7 Dec 2015

Cara Membersihkan Rice Cooker

Advertisement
Rice Cooker merupakan salah satu alat elektronik yang membantu pekerjaan di dapur. Rice cooker menjadi alat bantu memasak nasi menggantikan sebuah alat yang bernama panci/ dandang/kukusan. Saya mengenal rice cooker kurang lebih di tahun 1997 an. Ibu waktu itu kurang sreg dengan rice cooker, entah alasannya waktu itu apa. Rice cooker akhirnya sangat membantu pekerjaan memasak nasi, dengan catatan ada aliran listrik. Jika listrik sedang padam bagaimana? itu masalah mudah, memasak saja menggunakan panci/ dandang kembali.


Listrik padam juga tidak setiap harikan? jadi tidak perlu repot memasak menggunakan panci, mencuci panci, belum kalau gosong. Heheee, tapi ternyata, memasak menggunakan rice cooker juga kadang menimbulkan masalah baru ya. Salah satunya nasi cepat basi, munculnya kadang-kadang sich, tidak terlalu sering dan sekarang saya sudah menemukan penyebabnya. Jadi nasi di rice cooker jarang sekali menjadi basi.

Cara Membersihkan Rice Cooker

rice cooker

Beberapa hari ini saya banyak menuliskan pengalaman saya melakukan pekerjaan di rumah. Iya, saya sekarang meleburkan diri dengan pekerjaan rumah, ya..mumpung masih diberikan kesempatan untuk stay di rumah. Besok, kalau kesibukan melambai-lambaikan tangannya, saya juga bisa apa. Baiklah, setelah saya mengetahui penyebab nasi di rice cooker kadang cepat basi, adalah ini. Nasi yang tertinggal di tutup dalam, di pinggiran sekitar rice cooker, juga uap rice cooker yang tidak dibersihkan.

rice cooker
Tutup rice cooker kadang tertinggal uap

Kadang ya, memasak nasi di rice cooker itu juga buru-buru, bayangkan jika saya harus memasak menggunakan panci/ dandang. Jadi, karena faktor buru-buru itulah, ada nasi yang jatuh atau berada di pinggiran rice cooker, kemudian tutup dalam rice cooker yang masih basah, saya biarkan. Ternyata itu bisa menjadi sebab nasi di rice cooker cepat basi. How? ya dibersihkan lah setiap akan memasak nasi. Repot enggak? repot kalau saya buru-buru terus, atau lupa memastikan bagian dalam rice cooker tersebut sudah bersih.

  1. Bersihkan bagian dalam rice cooker. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal, baik itu nasi yang masih basah atau nasi yang malahan sudah kering.
  2. Bersihkan bagian dalam tutup rice cooker. Bagian ini, sering sekali nich, basah. Karena bagian ini merupakan bagian atas dan uap air sering sekali tertinggal di bagian ini. Keringkan ya, bisa menggunakan tissue atau lap bersih yang halus.
  3. Bersihkan juga lubang keluarnya uap. Bagian ini sering sekali terdapat banyak kotoran. Sesuai dengan namanya ya, lubang keluarnya uap. Kadang bukan hanya air saja yang ada di situ, saya pernah menjumpai adanya kerak-kerak uap. Mungkin uap yang sudah lama, akhirnya menumpuk menjadi kerak ya.
  4. Jangan tanggung-tanggung jika melakukan pekerjaan. #Tsyaah. Bersihkan semua bagian rice cooker, termasuk badan luar rice cookernya. Terlihat bersih, kinclong dan aroma nasi matangnya semakin wangi.
Jadi, itulah kegiatan saya sekarang. Menelisik seluruh bagian rumah, mana yang terlihat kurang terawat. Apalagi bagian tersebut merupakan bagian yang vital dan harus terjaga kebersihkannya. Siap-siap saja saya akan sidak ke bagian rumah selanjutnya. Nikmatnya tinggal di rumah, heheee... kalau teman-teman pasti selalu ya, membersihkan rumah setiap hari. Saya ada faktor mood dan forget, eh enggak dink, kelupaan. [2015:12]

21 comments:

  1. Biasanya aku lap biasa luar dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sering dilap, gak masalah kali ya lap biasa.

      Delete
  2. rice cooker-nya bagus hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil berbagi sama teman..qiqiqii. Lirik Mbak lia cantik

      Delete
  3. Pantes aja punyaku cepet rusak -,-. Cara bersihinnya salah.

    ReplyDelete
  4. Aha, jadi ini penyebabnya! Thanks for share, Mba Astin. Aku jg kadang2 mengalami hal ini. Nasi cepat basi. Baiklah, nanti pembersihannya harus lebih bener lagi. :)
    Btw, sedang cuti kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kakak. Bersihin terus setiap waktu saja.

      Delete
  5. Hm, berarti rice cooker juga harus dibersihkan dengan teliti ya, Mba, ga sekedar mencuci tempat penampungan berasnya itu ajah. TFS, Mba Astin.

    ReplyDelete
  6. jadi malu sendiri bacanya soalnya baru inget udah lama ga bersihin lubang uap rice cooker dirumah :)

    ReplyDelete
  7. duuuh malu, saya nih jarang bersiih rice cooker...mualllles :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo...mba nia ketahuan..hihii, tos dong ach

      Delete
  8. Karena gak rutin dipake saya juga jadi jarang bersihinnya Mbak. Makasih tipsnya! :)

    ReplyDelete
  9. di bagian beakang rice coocker saya ada tampungan uap gitu mbak. lama-lama jadi air kan..harus dibuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. rice cookerku keknya gak ada penampungan airnya, keren inih

      Delete
  10. aku paling cuma dilap pake tisu trus buang air sisa masaknya yg di tabung kecil. Dd bilang: pipisnya rice cooker :D

    ReplyDelete
  11. Betul tuh mba, jangan sebentar-sebentar nyalahin rice coocker yang dikira rusak. Kalo ibu saya setiap habis pakai selalu dibersihkan, jadi belum nemu kejadian sampai nasi cepet basi kaya gitu :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
  12. yang paling sering lupa itu,buaag air yang di kotak kecil itu mak^^

    ReplyDelete

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...