Skip to main content

Cara Membersihkan Rice Cooker

Rice Cooker merupakan salah satu alat elektronik yang membantu pekerjaan di dapur. Rice cooker menjadi alat bantu memasak nasi menggantikan sebuah alat yang bernama panci/ dandang/kukusan. Saya mengenal rice cooker kurang lebih di tahun 1997 an. Ibu waktu itu kurang sreg dengan rice cooker, entah alasannya waktu itu apa. Rice cooker akhirnya sangat membantu pekerjaan memasak nasi, dengan catatan ada aliran listrik. Jika listrik sedang padam bagaimana? itu masalah mudah, memasak saja menggunakan panci/ dandang kembali.


Listrik padam juga tidak setiap harikan? jadi tidak perlu repot memasak menggunakan panci, mencuci panci, belum kalau gosong. Heheee, tapi ternyata, memasak menggunakan rice cooker juga kadang menimbulkan masalah baru ya. Salah satunya nasi cepat basi, munculnya kadang-kadang sich, tidak terlalu sering dan sekarang saya sudah menemukan penyebabnya. Jadi nasi di rice cooker jarang sekali menjadi basi.

Cara Membersihkan Rice Cooker

rice cooker

Beberapa hari ini saya banyak menuliskan pengalaman saya melakukan pekerjaan di rumah. Iya, saya sekarang meleburkan diri dengan pekerjaan rumah, ya..mumpung masih diberikan kesempatan untuk stay di rumah. Besok, kalau kesibukan melambai-lambaikan tangannya, saya juga bisa apa. Baiklah, setelah saya mengetahui penyebab nasi di rice cooker kadang cepat basi, adalah ini. Nasi yang tertinggal di tutup dalam, di pinggiran sekitar rice cooker, juga uap rice cooker yang tidak dibersihkan.

rice cooker
Tutup rice cooker kadang tertinggal uap

Kadang ya, memasak nasi di rice cooker itu juga buru-buru, bayangkan jika saya harus memasak menggunakan panci/ dandang. Jadi, karena faktor buru-buru itulah, ada nasi yang jatuh atau berada di pinggiran rice cooker, kemudian tutup dalam rice cooker yang masih basah, saya biarkan. Ternyata itu bisa menjadi sebab nasi di rice cooker cepat basi. How? ya dibersihkan lah setiap akan memasak nasi. Repot enggak? repot kalau saya buru-buru terus, atau lupa memastikan bagian dalam rice cooker tersebut sudah bersih.

  1. Bersihkan bagian dalam rice cooker. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal, baik itu nasi yang masih basah atau nasi yang malahan sudah kering.
  2. Bersihkan bagian dalam tutup rice cooker. Bagian ini, sering sekali nich, basah. Karena bagian ini merupakan bagian atas dan uap air sering sekali tertinggal di bagian ini. Keringkan ya, bisa menggunakan tissue atau lap bersih yang halus.
  3. Bersihkan juga lubang keluarnya uap. Bagian ini sering sekali terdapat banyak kotoran. Sesuai dengan namanya ya, lubang keluarnya uap. Kadang bukan hanya air saja yang ada di situ, saya pernah menjumpai adanya kerak-kerak uap. Mungkin uap yang sudah lama, akhirnya menumpuk menjadi kerak ya.
  4. Jangan tanggung-tanggung jika melakukan pekerjaan. #Tsyaah. Bersihkan semua bagian rice cooker, termasuk badan luar rice cookernya. Terlihat bersih, kinclong dan aroma nasi matangnya semakin wangi.
Jadi, itulah kegiatan saya sekarang. Menelisik seluruh bagian rumah, mana yang terlihat kurang terawat. Apalagi bagian tersebut merupakan bagian yang vital dan harus terjaga kebersihkannya. Siap-siap saja saya akan sidak ke bagian rumah selanjutnya. Nikmatnya tinggal di rumah, heheee... kalau teman-teman pasti selalu ya, membersihkan rumah setiap hari. Saya ada faktor mood dan forget, eh enggak dink, kelupaan. [2015:12]

Comments

  1. Biasanya aku lap biasa luar dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sering dilap, gak masalah kali ya lap biasa.

      Delete
  2. rice cooker-nya bagus hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil berbagi sama teman..qiqiqii. Lirik Mbak lia cantik

      Delete
  3. Pantes aja punyaku cepet rusak -,-. Cara bersihinnya salah.

    ReplyDelete
  4. Aha, jadi ini penyebabnya! Thanks for share, Mba Astin. Aku jg kadang2 mengalami hal ini. Nasi cepat basi. Baiklah, nanti pembersihannya harus lebih bener lagi. :)
    Btw, sedang cuti kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kakak. Bersihin terus setiap waktu saja.

      Delete
  5. Hm, berarti rice cooker juga harus dibersihkan dengan teliti ya, Mba, ga sekedar mencuci tempat penampungan berasnya itu ajah. TFS, Mba Astin.

    ReplyDelete
  6. jadi malu sendiri bacanya soalnya baru inget udah lama ga bersihin lubang uap rice cooker dirumah :)

    ReplyDelete
  7. duuuh malu, saya nih jarang bersiih rice cooker...mualllles :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo...mba nia ketahuan..hihii, tos dong ach

      Delete
  8. Karena gak rutin dipake saya juga jadi jarang bersihinnya Mbak. Makasih tipsnya! :)

    ReplyDelete
  9. di bagian beakang rice coocker saya ada tampungan uap gitu mbak. lama-lama jadi air kan..harus dibuang

    ReplyDelete
    Replies
    1. rice cookerku keknya gak ada penampungan airnya, keren inih

      Delete
  10. aku paling cuma dilap pake tisu trus buang air sisa masaknya yg di tabung kecil. Dd bilang: pipisnya rice cooker :D

    ReplyDelete
  11. Betul tuh mba, jangan sebentar-sebentar nyalahin rice coocker yang dikira rusak. Kalo ibu saya setiap habis pakai selalu dibersihkan, jadi belum nemu kejadian sampai nasi cepet basi kaya gitu :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
  12. yang paling sering lupa itu,buaag air yang di kotak kecil itu mak^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Pengalaman Menggunakan Gigi Palsu

Tiga tahun yang lalu saya sudah ingin sekali menceritakan pengalaman ini. Pengalaman pertama kali kehilangan satu gigi depan bagian atas. Pengalaman tidak memiliki gigi depan bagian atas dan harus ompong selama beberapa minggu. Pengalaman setiap beberapa hari sekali ke dokter gigi, untuk mendapatkan perawatan gigi yang hilang tersebut. Pengalaman dipasang gigi palsu tanam dan menggunakan gigi tersebut hingga tiga tahun. Dan juga pengalaman ketika gigi palsu tanam tersebut hampir lepas.

Fungsi Utama Gigi
Menurut Wikipedia Indonesia, Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Memiliki struktur dan variasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi itu sendiri adalah untuk merobek atau mengunyah makanan. Dengan adanya gigi dengan struktur yang lengkap dan sempurna. Proses merobek dan mengunyah makanan akan menjadi mudah. Untuk menyantap makanan yang keras, makanan yang panas ataupun dingin oke oke saja, kan giginya sehat.

Fun…