28 Feb 2016

Resep Sarapan Praktis dan Sehat : Orak Arik Tahu dan Sayuran [1]

Advertisement
[Resep] sarapan pagi ini didapat setelah membuka laptop kemudian mencari di mesin penelusur google, resep praktis dan sehat. Tentunya resep ini sudah dimodifikasi oleh saya sendiri sebagai chef-nya. *Halah.

Melihat kondisi di luar rumah yang hujan dengan lebat. Lemari es yang minim bahan baku, ciut nyali saya untuk menghadirkan sarapan praktis dan sehat untuk keluarga tercinta. Apalagi badan meriang setelah dibalurin minyak angin.

Baca Yuk : Kapan Pergi ke Pasar Tradisional? 

Tapi karena niat sudah bulat, saya pergi ke pasar juga. Menaiki sepeda motor dengan jas hujan dan helm, meskipun letak pasar sangat dekat. Di depan pos satpam, air menggenang tinggi dan ban sepeda motor tidak terlihat. Sempet ingin balik kanan alias pulang. Tapi pak satpam menyemangati saya.



Di pasar, sudah terlihat keseibukan antara pembeli dan pedagang dan memang tidak terlalu ramai, seperti hari minggu biasanya. Saya membeli bahan-bahan untuk memasak Orak Arik Tahu dan Sayuran. Ada yang terlupa, yaitu jahe. Tapi, saya masih memiliki persediaan jahe di lemari es. Jadi, tidak perlu balik lagi ke pasar dengan melewati genangan air yang tinggi.

Bahan-Bahan Orak Arik Tahu dan Sayuran


Sudah pasti bahan utamanya adalah tahu dan sayuran. Di sini saya menggunakan tahu yang mudah didapat, yaitu tahu kuning.



  1. Tahu kuning 4 buah
  2. Wortel import, karena wortel lokalnya kecil-kecil dan kurus, jadi saya tidak mau membelinya.
  3. Buncis kurang lebih 10 buah
  4. Telur ayam 1 buahaun Bawang 1 buah
  5. Daun seledri kurang lebih satu buah

Bumbu Orak Arik Tahu dan Sayuran 

  1. Garam secukupnya
  2. Bawang putih lima siung
  3. Lada halus secukupnya
  4. Minyak goreng 2 sendok makan
  5. Air matang untuk melunakan sayuran

Cara Membuat Orak Arik Tahu dan Sayuran

 

 


Cara membuatnya dimulai dari mengupas wortel, membuang buncis dari bagian ujung dan pangkalnya. Kemudian wortel dan buncis diiris tipis-tipis, bawang putihnya dihaluskan sampai halus.
  1. Panaskan wajan, setelah itu tuang minyak goreng
  2. Masukkan wortel terlebih dahulu, beri air sedikit
  3. Masukkan buncis setelah wortel sudah agak lunak
  4. Masukan telur yang telah dikocok setelah sayuran lunak
  5. Masukan tahu yang sudah dicacah menggunakan sendok sebelumnya
  6. Tambahkan lada secukupnya
  7. Masak hingga air surut dan matang
  8. Koreksi rasa, jika sudah pas, angkat dan sajikan

Bagaimana? resep Orak Arik Tahu dan Sayuran ini praktis bukan? bukan hanya praktis saja yang didapat, namun resep Orak Arik Tahu dan Sayuran ini juga sehat. Sebagai teman nasi yang sebagai karbohidrat, tahu merupakan protein nabati dan ada tambahan telur sebagai protein hewani. Pada sayuran wortel dan buncis ada vitamin dan mineral di dalamnya.

Sarapan praktis dan sehat ini belum lengkap dan sempurna jika belum ditambahkan susu. Karena cuaca di luar pagi ini sangat dingin. Saya membuat wedang jahe rumahan ala astinastanti. Wedang jahe ini ditambahkan susu kental manis dalam penyajiannya. Pemilihan menggunakan susu, salah satunya untuk menambah manis dan untuk menyeimbangkan karbohidrat, protein, mineral dan vitamin pada sajian Orak Arik Tahu dan Sayuran.



Sarapan pagi ini bersama keluarga tercinta juga lebih nikmat. Hujan tidak lagi membuat dinginnya badan. Fira anak saya juga suka sekali Orak Arik Tahu dan Sayuran ini. Besok mau menyiapkan sarapan apa ya? teman-teman ada idekah? [2016:02]

5 comments:

  1. kayaknya kalau nasi juga langsung dicampur.. trus di goreng bareng, campur tahu pasti enak tuh

    ReplyDelete
  2. wah Fira makannya masih nasi lembek ya, enak pakai orak arik telur tahu

    ReplyDelete
  3. Wah makasih udah share resepnya :D bisa dicoba nih untuk bujuk anak-anak makan sayur

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...