17 May 2018

Resep Sayur Lodeh Enak dan Gurih Tidak Membuat Eneg



[Kitchen] : Resep Rahasia Sayur Lodeh


Hai hai apa kabar teman-teman semuanya. Gimana kabar puasa pertamanya? Alhamdulillah ya, semoga kita semua diberikan kemudahan dan kelancaran menjalankan ibadah di bulan Ramadan tahun ini. 



Boleh tahu dong, sudah menyiapkan menu berbuka puasa dengan masakan apa hari ini? jangan-jangan sama dengan menu berbuka puasa yang sudah saya siapkan, hehehe. Iya, saya mah belum menyiapkan apa-apa dong di lemari es. Jadi, belanja bahan-bahan yang tersedia di warung depat rumah, dan yang mudah dibuat saja, supaya tenagaku hemat, hehehee.


Saya dan suami sudah sering ngobrol nich, apabila saya sedang kurang sehat badannya, beli makanan mateng di luar saja. Tapi, rasanya kurang afdol sekali ya, berbuka puasa hari pertama masa iya, beli di luar? bolehlah ya, beli sesuatu di luar tapi di rumah tetep ngepul gitu dapurnya. Sup aya apa? supaya suasana bulan puasa terasa gitu.

Nah, menu berbuka puasa hari pertama bulan Ramadan untuk makanan pokok saya rencanakan dengan nasi, sayur lodeh, tempe dan ikan asin goreng, heeeeem, asyik banget pasti dengan tambahan sambel. Buah semangka juga bisa dicari di pasar supaya menambah vitamin dan mineral, sekaligus memberi tambahan air. Untuk takjilnya, anak-anak dan suami suka sekali bakwan goreng yang kriuk dan pastinya teh manis panas, yuhuuu.

Resep Sayur Lodeh Enak dan Gurih Tidak Membuat Eneg


Boleh dibilang, saya jarang sekali membuat sayur lodeh di rumah, untuk beberapa waktu ini. Terakhir membuat tiga bulan lalu dan setelah sayur lodeh matang, langsung habis, bahkan anak saya minta dibuatin lagi. Seharusnya sich, saya menunda dulu beberapa waktu untuk membuat sayur lodeh, supaya hasilnya ndak begitu jauh beda. Hihiihi, saya mempercayai, kalau masakan enak, kemudian masak lagi, hasilnya selalu beda. Jadi, semestinya masak sayur lodehnya nanti-nanti lagi. Eh bener dong, sayur lodehnya ndak sama persis dengan yang dimasak kemarin.



Jadi salah satu resep rahasia dari sayur lodeh ya jangan terlalu sering membuatnya. Kalau menurut saya, itu karena ada salah satu bahan yang bernama santan. Saya dan suami sudah jarang dan bahkan mengurangi mengkonsumsi makanan berbahan santan. Kalaupun menggunakan santan, santan yang digunakan adalah santan encer dan tidak terlalu kental. Kemudian, jangka waktunya jangan terlalu berdekatan dan sebisa mungkin jangan menambahkan santan dengan bahan makanan yang terlalu berlemak.



Contoh makanan bersantan yang menurut saya paling jauh dari kata lemak, adalah sayur lodeh nih. Sayur lodeh yang isinya sayuran saja ya, jangan ditambahkan tetelan atau daging jeroan. Nah, berikut ini resep sayur lodeh enak dan gurih tidak membuat eneg di perut dan tengorokan.

Resep Sayur Lodeh Enak dan Gurih


Bahan-Bahan yang diharus dipersiapkan

  1. Santan Segar maupun Santan Instant, pilih yang biasa digunakan ya.
  2. Ebi kering yang sudah direndam air panas
  3. Wortel satu batang, dipotong serong atau sesuai selera
  4. Labu siam, setengah buah, dipotong dadu atau sesuai selera
  5. Jagung manis, setengah bongol, dipotong kurang lebih 2 cm
  6. Terong ungu, satu buah dipotong serong atau sesuai selera
  7. Kacang panjang 5 helai
  8. Daun dan buah melinjo secukupnya
  9. Bawang merah 5 buah, diiris tipis
  10. Bawang putih 3 buah diris tipis
  11. Cabe merah besar 2 buah, diiris tipis
  12. Terasi, 1 bungkus kecil dihaluskan bersama tomat
  13. Tomat 1 buah
  14. Gula merah dan garam secukupnya
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  16. Air secukupnya untuk merebus
Cara Membuat Sayur Lodeh
  1. Cuci semua bahan-bahan, kecuali yang ndak bisa dicuci seperti garam, gula, terasi dan minyak ya
  2. Rendam ebi menggunakan air panas
  3. Haluskan tomat dan terasi, sisihkan
  4. Iris bawang merah dan putih sisihkan
  5. Didihkan air dalam panci, rebus sayuran yang keras
  6. Panaskan wajan yang agak cekung dan  tuang minyak secukupnya
  7. Masukkan bumbu iris, kemudian bumbu halus dan ebi, satu per satu
  8. Masukkan sayuran yang sudah direbus
  9. Tambahkan air santan secukupnya sampai sayuran terendam
  10. Masukkan gula merah, aduk aduk supaya santan tidak pecah
  11. Masukkan daun melinjo apabila sayuran sudah cukup matang
  12. Koreksi rasa
  13. Matikan kompor dan taburi bawang goreng dan tutup wajan
Sayur lodeh siap dan cocok sekali dinikmati menggunakan nasi hangat, sambal tomat, tempe goreng dan ikan bilis goreng yang gurih. Sayur lodeh cocok untuk berbuka puasa Ramadan nih. Bahan-bahannya mudah didapat, dan biasanya di pasar atau warung, bahan-bahan sayur asem sudah dibungkus plastik.

Yuk, bareng-bareng menyiapkan menu makan berbuka puasa dengan sayur lodeh enak dan gurih tidak membuat eneg ini. Tapi jangan terlalu banyak ya makannya, nanti ngantuk dan ndak jadi sholat tarawih berjamaah dong. 

1 comment:

  1. Nasi anget, sayur lodeh, ikan goreng dan sambal, huaaaah nikmatnyaaa. Bisa nambah2 terus nih, nggak cukup sepiring :)

    ReplyDelete