Skip to main content

Tips : SPONS BEBAS KUMAN

Kegiatan didapur adalah kegiatan yang menyenangkan bagi saya, mulai dari persiapan memasak, waktu memasak sampai membersihkan peralatan pasca memasak. Sewaktu masih belia, saya suka menunggui Ibu saat berada didapur. Ibu selalu mencuci peralatan memasak sambil memasak, kata beliau 

"Masak selesai, dapur bersih dan rapih mba...." Hal tersebut selalu saya contoh *bila memang waktu masih memungkinkan....*kalau bangun kesiangan? ngantor telat dunk....alamat panggil si mbak...tolong dunk.

Membaca sebuah artikel di sebuah majalah wanita online, Femina  menuliskan,
"Jangan membiarkan spons pencuci piring Anda terendam didalam air sabun" pesan Prof Dr. dr. Rahmadhi Purwana, ahli kesehatan masyarakat dalam seminar Higienitas dan Sanitasi Dapur yang diadakan oleh Sunlight, PT Unilever Indonesia,Tbk, di Jakarta.
(Gambar dari Sini)

Meninggalkan spons terendam lama didalam air sabun bisa memicu berkembangnya bakteri pembusuk. Untuk mencegahnya, setelah dipakai untuk mencuci, bilas mangkuk sabun dan spons dengan air lalu peras hingga kering (sumber dari sini).

Pengalaman yang telah saya lakukan,  hanya mengganti air sabun didalam tempat sabun saja * karena memang berbau tidak sedap...tanpa menempatkan spons tersebut ketempat lain. Sejak hari Sabtu kemarin saya berusaha tidak merendam spons di dalam air sabun, tetapi terkadang lupa dan lupa....*maklum kebiasaan sulit untuk dirubah, namun perlahan saya mampu melakukannya untuk orang-orang tercinta dirumah, juga menyampaikan kepada si mbak dirumah dengan penekanan 
"Terkadang saya juga lupa mba, untuk tidak merendam didalam air, perlahan saja namun usahakan ya mbak, saling mengingatkan...karena saya juga orangnya pelupa"
***


Comments

  1. betul.. saya juga pernah baca setiap habis pemakaian spons di masukin microwave sekitar satu menit kalau ndak salah hehe

    tapi saya aja yang irt tulen kadang tetep aja simpan spons di air sabun .. duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha? sampai harus dimasukkan kedalam microwave? mungkin agar kumannya mati kali ya....

      Iya, saya sedang belajar nih merubah kebiasaan, sering juga saya mencium bau tidak enak saat pagi-pagi mau cuci piring, dan yang saya lakukan cuma ganti air sabunnya,

      makasih ya mba hana,

      Delete
  2. Wah, gimana membiasakannya ya kalo udah terbiasa meremdam spons di tempatnya yang masih ada air sabun. Mau bilang ke si mbak ah! Makasih tipsnya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya hatiku, disinggahi bunda Yati Rachmat...apa kabar bun? buat saya sulit, tadi pagi aja mencoba pelan saat selesai cuci piring biar terarah tanggannya gak masukin spons ke tempat sabun. ya tetep saja.... makanya saya bilang jg ke si mba...semoga saling mengingatkan....

      Makasih ya bun kunjungannya.

      Delete
  3. makasih infonya. saya msih suka merendam spons di air sabun sisa. ternyata tdk baik yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba niken, senang berbagi informasi. ALhamdulillah kami pelan-pelan mulai reflex setelah mencuci spons diletakkan diluar air sabun.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…