24 May 2019

Indonesia Islamic Economic Festival Memperkenalkan 5 Klaster Rantai Halal Indonesia


Indonesia Islamic Economy Festival-IIIEfest telah diadakan di Trans Grand Ballroom, Bandung pada tanggal 26 April 2019. Acara ini diadakan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) sebelum meluncurkan Masterplan Ekonomi Syariah (MEKSI). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan industri halal di Indonesia kepada masyarakat, sebagai bentuk upaya dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk menjalankan gaya hidup halal.



Populasi muslim global berkembang dengan adanya penguasaan teknologi modern. Jumlahnya meningkat hampir dari 73 persen dari 1,6 miliar pada tahun 2010. Angka ini akan meningkat menjadi 2,8 miliar pada tahun 2050. Sepertiga umat islam ini berusia 15 tahun. Hampir dua pertiganya berusia kurang dari 30 tahun. Usia inilah yang dikenal dengan dengan istilah Generasi Y. Generasi milineal adalah generasi yang lahir antara tahun 1980- 2000.


Sebagai ibu milineal yang saat ini sedang mendampingi pertumbuhan anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa, saatnya harus mendukung pengembangan perekonomian syariah Indonesia. Salah satu contohnya berbelanja di e-commerce yang mendukung penjualan produk-produk halal melalui platform digital marketplace. Dua Unicorn Indonesia, yaitu Bukalapak dan Tokopedia adalah dua marketplace yang telah berkomitmen mengakomodasi kebutuhan umat muslim di Indonesia. 

KNKS juga mengumumkan dimulainya kerjasama antara Bank Syariah milik BUMN (BSM, BNI Syariah, BRI Syariah serta BTN -UU Syariah) dengan fintek Karya Nusantara pemilik produk aplikasi pembayaran LinkAja. Masyarakat Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, seiring perkembangan teknologi dan pola bisnis yang demikian cepat membutuhkan sistem pembayaran digital syariah yang mampu melayani kebutuhan tersebut. 

Komite Nasional Keuangan Syariah


Sebagai jawaban untuk tantangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, pemerintah  melalui Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2016 membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Komite ini dipimpin langsung oleh Presiden RI dan Wakil Presiden RI, dengan 10 Dewan Pengarah yang terdiri atas Kementrian PPN/Bappenas, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementrian Keuangan, Kementrian Badan Usaha Milik Negara, Kementrian Agama, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan  dan Majelis Ulama Indonesia. 



KKNS bertugas mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan keuangan syariah dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional. KNKS berfungsi sebagai katalisator pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk skala nasional maupun internasional. KNKS juga berperan untuk menyamakan persepsi dan mewujudkan sinergi antara regulator, pemerintah dan industri terkait ekonomi dan keuangan syariah guna menciptakan sisten ekonomi syariah yang selaras dan progresif untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Klaster Rantai Halal di Perekonomian Syariah Indonesia


1| Makanan dan Minuman Halal

Seperti kita ketahui bersama, ada banyak sekali peluang untuk memproduksi makanan dan minuman untuk dijual kepada konsumen. Sebagai ibu yang memiliki anak-anak, makanan dan minuman yang ada di pasaran, tentu membuat saya harus mempertimbangkan mana yang sebaiknya dipilih untuk dikonsumsi oleh saya dan keluarga.

Makanan dan minuman halal mencakup daging, unggas, manisan, makanan kaleng, makanan beku, susu, roti, makanan organic, produk herbal serta minuman. Ada banyak sekali pilihan untuk membeli dan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Semua menawarkan pengemasan yang menarik dan variasi yang banyak. 



Menurut laporan LPPOM MUI , Indonesia adalah negara pengimpor pangan halal terbesar ke-4 di dunia. Indonesia belum menjadi pemain utama dalam industri makanan halal secara keseluruhan. Sertifikasi halal oleh MUI akan bersifat wajib dan perannya sangat penting karena didefinisikan sebagai pemeriksaan proses produk tertentu dan memenuhi persyaratan higienis, sanitasi, dan keselamatan. 

2| Pariwisata Halal

Laporan dari World Travel and Tourist Council (WTTC, 2018) menyebutkan sektir pariwisata memberikan sumbangsih positif terhadap perekonomian global. Salah satu pasar potensial yang diprediksi terus meningkat dari tahun ke tahun yaitu kunjungan wisatawan muslim. 

Ada tujuh faktor yang menyebabkan pesatnya pertumbuhan sektor pariwisata halal global, yaitu:
  1. Pertumbuhan polulasi muslim
  2. Pertumbuhan pendapatan kelas menengah
  3. Pertumbuhan populasi generasi muslim milenial
  4. Meningkatnya akses terhadap informasi travel
  5. Meningkatnya jasa travel yang muslim friendly
  6. Menjamurnya travel Ramadhan
  7. Menjamurnya usaha travel
Industri pariwisata halal tidak dapat dipisahkan dari industri pendukungnya atau dalam hal ini dimasukan menjadi rangkaian entry point. Beberapa entry point tersebut membentuk rantai nilai pariwisata halal yang terdiri dari destinasi pariwisata, alat transportasi, hotel dan akomodasi, restoran dan kafe, serta travel and tour.

3| Fesyen Muslim
4| Media dan Rekreasi Halal
5| Farmasi dan Kosmetik Halal


Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia


Masterplan ekonomi syariah (MAKSI) pertama kali diluncurkan oleh Kementrian PPN/Bappenas pada World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12 di Jakarta pada tahun 2016. Pada rapat pleno KNKS pada tanggal 5 Februari 2018, Presiden RI mengarahkan kepentingan KNKS untuk menyusun Masterplan  Ekonomi Syariah yang fokus pada pengembangan sektor riil ekonomi syariah  atau yang dikenal dengan industri halal. 



Menurut data dari Global Islamic Economy Report 2018-2019 : Indonesia termasuk 10 besar konsumen pada setiap sub sektor dalam industri halal. Peringkat pertama pada kategori top muslim food expenditure. Peringkat kelima pada kategori top muslim travel expenditure. Peringkat ketiga pada kategori top muslim apparel expenditure. Peringkat kelima pada kategori top muslim media expenditure dan terakhir adalah peringkat keenam pada kategori top muslim pharmaceuticals expenditure. 



Maksi merekomendasikan empat strategi utama untuk mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Empat strategi tersebut adalah; Penguatan rantai nilai halal, penguatan sektor keuangan syariah, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah dan pemanfaatan dan penguatan platform  ekonomi digital.

Peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia tahun 2019-2014 dilaksanakan di Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto 1-5, Gedung Saleh Afif, Kementrian PPN/Bappenas pada tanggal 14 Mei 2019 lalu. 

Menteri Bambang Brodjonegoro selaku sekertaris KNKS menjelaskan, "Dengan resmi diluncurkannya MEKSI 2019-2014 oleh Presiden Joko Widodo di Kementria PPNS/ Bappenas hari ini, maka kita akan menjawab tantangan sekaligus menyusun peta jalan pengembangan ekomomi syariah di Indonesia guna mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Pengembangan ekonomi syariah harus melibatkan berbagai sektor lain sebagai suau integrasi sistem ekonomi berlandaskan syariah agar pertumbuhan di sektor riil, yang secara fundamental menjadi fokus utama dalam sistem ekonomi Islam. Untuk itu, saya berharap MEKSI 2019-2024 dapat dijadikan rujukan bersama dalam mengembangkan ekonomi syariah Indonesia yang kemudaian dapat diturunkan menjadi program kerja implementatif pemerintah.

Halal Lifestyle di Era Milineal 


Kesimpulan dari tulisan di atas adalah menerima dengan bangga adanya Komite Nasional Keuangan Syariah yang dibentuk oleh Presiden yang salah satu fungsinya untuk mendukung perekonomian syariah di Indonesia.

Rangkaian acara Indonesia Islamic Economic Festival yang meliputi talkshow Industri digital halal, Talkshow pariwisata halal, Talkshow Islamic Edutainment, Talkshow Muslim Modest Fashion, dan Expo Industri Halal menjadi gambaran bahwa halal lifestyle di era milineal ini sudah sangat mengingkat jumlahnya. 

Berharap kedepannya saya dengan mudah mendapatkan kesempatan untuk melakukan travel halal bersama agent travel yang muslim friendly. Selain itu, dapat dengan mudah mengindentifikasi makanan dan minuman halal yang dijual di mana-mana dengan sertifikasi halal MUI. 

Yuk mulai sekarang pilihlah produk-produk halal dari para pengusaha muslim Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian syariah di Indonesia dan mendorong pengusaha-pengusaha milineal muslim untuk menciptakan karya-karyanya. Saya yakin kok ada banyak sekali pengusaha milineal muslim yang memiliki inovasi dan kreasi dalam menyumbangkan produk-produk halalnya. 

Informasi dan bagaimana KNKS berperan di masyarakat Indonesia silahkan kunjungi akun media sosialnya di:
  1. Instagram : @KNKS.ID
  2. Twitter : @KNKS_ID
  3. Facebook : Komite Nasional Keuangan Syariah
  4. Youtube ; Komite Nasional Keuangan Syariah
  5. Website : http;//knks.go.id

54 comments:

  1. Halal Lifestyle semoga kian marak dan massif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bertumbuh juga pengusaha muslimnya yang menghadirkan produk Halal

      Delete
  2. Wah aku suport banget mb Astin sama kegiatan kayak gini. Klo ada lembaga yg membantu masyarakat muslim untuk menjalani gaya hidup halal harus didukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku pernah lihat fotomu di acara halal lifestyle Mbak

      Delete
  3. Kalau lifestyle kita serba halal, hidup makin tenang dan berkah ya Mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai dengan ajaran agama Islam, hidup tenang dan berkah y

      Delete
  4. Sepakat sama Mak Irul, paling dukung banget dan suka terharu kalau ada gerakan seperti ini.

    Apalagi kalau Indonesia kelak menjadi kiblat gaya hidup halal dunia ya.

    Semoga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik banget ya, ada banyak faktor sebetulnya, mulai dari fashion wisata dan makanan

      Delete
  5. Aku sungguh menunggu produk-produknya, Bund. Kebayang nyamannya orang muslim nanti kalau mau belanja, dan juga traveling. Dan untuk media dan rekreasi ini juga aku sangat menunggu karena belum begitu paham. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo rekreasi bisa ke wisata masjid dan museum gitu kali y

      Delete
  6. Menarik banget acaranya. Banyak aspek kehidupan muslim yang masih perlu pengembangan agar sepenuhnya halal. Semoga ada acara serupa dikotaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mbak, ada banyak sekali aspek yang bisa ditelaah satu persatu untuk halal lifestyle

      Delete
  7. Membaca tulisan ini pikiran saya kok malah ke akhir zaman masa Imam Mahdi ya. Masa iya beliau sudah hampir turun. *Upz...maaf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita semua senantiasa diberikan kemudahakan dalam kehidupan yang sesuai tuntunan agama Islam

      Delete
  8. Aku baru tahu ada 5 klaster rantai halal. Makin nyaman ya dalam melakukan aktivitas, tidak perlu ragu lagi dengan kehalalan produk yang digunakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya logo halalpun disematkan di kemasan yang mudah dilihat kalau di makanan dan minuman serta produk kosmetik.

      Delete
  9. Nah, kalau inovasinya sudah banyak seperti ini, sosialisasinya juga harus makin digencarkan. Karena jujur saja masih banyak muslim yang kurang mengetahui perkembangan jaringan industri halal. Baik jasa maupun produk. Kalau pada tahu kan pasti larinya ke yang halal. Ya namanya cari berkah.

    ReplyDelete
  10. Walau non muslim, aq tuh suka kalau mengonsumsi produk atau makanan berlabel halal. Berasa ada garansi ganda kalau ni produk beneran aman buat kita gitu lho. Jd halal lifestyle ni sebenarnya ga cuma bisa menyasar buat muslim aja sih, tapi malah lebih luas lagi pasarnya

    ReplyDelete
  11. Mbak, tentang makanan dan minuman halal nih ya. Logo halal itu kan bisa diambil gitu aja dari internet. Ada gak sih yang membedakan ini memang sudah lulus uji MUI atau ya penjualnya asal tempel logo aja?

    ReplyDelete
  12. Gaya hidup halal dalam keseharian akan membuat hidup kita tenang dan berkah. 5 klaster yang dipaparkan di atas adalah 5 hal mendasar dalam keseharian kita, muslim atau bukan. Karena ada jaminan ketenangan dan amanah dari suatu produk yang diindikasikan baik dan tidak merugikan.
    Makanan dan minuman halal adalah wajib untuk kita konsumsi. Konsep ekonomi keuangan dan industri
    halal juga wajib diterapkan. Kosmetik dan obat halal juga lebih aman. Apalagi wisata halal, duh akan bikin kita betah dan nyaman karena tenang merlakukan perjalanan jika segala aspek penunjang sudah halal.
    Sukses untuk IIEF. Semoga bisa membangun bangsa dan negara Indonesia lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  13. Senang banget rasanya, konsep halal ada di mana-mana dan semakin meluas.
    Jadi semakin nyaman dalam bertransaksi di mana-mana.
    Apalagi akhir-akhir ini semakin gencar digaungkan, semoga semakin berkah :)

    ReplyDelete
  14. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim terbesar langkah ini memang seharusnya dilakukan ya. Makanan, fashion, wisata, kosmetik dan kecantikan memang rentan dan suka jadi bahan pembicaraan. Adanya inovasi ini semoga bisa jadi solusi ya

    ReplyDelete
  15. Sejauh ini sudah ada label makanan, minuman dan kosmetik halal aku udah senang banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau produk-produk sehari-hari yang sering kita pakai atau konsumsi sudah ada label halalnya jadi lebih nyaman ya mak.

      Delete
  16. Makin banyak orang yang berhijrah makin banyak yang bergaya hidup halal sesuai syariah dan sunnah, ini juga berdampak ke ekonomi ya dimana produk saat ini yang dijual banyak yang menyorot kehalalannya, ke hijab friendly annya, ke syariah annya.gitu si

    ReplyDelete
  17. Semoga halal lifestyle makin meluas. Iya, terutama makanan yang sehari-hari kita konsumsi, harus jelas halalnya.

    Waah.. Indonesia masih jadi pengimpor makanan halal terbesar ke 4 di dunia. Semoga makin hari, Indonesia bisa menjadi pengekspor makanan halal.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah sekarang traveling pun tenang kalau banyak negara dan provinsi menggalakkan wisata halal. Pasar yang sangat besar dan berpotensi banget di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  19. Senangnya kalo pemerintah udah support lifestyle halal ya, semoga makin nambah juga produk halal yang ada di tengah masyarakat kita. Jadinya lebih nyaman kan kalo pengen wisata halal di seluruh Indonesia. Meski ketika jalan-jalan pun saya juga lebih aware ketika memilih kuliner lokal

    ReplyDelete
  20. Halal lifestyle ini kayaknya sudah menjadi kepentingan yang urgent untuk semua orang, enggak hanya umat muslim saja. Banyak non muslim pun yang mencari berbagai makanan halal ketika mereka bepergian di daerah wisata tertentu. tentunya makin tenang dan enggak was-was kan ya kalau kita udah yakin segala produk yang kita gunakan telah terjamin halal.

    ReplyDelete
  21. Keren bgt ya acara ini. Bikin gaya hidup halal jadi makin marak di tengah masyarakat.

    ReplyDelete
  22. Semoga halal lifestyle menjadi gaya hidup kita secara menyeluruh dalam kehidupan sehari-hari dan pemerintah mampu melaksanakan masterplannya..

    ReplyDelete
  23. Alhmdulillah kehalalan produk sekarang semakin diperhatikan ya.. jadi lebih tenang dan bebas mau oake produknya

    ReplyDelete
  24. Saya jadi mulai suka Pariwisata Halal nih. Wisata ke masjid2 bersejarah. Soalnya bakal ada pasar yg juga jual makanan miniman halal, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gak khawatir lagi ya kalai belanja atau ke tempat-tempat wisata pun halal ya mbak

      Delete
  25. Makin nyaman ya buat masyarakat muslin dk Indonesia kalau ada lembaga yang bantu masyarakat kaya gini. Jadi aman gitu pakai produk apapun gak was-was lagi

    ReplyDelete
  26. Semoga industri halal semakin berkembang di Indonesia. Harapan saya semakin banyak hotel halal yang berdiri. Biar makin tenang menginap bersama keluarga kalau lagi travelling keliling Indonesia.

    ReplyDelete
  27. I believe Indonesia will be in a better leading position when it comes to halal business

    ReplyDelete
  28. Senang ya karena Halal Lifestyle semakin gencar digalakkan oleh KNKS
    Semoga menyeluruh seIndonesia

    ReplyDelete
  29. Sekarang banyak produk yang berupaya dapat sertifikasi halal sehingga ke depan bisa jadi gaya hidup umat muslim agar lebih tenang.

    ReplyDelete
  30. 5 klaster rantai halalnya lagi naik daun semua ya Mak. Industri komestik semuanya dikasih embel halal. Fesyen pun yg serba syar'i. Semoga halal lifestyle ini semakin banyak diminati muslim di Indonesia.

    ReplyDelete
  31. ekonomi syariah dan halal lifestyle ini lagi trend nih kya nya :D semoga makin banyak juga UKM yang memproduksi barang atau makanan halal ya <3 Aamiin

    ReplyDelete
  32. Berarti produk keuangan syariah seperti asuransi atau investasi gitu belum termasuk dalam 5 kluster halal ya Mbak?

    ReplyDelete
  33. Mantap ya semoga dgn kepedulian KNKS ini halal lifestyle semakin tersebar luas..

    ReplyDelete
  34. Yuuk...deh,
    Kita sama-sama mensukseskan Gaya Hidup Halal di Era milenial ini.
    Jadi selain bikin hati tenang, semuanya bernilai ibadah.

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah..sekarang makin banyak sistem yg mendukung halal life style ya mba..

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah seneng banget ya Indonesia termasuk top muslim food expenditure dan semoga aja halal lifestyle ini bisa makin meluas ya.

    ReplyDelete
  37. Alhamdulilah ya mba halal lifestyle makin berkembang apalgi menginat populasi muslim juga banyak di Indonesia :)

    ReplyDelete
  38. Indonesia berpotensi banget jadi salah satu pelopor indsutri halal dunia karena memang mayoritas Muslim ya

    ReplyDelete
  39. Halal lifestyle semakin berkembang di Indonesia ya, bahkan di Senayan juga udah ada area khusus loh untuk pusat belanja halal, mulai dari makanan, fashion, dan produk-produk lainnya.

    ReplyDelete
  40. 5 point diatas memang sudah mulai terasa ya mba perluasannya, apalagi populasi muslim yang hijrah juga semakin banyak sehingga lebih aware terhadap kehalalan produk yang digunakan.

    ReplyDelete
  41. adanya festival yang erat kaitannya dengan halal lifestyle kaya gini membantu penyebaran dan sosialisasi halal ke seluruh masyarakat. Moga dicontoh negara lain juga

    ReplyDelete
  42. Saya pun juga pengen banget nih rasain wisata halal gitu, apalagi dengan keluarga. Duuh asyik banget pasti rasanya :)

    ReplyDelete
  43. Wow jaman sekarang nih halal udah jadi lifestyle. Padahal mah dari jaman Nabi yah, halal itu emang harus dijadikan patokan hidup. Sekarang semakin banyak yang aware dengan kehalalan maka dijadikan lifestyle. Dan semoga juga semakin banyak yang seperti KNKS. :)

    ReplyDelete
  44. kereen kak artikelnya... mampir2 ke blog ana juga yaa kak

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih