Skip to main content

Traveling di Dalam Kota

Traveling around the city, inginnya around the island. Berhubung liburannya masih taraf domestik dalam pulau bagi aku dan keluarga kecilku, jadi judulnya around the city, mohon doanya agar bisa membawa jagoan dan suamiku melintas pulau seperti yang kulakukan bersama teman dalam rombongan kantor, tempat aku bekerja. 

Aku bukan seorang traveler ataupun pecandu jalan-jalan yang heboh, namun aku mengajukan proposal kepada sang nahkoda rumah tangga untuk menyempatkan jalan-jalan mengisi liburan meskipun dalam kota. Mengapa? bagiku jalan-jalan merupakan sebuah kesempatan yang pantas untuk mempererat ikatan cinta dalam bahasa keluarga kecil. Senin hingga Sabtu, aku dan suamiku bekerja mencari nafkah meninggalkan sang buah hati yang pastinya butuh perhatian. Bagiku, makna berlibur harus ada yang namanya jalan-jalan.

Traveling bisa kemana pun, baik itu wisata alam, wisata religi, wisata kota maupun jalan-jalan antara mall satu ke mall lainnya. Intinya satu, pikiran dan tubuh kita relaks dan menikmati perjalanan liburan tersebut. Mengkondisikan tubuh dan pikiran agar selalu relaks selama perjalanan berwisata sangat perlu dilakukan. Agar setelah selesai rute jalan-jalan tadi tidak ada satupun hal yang malah membuat tidak bahagia.

Perjalanan wisataku bersama keluarga kecilku masih sedikit sekali dibandingkan teman-teman lainnya yang bergabung dalam komunitas traveling. Namun, aku lega sudah mengenalkan anakku yang berusia tiga tahun berwisata ke alam, ke pantai, ke kota tua dan ke mall. Mengapa mall selalu aku sebutkan? liburan dengan mengisi waktu berjalan-jalan ke mall juga perlu untuk up grade informasi, sepertinya begitu.

Perjalanan wisata di daerah Semarang. Selama dua tahun aku dan keluarga kecilku tinggal di sana, sekelumit kenangan manis tersimpan rapi. Mampu dilihat dengan tersimpannya gambar yang akan menceritakan segala sesuatu.

Grembel Asri, Gunung Pati, Ungaran ( Wisata Alam )

Sebuah tempat wisata keluarga, yang di kemas apik dengan suasana pegunungan, pepohonan yang hijau, kolam renang tersedia untuk anak-anak serta sebuah taman Dinosaurus. Sebuah tempat yang berada di Jalan Raya Manyaran- Gunung Pati. Untuk menuju Grembel Asri, dari arah Semarang Kota (Tugu Muda) menuju arah Kalibanteng (Bandara), lalu belok ke arah jalan Abdurrahman Saleh  ke arah rumah dinas walikota, tidak jauh dari situ ada Sekolah Semesta, letak Grembel Asri, tidak jauh dari sekolah tersebut. Untuk tiket masuk 10.000 rupiah, waktu itu dan punggung tangan akan distempel seperti ketika berada di Dunia Fantasi, Ancol. Grembel Asri pantas dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, teman maupun mengajak rombongan keluarga besar, karena tempatnya sangat adem dan kekeluargaan.

Grembel Asri,2010
   
Taman Dino, Grembel Asri, Ungaran
Umbul Sido Mukti, Bandungan, Semarang ( Wisata Alam )

Sebuah tempat wisata di kota semarang yang terletak di desa Sido Mukti kecamatan Bandungan. Untuk menuju ke tempat tersebut membutuhkan waktu sekitar dua jam lebih dari arah Kota Semarang. Aku dan keluarga kecilku dua kali berlibur ke Umbul Sido Mukti, aku sangat tertarik keindahan alamnya dan sejuknya udara yang berhembus meninggalkan sejuta kenangan tersendiri. Aku pernah mencoba lintasan flying fox-nya, namun sayang suamiku mengendong anakku, jadi tidak ada gambar yang merekam. Umbul Sido Mukti menawarkan pesona wisata bagi keluarga yang sangat lengkap. Dibalut udara yang dingin tak pernah menjemukan mata untuk terpejam menikmatinya. Kolam renang yang tersedia berbagai kedalaman memisahkan antara yang mahir dengan yang masih bayi seperti anakku. Ada tawaran menunggangi kuda dari pintu masuk ke dalam maupun keluar, tetapi jalan kaki juga tidak begitu jauh. Anakku sangat suka menunggangi kuda, langsung ke punggung sang kuda. Ach ingin rasanya berlibur ke sana lagi membawa teman-teman maupun kelompok arisanku kesana. Dengan tiket masuk 6.000 rupiah kala itu, sungguh tidak mengecewakan meskipun dari rumah begitu jauh.
Umbul Sido Mukti, BAndungan, Semarang, 2010
  
Pemandangannya tak menjemukan mata
Klenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang

Kota Semarang terkenal akan eksotisme bangunan peninggalan Belanda, seperti kawasan kota tuanya, bangunan lawang sewu, tugu muda dan masih banyak lainnya. Ada yang menarik di jalan Simongan Raya Semarang. Sebuah bangunan dengan dominasi warna merah, layak sebagai tempat wisata yang cukup unik. Bangunan tersebut kini difungsikan sebagai klenteng dan banyak sekali dikunjungi oleh warga keturunan China untuk peribadatan. Di dalam klenteng tersebut, terdapat patung laksamana Cheng Ho yang keturunan muslim. Entahlah, ketika menikmati bangunan indah dan gagah ini, rasanya sedang berada di China. Semoga komunitas traveling yang mengajakku berlibur ke China, aamiin. Untuk menuju ke Klenteng Sam Poo Kong, cukup sulit jika menggunakan kendaraan umum, karena angkot tidak melintasi tempat ini. Dengan tiket masuk 3.000 rupiah mampu dijadikan tempat wisata yang murah namun eksotis.


Klenteng Sam Poo Kong, Semarang



Dominasi Warna Merah
 
Bangunannya indah
Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan.

Liburan lebaran, aku dan keluarga kecilku menyempatkan pulang ke Jakarta dan berjalan-jalan di Jakarta. Pilihan tempat wisata bagi anakku dan keluarga besar suamiku adalah ke kebun binatang Ragunan, Jakarta Selatan. Sebuah tempat yang tidak asing bagiku, namun karena bersama anakku yang sedang tumbuh dan berkembang membuat suasana begitu menyenangkan. Belajar berdekatan dengan binatang yang ada di situ, dan belajar mengucapkan binatang apa yang dilihat. Tiket masuk  5.000 rupiah dan jika masuk ke Pusat Primata Schmutzer akan dikenakan biaya lagi sebesar 6.000 rupiah. Untuk menuju ke Ragunan sangat mudah, karena di lalui angkot. Lalu? tunggu apalagi untuk wahana belajar anak sembari berwisata di saat liburan?


Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, 2011
 Taman Monumen Nasional, Jakarta Pusat ( Wisata Kota )

Mengunjungi Jakarta ketika berlibur lagi, selalu aku sempatkan untuk mengajak anakku berjalan-jalan ke tempat menarik bagiku. Salah satunya adalah taman monumen nasional yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan pagi maupun untuk berwisata sejarah. Taman ini difungsikan untuk melepas penat dan menghirup udara Jakarta yang penuh polusi. Tiket masuk ke taman tentunya free namun jika masuk ke monumennya pasti membayar. Bagi yang ingin menikmati tengah kota Jakarta dalam rimbunan dedaunan,berlibur bersama teman, kelompok maupun komunitas tempat mendedikasikan hidupnya, taman ini sangat tepat untuk dikunjungi. Hari Minggu taman monas ini akan ramai sekali, apalagi jika ada event yang diadakan di taman monas ini. Silahkan ramai-ramai mengunjungi taman monas yang terletak di dekat setasiun Gambir. Jika perlu membeli buku panduan untuk traveling di kota Jakarta.


Taman Monas, 2011
 
Taman Monas, 2012


Hari Minggu sangat ramai
Kebun Raya Cibodas, Puncak, Jawa Barat ( Wisata Alam )

Menikmati kepenatan ibu kota, setelah pindah kembali di Jakarta. Ada sebuah tempat wisata alam yang sangat indah, sejuk dan merilekskan pikiran. Meskipun sangat jauh dari tempat tinggalku, aku mengajak keluarga kecilku untuk menyusuri jalan toll yang membawa mobil yang berjalan tersendat jika memasuki kawasan puncak Bogor. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, tidak susah, karena jalur menuju Kebun Raya Bogor terdapat angkutan umum hingga sore hari. Kebun Raya Cibodas terletak di daerah Pacet, jika pernah mengunjungi Taman Safari di Bogor, kurang lebih satu jam Kebun Raya Cibodas akan terlihat. Suasana di dalam yang begitu hijau, sejuk dan enggan untuk beranjak aku alami. Anakku sudah berusia tiga tahun mengunjungi kebun tersebut. Jiwa anak-anaknya sangat riang dan gembira berlarian di rerumputan nan hijau. Ketika ditawari menyusuri jalan yang curam untuk turun ke pusara bumi melihat air terjun, aku mengiyakan. Subhanalloh, anakku luar biasa senang dan dia kuat berada di tempat ini. Dengan tiket masuk yang begitu membingungkan bagiku, semuanya terbayar lunas dengan lega. Saat itu aku masuk pukul 10.30 pagi dan beranjak pukul 18.00 sore. Berwisata di pegunungan dan alam, serta melihat air terjun begitu banyak manfaatnya mengajari anakku, jadi? memilih wisata? tempat  ini asyik juga lho. 



Kebun Raya Cibodas, 2012
 
Kebetulan mengenakan baju hijau, tambah seger


Air Terjunnya,


Menikmati senja di depan air mancur
Wisata Kota Tua, Jakarta Pusat

Melalui kawasan kota tua sangat rugi jika tidak mencicipi tempat-tempat yang menarik di situ. Bangunan peninggalan Belanda sangat indah untuk dilihat dan berfoto di depannya. Traveling awal tahun 2013 adalah jalan-jalan ke kota tua sebagai wisata liburan di Jakarta. Museum Fatahillah merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi oleh orang-orang yang mengisi liburannya untuk sekedar jalan-jalan, maupun berwista. Toko Merah, sebuah bangunan yang sangat menarik buatku. Aku membayangkan menjadi noni Belanda, dan berfoto di sana. Namun sayang seribu sayang, Toko Merah yang terletak di pinggir jalan tidak menyediakan lahan parkir, jadi suamiku merasa enggan terlalu lama berhenti di pinggir jalan. Setelah itu, ada sebuah jembatan yang bernama Jembatan Kota Intan, bagus ya namanya. Aku menjelaskan kepada anakku, bahwa jembatan ini sudah ada sejak dulu sekali. Jembatan Kota Intan ini sering dipergunakan sebagai tempat favorite foto pre-wedding lho, aku dan anakku juga harus menyempatkan foto-foto. Kemudahan sarana transportasi memungkinkan bagi pengguna kendaraan umum untuk menggunakan bus Trans Jakarta koridor 12 (Tanjung Priuk-Pluit), yang telah dibuka untuk mengembangkan kawasan Kota Tua. Kawasan Kota Tua layak untuk dipergunakan sebagai wisata sejarah. 


Museum Fatahillah, 2011


Di Pelataran Museum


Toko Merah, 2013


Pintunya besar


Jembatan Kota Intan, 2013


Anakku, Faiz bergaya
  
Jembatan Kota Intan, 2013
Perjalanan liburan lainnya banyak sekali, berwisata maupun sekedar jalan-jalan. Inti dari sebuah traveling bagi aku adalah menyegarkan pikiran dan tubuh, mengunjungi tempat yang belum pernah disinggahi, ingin mengetahui tempat tersebut dan mengajarkan kepada anakku jiwa petualangan, mengajarkan apa yang ditemui di tempat wisata tersebut. Kelak aku membutuhkan buku panduan jika jiwa traveling anakku kian memuncak. Tidak ada rugi atau mubah, berwisata tidak harus ke tempat yang jauh, ke tempat yang sulit untuk dicapai. Tengoklah kiri dan kanan, rasakan pesona liburannya, indahkan kenangan dalam sebuah foto yang terbingkai indah dengan rasa penat yang hilang usai jalan-jalan.
***

Comments

  1. Wow, seru travelingnya..semoga menang lagi kuisnya

    ReplyDelete
  2. menang lagee? horeee *eh
    kalau tidak ada kuuis kamis aku gak posting traveling yang laaamaa,

    makasih mba ety

    ReplyDelete
  3. wuihhh seneng banget toh jalan2 nya mbak, mana itu banyak tempat eeh yang di kebon binatang banyak yang mati gag hewannya kayak di surabaya :D

    eeh cantik lho mbak di model2 jilbabnya yang foto paling bawah :D

    ReplyDelete
  4. Niar, hehee, makasih non. Waktu itu beberapa tahun yang lalu jew, semoga gak ada ya, mo ke kebun binatang lagi liburan besok, aamiin semoga terlaksana.

    makasih, hehee

    ReplyDelete
  5. walaahh.. bikin mupeng nih.. jalan-jalan terus...
    Dirimu langsing nian yaaa... #lirik perut

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…