Skip to main content

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.

Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi


Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras

Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahkan beras yang dibeli sudah tidak bagus. Minta maaf ya, beras... bukan kamu kok yang salah. Merasa tidak pernah mengganti beras yang dibeli, saya dan suami sepakat ini bukan salah beras dan bukan salah yang membeli berasnya *masih tep tidak merasa bersalah yang punya rice cooker, ngiiik.

Menyalahkan Rice Cooker

Hal yang paling mudah dilakukan adalah menyalahkan. Beuuh, harus dihindari sekali ya sikap yang seperti ini, tidak sehat. Dan setelah menyalahkan beras, saatnya menyalahkan rice cooker. Mungkin rice cookernya sudah lama, beli lagi saja ya bi *istri merajuk. Oke, awalnya memang rice cooker hadiah pernikahan sudah lama sekali dipakainya, jadi saya ngarep beli lagi.

Penyebab nasi di rice cooker cepat basi
Bagian atas ini, di bagian penutup sering sering dibersihkan ya


penyebab nasi di rice cooker cepat basi
Bagian bawah juga dibersihkan ya, ini ada yang gosong karya suami nich (tidak mencabut kabel, ketika wadah nasinya dicuci, hiks)

Namun ketika mengalami nasi di rice cooker cepat basi dan rice cookernya baru beberapa bulan dipakai, rasanya sudah ingin pergi ke bulan. Ke bulan buat masak nasi, siapa tahu masak di bulan nasinya tidak cepat basi *ngik. Jadi bukan salah rice cooker yang sudah lama ya, entiiin.

Menyalahkan Air yang Digunakan untuk Memasak

Masih ada yang bisa disalahkan? menunjuk air yang digunakan untuk mencuci beras dan memasak beras. Beeeuh, ada saja ya yang diperkirakan turut andil membuat nasi di rice cooker cepat basi. Saya mengganti air tanah dengan air isi ualng ketika mencuci beras sebelum dimasak.

Nasi di rice cooker masih basi juga, bu ibu. Betapa juengkel dan miris sekali hati ini, bingung. Kasihan nasi dimasak, dibuang, iya sich enggak banyak-banyak amat memasaknya, sedikit tapi kan limbung jadinya.

Tindakan yang dilakukan Ketika Nasi di Rice Cooker Cepat Basi


Nasi di rice cooker akan menjadi cepat basi terus, jika saya hanya menyalahkan satu per satu yang turut andil ketika memasak nasi. Berikut, hal-hal yang saya lakukana untuk mengatasi nasi di rice cooker tidak cepat basi.
  1. Membersihkan rice cooker, mulai dari bagian dalam, penutup hingga mencuci wadah anti lengketnya dengan bersih. (hal ini bertahan lama jika kesalahan memasak nasi di rice cooker tidak diulangi lagi
  2. Memberikan tetesan jeruk nipis pada beras sebelum dimasak ke dalam rice cooker, (Saya suka lupaan orangnya, tahu-tahu rice cooker sudah posisi on dan badan sudah kemana tahu). Perasan jeruk nipis ini membantu untuk mengawetkan nasi lebih lama. Why? Jeruk memiliki kandungan asam yang alami. Kadar asam inilah yang melindungi nasi dari suhu panas yang muncul dari elemen rice cooker, jadi membuat nasi menjadi awet. 
  3. Googling biar pinter dan menambah ilmu dan pengetahuan. Oleh karena itu tulisan ke bawah ini tidak menyalahkan faktor eksternal karena kesalahan adalah karena faktor internal dari saya sendiri yang belum paham bagaimana memasak nasi menggunakan rice cooker dengan baik.

Bijak Memasak Nasi Menggunakan Rice Cooker



rice cooker

  1. Memasak nasi ada batas maksimumnya, jika terlalu sedikit nasi akan cepat berair dan jika terlalu banyak, tidak ada ruang udara cukup baik. Tapi kalau mau masak banyak dan ldipastikan bisa langsung habis detik itu juga, misalnya ada acara kelaurga, masak nasinya banyak, sepertinya enggak masalah ya.
  2. Memasak nasi pada pagi hari dan belum habis hingga malam, ini mengakibatkan pemanasan nasinya terlalu lama. Hal ini menjadi nasi di rice cooker cepat basi. Nasi itukan sifatnya bersenyawa, jadi jika dipanaskan terlalu lama akan overcook. So, jika nasi masih ada di malam hari, sebaiknya dicabut saja kabel powernya. Atau, diperhitungkan, masaknya pada pagi hari dan pada malam hari nasi sudah habis. Atau, nasi yang masih ada dipindah ke wadah dan ditempatkan di lemari es, baru pagi harinya dipanaskan lagi (etapi denger-denger nasi akan menjadi keras ya? iya enggak to?)
  3. Menggunakan perasan jeruk nipis. Jangan banyak-banyak lah, kasihan kalau dimakan oleh anak-anak, rasanya akan asam.
Nah, akhirnya saya minta maaf kepada rice cooker cantik ini, saya ingin menggunakannya long time. Semoga bisa dilungsurkan ketika nanti Faiz sudah menikah. *ya ampun pelit amat? hehehee. Oke, ya, enggak ada kan teman-teman yang mengalami nasi di rice cooker menjadi cepat basi? teman-teman semuanya kan sudah pintar semua. Yuk, makan.

 

 









Comments

  1. klo mitosnya nasi cepet basi itu ada keluarga yg sakit :D
    Eh tp ada jg yg bilang kalau nasinya dimakan jin. Nah yg ini bisa jd iya. Mungkin lupa baca basmalah saat memasak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bismillah sebelum masak juga ya, pernah diajarin saya bulek, kalau memasak baca bismillah dulu

      Delete
  2. Waaa aku biasanya nyalahin berasnya hahahaaa.... Thank you tipsnya. Barutau juga jeruk itu bisa untuk mengawetkan. Untuk nasi dimasukkan ke kulkas memang agak keras, jadi paginya jangan diangetin lagi, dibikin nasi goreng malah bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang suka lupa mau bikin nasi goreng...heeem, kudu diinget inget y

      Delete
  3. nah ini nih, aku srg... sampe nyalahin beras deh awalnya...tp krn pake beras yg bgs jg ttp aja suka basi, akhirnya nyalahin rice cooker jaman skr, walo canggih tp ga sebagus rice cooker jaman dahulu kala ;p. hihihihi...

    Tx infonya mba.. aku jd bisa tau di mana letak salahnya... bsk pagi mulai bersihin bener2 si rice cooker deh

    ReplyDelete
  4. Waaaah.... Makasih banyak ya Mbak Tanti, jadi tahu deh saya. Selama ini selalu kepikiran ini nasi kok ya cepet banget basinya ya. Ternyata begitu toh... Hihihi... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salahin beras, salahin rice cooker, sekrang saya salahin diri sendiri..hehee

      Delete
  5. wah baru tau nih kalo masak nasi di rice cooker dikasi perasan jeruk nipis bisa lebih awet. tapi nanti nasinya jadi asem gak mba?

    ReplyDelete
  6. (( lungsuran )) ampun mba astin pelitnyaaa *dikeplakricecooker*
    eh tapi tipsnya bermanfaat nih emang, kalo kelamaan ga bersihin rice kuker pasti nasinya bau

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan hayo, bersihin sana*kibasin piring

      Delete
  7. yang awet merk apa magic comnya mak? kalau aku masak nasi dari jam 7 sampe jam 6 sore aja. masih bisa kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu malah sangat efektif dan hemat atuh mak, jadi gak berlama-lama nasi di mejikkom atau ricecooker

      Delete
  8. saya baru tahu kalo jeruk nipis bisa bikin nasi awet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sich gitu, ibu-ibu di sini juga nyaranin kek gitu

      Delete
  9. persis kyak yg mbak tulis, biasanya kalo sudah jengkel dibersihkan nggak mempan juga..beli lagi merk yg beda...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. merek tep sama waktu dulu, sekarang nyobain yang brand lain, teteup.

      Delete
  10. Emang sering nyari kambing hitam ya, Mbak.. Beras lah, air lah, dll. Baru tau juga kalau jeruk nipis bisa bikin awet. Moga ingat makai jeruk nipis wkt masak :D

    ReplyDelete
  11. aku nasi jarang basi. malah pake rice cooker yang sama dari sejak ngekost dulu, sudah 5 tahun umur rice cookernya. jadi gara-gara apa yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gara-gara aku atuh mak, gak pernah bersihin ricecooker

      Delete
  12. Iya pake jeruk nipis juga bisa lebih putih dan tahan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sekrang pingininnya yang dari pagi mpe sore abis mbak, kasihan lama-lama nasi di ricecooker

      Delete
  13. Mbak, katanya kalo cepet basi nasinya karena pas nyucinya ngga bersih. Tapi bagian ini saya juga rada was-was, kalo terlalu semangat nyucinya takut vitaminnya ilang. Trus ada yang bilang kalo nasinya terlalu benyek juga cepet basi. Ato ngga pas nyuci pancinya kurang bersih. Plus liat listriknya stabil ato ngga sama kalo mau masukin pancinya dilap dulu jangan sampe ada air sedikitpun. Semoga berguna ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencuci beras itu sebetulnya ada manfaatnya. Beberapa varietas beras kadang-kadang diproduksi dari padi yang kualitas penampiannya kurang bersih. Karena kurang bersih, padi ini masih mengandung hama yang ukurannya mikroskopik, sehingga hama ikut terbawa ketika padi digiling menjadi beras. Beras dimasukkan ke kantong dan dijual ke pembeli, sementara itu hama di dalamnya masih ada, dan masih hidup. Ketika beras digunakan oleh pembelinya di rumah, hamanya sudah tumbuh menjadi kutu. Maka dari itu, masih perlu mencuci beras untuk menyaring beras dari kutu tersebut.

      Memang betul mencuci beras bisa melarutkan vitamin dalam air. Karena itu mencuci beras maksimal dua kali saja.

      Nasi yang terlalu berair memang akan cepat basi. Karena itu nasi harus benar-benar menyerap air ketika dimasak dengan rice cooker. Tetapi tiap merk rice cooker punya performa beda-beda dalam menghasilkan panas. Maka ada rice cooker yang nasinya baik-baik saja bila dimasak dengan banyak air, ada juga rice cooker yang minta airnya sedikit saja.

      Delete
    2. Air yang digunakan mencuci beras pakai air isi ulang karena takut air tanah di Tangerang gak bagus, mencucinya juga dua kali saja namun bener-bener dibersihkan kalau ada kotoran aku ambilin dulu, mengeluarkan airnya juga harus sampai benar benar kering.

      Sewaktu memasak, wadahnya dilap kering dan menggunakan air matang sewaktu memasak. Jadi inget, ada juga yang memberi saran, setelah matang, rice cookernya dibuka terlebih dahulu, bair uap panasnya hilang..tapi enggak pernah kulakukan,

      Aku nasinya lembek emang, tapi sewaktu yang masak oranglain, dengan tingkat keperaan yang tinggi, sama juga... nah setelah dibersihkan benar-benar dan rajin bersihin tiap mau masak, berkurang tu bau khas nasi yang pernah bau di ricecooker

      Delete
  14. Ya ampunnnn, maafkan aku ya beras, selama ini suka menyalahkanmu T___T

    ReplyDelete
  15. aku juga akhirnya masak cukup untuk sampe besok pagi aja

    ReplyDelete
  16. klo saya mak, setiap nasinya gak abis malem, saya masukin kulkas ntar besoknya dikukus aja di rice cooker :D (nyari yg praktis klo lg males nyuci dan ga punya jeruk nipis hehehe)

    ReplyDelete
  17. aku...nyalahin beras, nyalahin air pam, nyalahin temen2 eh salah...
    akhirnya aku pake cara cabut colokan setelah nasi matang satu jam kemudian. lalu colokin lagi beberapa jam sebelum makan malam. lumayan, ga garing n ga benyek

    ReplyDelete
  18. Wah aku baru tau lho kalau nambain perasan jeruk nipis bisa bikin awet nasi. Deuh ke mana aja atuh aku tuh, ya? hihihi.... Cobain ah, biar ga nyalahin lagi rice cooker.

    ReplyDelete
  19. Aq juga suka gitu. Nyalah2in rice cooker merknyalah apabyalah. Akhirnya tiap mateng langsung matiin, aduk2 biar gak gosong. Panasin kalo pas mau mamam aja. Masak secukupnya.Kalo gak abis masukin kulkas buat besok bikin nasi goreng or butter rice kalo kekerasan taro atas genteng jadi santapan burung :D.

    ReplyDelete
  20. Kalau sy si kayanya karena masak terlalu sedikit jadi cepat berair :)
    tapi gara2 beras juga bisa si mba soalnya sy pernah beberapa kali beli beras dipasar & pas dimasak agak beda, cepet kuning & basi tau2 pas sy tanya ke penjualnnya katanya itu berasnya dicampur2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihiiii, beras campur campur emang gak banget ya, tapi kalau pedagangnya jujur mah gak masalah jadi kita ngerti. Aku gak pernah ganti-ganti beras, karena yang ntu enak dan pulen.

      Delete
  21. Ohh..baru tau kalo jeruk nipis bermanfaat juga utk memasak nasi, saya tau nya selama ini hanya daun pandan

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun pandan untuk aroma saja sama kek daun salam,

      Delete
  22. Nah, ini dia problem emak-emak banget. Hehehe, makasih ilmunya.

    ReplyDelete
  23. Hmmm ternyata tipsnya sama yang dilakukan kami sekeluarga, mertua juga pake perasan jeruk nipis. Kalau nasinya masih lumayan banyak dipindah ke tupperware...panasin keesokan harinya :)

    ReplyDelete
  24. Punya sy barusan beli merk sank*n, nasi cuman tahan 1 hari, besoknya pasti bau. Aneh banget, padahal rice cooker yg lama sampai 3 hari juga ga bau cuman nasinya jd kering

    ReplyDelete
  25. Udah sebulan nih pake rice cooker baru yg wadahnya stainless bukan teflon, cuma tahan sehari aja, besoknya pasti bau

    ReplyDelete
  26. Aq Gk pernah ngalamin kyk githu..
    Yg ada, kali nasinya udh masak, langsung d makan semua...
    Hahaha

    ReplyDelete
  27. Tapi klo airnya itu mengandung zat besi (kekuningan dan berbau airnya), terkadang cepat basi nasinya loh.

    Ada pengaruhnya ga si? Hehe :D

    ReplyDelete
  28. udh gnti beras, gnti rice cooker mcih z basi ... jengkelll
    hruz Q cb dgn perasan jeruk nipis tuch .... hmmmmz

    ReplyDelete
  29. wah pengetahuan baru lagi ini, emang saya cowok g tau banyak, tapi tidak apa apa kan sekedar ingin tahu :D

    ReplyDelete
  30. Wah keren banget ini :D heheh dapat ilmu

    ReplyDelete
  31. oh, ini ya penyebabnya, aku jaid tau mba, terima kasih ya cerita pengalamannya

    ReplyDelete
  32. selain dibersihkan, terutama bagian atas saluran uapnya. kalau nasi malam ada sisa cabut aja colokan, biarkan tutup terbuka dengan di ganti kain bersih. jadi pagi-pagi gak kering atau berair dan bisa di panasin lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak, saran dan masukkannya ya. AKu kadang kucabut juga, tapi tetap kututup. Nanti malam, aku ganti pakai lap kering ya. Terima kasih

      Delete
  33. Waaaah.... Makasih banyak ya Mbak Tanti, jadi tahu deh saya. Selama ini selalu kepikiran ini nasi kok ya cepet banget basinya ya. Ternyata begitu toh... Hihihi

    ReplyDelete
  34. Baru tau nih... kalau tidak habis di masak jadi nasi goreng.
    pasti langsung habis

    ReplyDelete
  35. Oh, ternyata ini alasannya. Selama ini kalau disuruh masak sama Ibu terus nasinya cepet basi, saya nyari pelampiasan. Berasnya jelek, anu nya, itunya, haha. Ternyata ada faktor internal juga.

    ReplyDelete
  36. Tips nya berguna banget, aq baru tau soal jeruk nipis ini. Kapan2 mau dicoba.

    ReplyDelete
  37. Pengalaman banget, dan akhirnya beli tutup atasnya karena panasnya ndak merata. (y) keren tulisannya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…