26 Nov 2012

Tips : SPONS BEBAS KUMAN

Advertisement
Kegiatan didapur adalah kegiatan yang menyenangkan bagi saya, mulai dari persiapan memasak, waktu memasak sampai membersihkan peralatan pasca memasak. Sewaktu masih belia, saya suka menunggui Ibu saat berada didapur. Ibu selalu mencuci peralatan memasak sambil memasak, kata beliau 

"Masak selesai, dapur bersih dan rapih mba...." Hal tersebut selalu saya contoh *bila memang waktu masih memungkinkan....*kalau bangun kesiangan? ngantor telat dunk....alamat panggil si mbak...tolong dunk.

Membaca sebuah artikel di sebuah majalah wanita online, Femina  menuliskan,
"Jangan membiarkan spons pencuci piring Anda terendam didalam air sabun" pesan Prof Dr. dr. Rahmadhi Purwana, ahli kesehatan masyarakat dalam seminar Higienitas dan Sanitasi Dapur yang diadakan oleh Sunlight, PT Unilever Indonesia,Tbk, di Jakarta.
(Gambar dari Sini)

Meninggalkan spons terendam lama didalam air sabun bisa memicu berkembangnya bakteri pembusuk. Untuk mencegahnya, setelah dipakai untuk mencuci, bilas mangkuk sabun dan spons dengan air lalu peras hingga kering (sumber dari sini).

Pengalaman yang telah saya lakukan,  hanya mengganti air sabun didalam tempat sabun saja * karena memang berbau tidak sedap...tanpa menempatkan spons tersebut ketempat lain. Sejak hari Sabtu kemarin saya berusaha tidak merendam spons di dalam air sabun, tetapi terkadang lupa dan lupa....*maklum kebiasaan sulit untuk dirubah, namun perlahan saya mampu melakukannya untuk orang-orang tercinta dirumah, juga menyampaikan kepada si mbak dirumah dengan penekanan 
"Terkadang saya juga lupa mba, untuk tidak merendam didalam air, perlahan saja namun usahakan ya mbak, saling mengingatkan...karena saya juga orangnya pelupa"
***


6 comments:

  1. betul.. saya juga pernah baca setiap habis pemakaian spons di masukin microwave sekitar satu menit kalau ndak salah hehe

    tapi saya aja yang irt tulen kadang tetep aja simpan spons di air sabun .. duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha? sampai harus dimasukkan kedalam microwave? mungkin agar kumannya mati kali ya....

      Iya, saya sedang belajar nih merubah kebiasaan, sering juga saya mencium bau tidak enak saat pagi-pagi mau cuci piring, dan yang saya lakukan cuma ganti air sabunnya,

      makasih ya mba hana,

      Delete
  2. Wah, gimana membiasakannya ya kalo udah terbiasa meremdam spons di tempatnya yang masih ada air sabun. Mau bilang ke si mbak ah! Makasih tipsnya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya hatiku, disinggahi bunda Yati Rachmat...apa kabar bun? buat saya sulit, tadi pagi aja mencoba pelan saat selesai cuci piring biar terarah tanggannya gak masukin spons ke tempat sabun. ya tetep saja.... makanya saya bilang jg ke si mba...semoga saling mengingatkan....

      Makasih ya bun kunjungannya.

      Delete
  3. makasih infonya. saya msih suka merendam spons di air sabun sisa. ternyata tdk baik yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba niken, senang berbagi informasi. ALhamdulillah kami pelan-pelan mulai reflex setelah mencuci spons diletakkan diluar air sabun.

      Delete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...