masak-masakan (maaf nek...)
  6. Kompor kecil yang berat sungguh *membayangkan apakah masih ada di rumah nenek ya?
Sebetulnya saya sudah diajari bagaimana memegang canting, mulai dari memanaskan malam/lilin tersebut *dijamin baunya wangi sekali, wangi malam begimana sih? sampai malam tersebut berair api dalam kompor dikecilkan, kemudian menggunakan canting dicelupkan kedalam wajan berisi malam yang telah lumer, kemudian ditiup-tiup sebentar barulah digoreskan pada kain putih yang biasanya telah didisign motif/gambarnya. Proses selanjutnya yang sedikit ribet nih...pewarnaan, saya hanya bisa melihat karena semua itu pekerjaan orang dewasa. Sampai akhirnya dijemur setelah dicuci untuk menghilangkan malam/lilinnya *bau khas batik tercium dari radius beberapa meter. 


Sayangnya, hanya beberapa tahun saya tinggal bersama nenek saya, hiks...sedih * ingin pulang ke kampung halaman nenek. Hingga waktu berlalu dan peradapan baru telah berdatangan hingga saya berkenalan dengan batik cap/batik printing. Pilihan terbanyak adalah membeli batik printing/ cap karena batik tulis sedikit lebih mahal, salah satunya pasti karena seni dan ketrampilan untuk membatik secara langsung. Cara membelinya pun sekarang lebih modern dibandingkan dua puluh lima tahun yang lalu, saat nenek saya harus menitipkan batik tulisnya di pasar tradisional. Sekarang ada sistem penjualan On-line seperti sahabat saya mbak Carol saya suka menyebutnya, hehee...gak ijin ya mbak?


Rumah Batik Kamaratih sebuah nama yang cantik, secantik barang-barang yang tersedia disana termasuk sebuah batik yang sangat saya sukai *ngelihat aja nih.
(Dari Butik Kamaratih)
Blouse batik lengan panjang, berwarna coklat orange, pas sekali untuk kulit saya yang *sedikit coklat. Designnya tanpa tali atau kerut elastis sehingga bisa digunakan acara formal maupun non formal, dengan sedikit bergaya dibagian depannya menggunakan retsleting serta bahannya yang dijamin adem karena terbuat dari bahan katun. Wow, seperti blouse yang sedang saya pakai hasil pemberian dari tante tersayang. 
(Foto Dok. Pribadi)
Ternyata Batik tidak lekang terkikis jaman ya, apalagi pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional dinama telah diresmikan UNESCO sebagai "Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi" milik Indonesia.


Jadi, banggalah memakai produk batik entah batik cap/ batik printing/ batik tulis baik beli sendiri maupun pemberian *heheee... sukses dan selamat ulang tahun yang ke empat  buat mba Carol dan Kamaratihnya yang menjual batik. 

Comments

  1. butuh kesabaran luar biasa utk bisa bikin batik tulis ya.. sy salut deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba myra, bener mba... mulai dari bikin gambarnya, orang yang punya jiwa seni tinggi tentunya, juga saat menggerakkan canting...ih luar biasa bgt dech.

      Delete
  2. lahhhh... iyaa.. hampir sama tuh ama yg dipake wkwkwkwwk...

    Makasih Mak buat entrynya
    Good luck yah ^^

    ReplyDelete
  3. iya mbae...itu batik pemberian tanteku, hihiiii.... bagus ya modelnya?

    ReplyDelete
  4. Batik penuh kenangan saat dibawa ke acara kondangan
    Obat Batuk Anak 2 Tahun
    Modelnya keren semua

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…