Skip to main content

Disiplin Waktu dan Percayakan Pada Shop and Drive

Hai teman-teman, apa kabar harimu? semoga selalu menyenangkan ya. Seperti Matahari yang selalu datang untuk memberi kabar gembira kepada aku dan kamu.

Jadi begini nich, suami aku tuh memiliki kebiasaan yang membuat aku selalu geregetan. Pembawaannya yang santai seperti di pantai, membuatku selalu kepanasan kalau sudah menentukan waktu berangkat, tapi beliaunya masih nyaman di tempat tidur. Bukan tidak disiplin, tapi lebih ke arah, santai saja, nikmati waktu, jangan buru-buru ;(

Dengan pembawaannya yang santai, terkadang ada banyak hal yang akhirnya membuat berantem kecil. Kata beliau sich, semuanya harus santai, enggak usah terlalu dibawa keburu-buru. Enggak apa-apa sesekali tidak harus on time. And what? Duh, kebayangkan kalau aku mendapatkan undangan event trus datang terlambat? enggak profesional, kan?

AKI Ngadat? Jangan Bingung Sis,


Dan ceritanya berawal dari sini. Saat aku mendapatkan undangan untuk menghadiri sebuah gathering di Jakarta. Dibutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari Tangerang ke Jakarta, dengan tidak memperhatikan hal-hal yang tidak diduga. Jadi pas banget, mengestimasinya dengan alasan Hari Minggu, pasti enggak macet.

Acara pukul 11 siang, pukul 9 tepat, suamiku baru membuka pintu mobil dan aku sudah mengunci pintu rumah. Mobil di starter, ngeeek. Sekali lagi, ngeeeek, sekali lagi, ngeeeek. Berkali-kali sampai sepuluh menitan, mesin mobil, belum juga berbunyi ndreeeen, ndreeeen. Padahal sore hari sebelumnya, masih oke saja dibawa ke toko untuk beli makanan.

Suamiku keluar dari mobil, mengecek radiator, mengecek kabel-kabel yang bersliweran di tempat mesin. Aku pikir suamiku pasti tidak ngerti apa-apa. Beliaunya cuma, pegang sana pegang sini, lalu ke arah AKI. Mencoba untuk mengecek dan menyalakan mesin mobil lagi. Gagal, alias tidak bisa menyala.

Jarum jam terus berlalu. Tik tok tik tok, keringat deras mengucur dari punggung suamiku. Udara waktu itu memang cukup panas, belum lagi dandananku mulai berantakan, karena anak bungsuku minta gendong. Akhirnya aku buka lagi dong, pintu rumah. Ngadem di kamar yang ada AC-nya.

Apa kabar suamiku? beliau masih berusaha untuk melepaskan AKI dari tempatnya. Entahlah, mungkin akan dibawa ke bengkel AKI trus mau diisi air AKI atau beli AKI baru. Aku menghela nafas, telat dech, gak jadi dech, malu dech, aduh gimana pertanggungjawabanku kepada pihak pengundang ;)

Aku hanya memasang tampak muka yang polos. Mau berkata apa, namanya mobil enggak mau jalan. Ini yang namanya kejadian tidak diduga. Dalam hati, aku berdoa, semoga masalah AKI segera kelar, semoga aku dapat menahan emosi, semoga suamiku mengubah pola pikirnya dan lebih disiplin lagi ke depannya. Mengubah dengan tidak selalu berangkat dalam waktu yang terlalu mepet.

Yaah, AKI merupakan salah satu elemen yang penting dari mobil. AKI ngadat, ya bye bye mau jalan-jalan pakai mobil dech. Fungsinya AKI kan untuk memasok arus listrik ke seluruh komponen kelistrikan pada mobil. Nah, ini? AKI ngadat? untung suamiku langsung berinisiatif mengambil AKI dan mau menggantinya.

Yaaah, namanya pola pikir itu sama halnya dengan sikap dan sifat. Diubahnya perlu memakan waktu yang tidak sebentar. Iya kan?  Tapi untuk masalah AKI, coba dech pola pikirnya diubah untuk kesehatan bersama. Untuk kesehatan mobil dan untuk kesehatan emosi, jadi enggak perlu telat datang ke tempat undangan. Tidak perlu keringat keluar sampai gemyobyos, kan jadi enggak cute ;)

Percayakan permasalahan AKI pada ahlinya #GSAstraDelivery. Shop and Drive yang merupakan bagian dari PT Astra Otoparts, berdiri dari tahun 2000. Akuuu, sering melewati pabrik Astra di daerah Tanjung Priuk sana, lho ;). Shop and Drive sendiri melayani penggantian oli, AKI, shock absorber dan lain sebagainya. Outletnya sudah ada di mana-mana, bisa dicek coba gih ke websitenya.

Service penggantian AKI dapat dilakukan dengan cara datang langsung ke outlet Shop and Drive terdekat. Di dekat rumahku ada dua outlet Shop and Drive nich, waaah kenapa waktu itu, suamiku gak tahu ya? Outletnya ada di Jalan Maulana Hasanuddin dan Jalan KH. Hasyim Ashari. Ckckckckk, seharusnya kejadian kemarin itu, aku seaching Shop and Drive, kan suamiku enggak perlu berkeringat basah mengganti sendiri AKI yang soak itu ;(

Kalaupun enggak bisa datang atau sedang di tempat yang jauh dari outlet yang diketahui. Bisa langsung melalui call Shop and Drive, loh. Nomernya (kode area) 5000-15. Bisa banget untuk meminta agar petugas Shop and Drive datang ke lokasi tempat AKI mobil sedang bermasalah. Wah, kalau begini tenang lah aku, untuk penggantian AKI atau membeli AKI baru kan dapat dengan mudah diatasi. #GSAstraDelivery.

Bagaimana Seharusnya Perawatan AKI Mobil?


Suatu hari aku ngobrol dengan suamiku. "Bi, sebetulnya merawat AKI supaya tidak ngadat, seperti waktu itu, kek mana ya?" suamiku menjawab datar "Emang kenapa kok tanya tentang AKI?" ya kujawab saja lempeng, "Ya, kan ummi juga harus ngerti, masa bisa bawa mobil, enggak tahu perawatan mobilnya?"

Serahkan pada Shop and Drive saja, kalau ada masalah AKI, nyetir jadi nyaman;)


Jadi gini ya, teman. Pertama-tama harus mengetahui jenis AKI yang terpasang di dalam mobil. Bagaimana? teman-teman sudah tahu, jenis AKI apa yang ada di dalam mobil kalian? kalau aku belum tahu ;( sebelum suamiku menjelaskan, iyeeeee.

Ada 3 macam  jenis AKI, yaitu ; AKI basah, maintenance free dan AKI kering. Pengertian dan cara perawatannya pasti berbeda-beda. Semuanya membutuhkan kedisiplinan dan perasaan untuk mengeceknya. Jangan sampai alpa dan kelamaan tidak dicek. Suamiku pernah memiliki pengalaman, ketika diberikan mobil operasional kantor. Namanya bukan punya sendiri, pasti ada saja "malas" untuk mengeceknya.

Suatu ketika, sama dengan kasus di atas. Pagi hari akan berangkat ke kantor, lah kok mesinnya enggak mau nyala. Dicek dan dilihat oleh teknisi yang dihubungi, AKInya bermasalah. Terlalu lama ditinggal ke luar kota, waktu itu. Memang ada AKI mobil di bawah tahun 2000-an, yang ketika harus ditinggal ke luar kota dalam jangka waktu, lebih dari satu minggu. Penanganannya dengan cara melepas kabel NEGATIF pada terminal AKI. Nah, kalau akan dipakai baru dipasang lagi, jangan lupa. Tapi, khusus mobil keluaran tahun 2000 ke atas, yang menggunakan ECU modern, tidak disarankan melepas terminal AKI, karena akan mengganggu sistem ECU yang ada di mobil.

AKI mobil yang ada di rumah, kebetulan adalah AKI basah. Perawatan AKI sebaiknya dilakukan secara berkala dan rutin. Minimal dua minggu sekali atau paling lama satu bulan sekali. Suamiku mengajari aku cara mengecek air AKI. Pertama-tama, kap mobil dibuka, dari dalam mobil. Kemudian, setelah kunci kap terbuka, angkat kap dan tegakkan sesuai kondisi pengunci kap di masing-masing mobil.

Bagian AKI mobil ini di sini, dear


Nah, nich, ini yang namanya AKI. Bentuknya kotak dan cukup dapat terlihat kok. Orang awam yang enggak pernah lihat bagian kabin mesin mobil, dapat langsung menemukannya. Aku juga diajari cara untuk membuka AKI, untuk mengontrol air AKInya. Untuk memastikan level air AKI tetap berada pada rentang batas atas dan batas bawah.

Kotak ini namanya AKI, di mobil mpvku terletak di sebelah kanan


Trus langkah apa lagi nich? nich, buat ibu-ibu seperti aku, mungkin lebih telaten. Yaitu bersihkan AKI dari debu, kotoran minyak dan sisa penguapan air AKI yang mengandung air asam. Bersihkan juga bagian terminal AKI yang bertanda plus (+) dan minus (-) dari sisa oksidasi yang biasanya berwarna putih. Jangan sampai timbul korosi ya, karena korosi akan menghambat arus listrik dari AKI ke kabel utama jaringan listrik. Hal ini nich yang mengakibatkan mobil ngadat.

Setelah kuncinya dibuka, bisa dilihat ketersediaan air AKinya


Bagaimana dengan jenis AKI yang lainnya? maintenance free dan AKI kering? teman-teman pelajari dulu ya, jenis AKI di mobil teman-teman, nanti kalau kurang jelas dapat datang dan berkonsultasi di outlet Shop and Drive terdekat, ya.

Tips Agar AKI mobil awet : Biasakanlah untuk memanaskan mesin mobil setiap hari, meskipun tidak bepergian. Minimal 5-10 menit di pagi hari, untuk menjaga aliran listrik ke mobil tidak mampet.
Melakukan pengecekan AKI adalah hal sederhana dalam merawat mobil. Jika memang ada kendala dengan AKI, langsung saja datang ke Outlet Shop and Drive atau hubungi Shop and Drive ketika tidak bisa membawa mobil ke outlet karena mesin tidak mau menyala.

Teman-teman yang baik, di atas adalah ceritaku bersama AKI mobil yang pernah ngadat dan akhirnya mempercayakan kepada Shop and Drive. Sekarang, adakah dari teman-teman semua yang memiliki cerita AKI mobil ngadat? atau ada yang pernah ke outlet Shop and Drive? yuk berceritalah di blog pribadi teman-teman biar seru dan menjadi pengetahuan untuk yang lainnya.

Informasinya ada di sini:

 http://idblognetwork.com/microsite/shopndrive/   dan jangan lupa, masukkan kode referal karena teman-teman, melihat infonya di blog aku. Nich nomer referal yang bisa teman-teman tuliskan ya,  

http://idblognetwork.com/microsite/shopndrive?refid=42

Hallo dear, sudah dicek AKI mobilnya?
ThanksYou. 😄

Sumber : www.shopanddrive.com

Comments

  1. saya selama ini suka pakai mobil asal pakai aja ngak pernah perhatikan AKI. Suatu hari mogok krn AKI mobil bermasalah ditengah jalan tol pula untung ada yang nolong. sekarang sih saya tetep minta suami saya melakukan check tiap enam bulan sekali karena saya ngak paham soal mesin mobil heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau mesin mobil, suamikupun enggak ngeh. Jadi cara paling mudah ya, ngecek AKi, ya Mbak.

      Delete
  2. Jengkel juga sih pasti kalau punya suami yang kebiasaannya terlalu santai..
    perlu dirubah tuh kebiasaannya mbak hehe :D

    ReplyDelete
  3. Wah keren, jarang banget ibu merhatiin AKI mobil mbak hehe
    Tapi emang kudu mulai belajar merhatiin dan bersihin sih ya biar gak ada kata mogok di jalan, malah bingung ntr :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul MBak, kalau sudah tahu ada Shop and Drive kan, lumayan tenang yay

      Delete
  4. Sekarang konsumen dimanjakan ,tidak perlu repot dan keluar keringat. Enak dan asek deh.

    ReplyDelete
  5. Recomended nih kali nanti punya kendaraan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, ngecek dan kalau ada masalah ya, konsultasi sama Shop and Drive y

      Delete
  6. Beberapa tahun kerja di otomotif saya tetep gagal paham soal spare part termasuk aki mobil :D

    ReplyDelete
  7. hohoho... toss ah soal suami :P
    salam kenal ya...
    mampir ke blogku juga dong ^_^

    ReplyDelete
  8. Accu saya pernah soak, ga dipanasin seminggu krn pulang kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, memang perlu diperhatikan ya, kalau sedang gak dipakai

      Delete
  9. Nggak pernah tahu soal perakian ini tapi dulu pas jadi reporter menghindari banget ngecas hape di mobil, katanya bikin cepat soak akinya. Nggak tahu deh itu mitos atau fakta tapi aku nurut aja, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru tahu Mbak, aku kasih tahu suamiku ach. Apalagi di mobilku, ada dua tempat charge hape...

      Delete
  10. Aku blas butaaa soal beginian hehehe.. Enak kalau tau cara merawat yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngerawatnya doang, Mbak. Kalau memperbaiki serahkan pada S&D.

      Delete
  11. Weeh keren nih mba Astin, bisa bawa mobil emang harus ngerti juga minimal soal AKI ini yak mbaa :D
    Aku masih betah pake motor nih, belum lantjar bawa mobil, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooss dong, belum lantjar juga, seringnya juga bawa motor, ;)

      Delete
  12. beberapa kali lupa mematikan lampu, pas mau jalan ngadat deh dan terpaksa dorong....
    terima kasih inf-nya dan salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, kalau mau meninggalkan mobil, sebaiknya periksa pintu, apakah sudah terkunci dan juga lampu, apakah sudah mati beneran, apa perasaan kita dowaang.

      Delete
  13. Aku ga ngerti soal AKI, makanya kalau urusan perawatan mobil itu, pasti suami hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kepo dan pingin tahuu, hehee. sekilas doang siih..hihi

      Delete
  14. Aku buta banget soal AKI karena belum punya mobil sih, semoga abis baca ini aku ketularan punya mobil juga #ehgimana

    ReplyDelete
  15. Penting ya mba utk manasin Mobil nih..ngga cuma bdn yg hrs di warming sblm lari hihiii

    ReplyDelete
  16. Wah mbak Astin keren deh mau belajar mengenai AKI mobil supaya tahu seluk beluknya.

    Memang sih ya mbak saat ini segala kebutuhan sudah gampang tinggal telpon atau via online, tapi perlu juga ya kita punya pengetahuan tentang suatu hal.

    Kalau bisa dikerjakan sendiri kan lebih irit tuh. Tapi kalau sudah kepepet ya udah serahkan pada ahlinya saja pasti beres :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, daripada selalu ngadat, pasti harus memahami hal-hal teknis tentang aki ini.

      Delete
  17. pernah tuh aki ngadat, ceritanya punya mobil baru ga pernah dipanasin jadi aja pas mau pake ga jalan ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana gimana, sekarang sudah berani bawa kaaah?

      Delete
  18. mu tanya nih mba.. kalo misalkan mobil mba mati tiba" saat mba lagi buru" mau kerja ataupun apapun itu.. apakah mba masih merhatiin mobil ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. telepon shop and drive dan aku pergi pakai moda transportasi...mudah kan? huhuhuu, tapi jangan sampai buru buru ya, enggak baik buat planning

      Delete
  19. makasih kak atas share nya saya jadi dapat pembelajaran supaya kita lebih memahami kondisi mobil.

    ReplyDelete
  20. makasih kak infonya, ternyata selain kita harus disiplin waktu kita juga harus memperhatikan dengan benda yang sehari-hari kita pakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga sedang belajar ke arah tersebut. Manfaatnya banyak kan?

      Delete
  21. Aku ga ngerti blass ttg aki dan mesin kendaraan, tinggal pake aja. Penting banget nih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, aku juga awalnya tinggal pakai, tapi kalau memahami juga baru belajar, hihi

      Delete
  22. Aku blm punya mobil mbaa, tp d dkt rmh ku ada shop n drive, bengkel andalan temenku yg punya mobil. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, semoga keinginan Mbak Noe memiliki mobil terwujud y

      Delete
  23. walaupun perempuan, kalo udah bisa nyetir harus juga tau ttg tetek bengek kendaraan ya, khawatir mogok dijln

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya begitu Mbak, mau enggak mau kudu ngerti sedikit-sedikit ya

      Delete
  24. kesehatan aki memang sangat wajib untuk diperhatikan

    ReplyDelete
  25. Belum punya bumbum a.k.a mobil dan di Lombok juga gak ada shop n drive. Hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga shop and drive bisa ke Lombok ya, Mbak.

      Delete
  26. membantu banget shop n drive ini ya mbak
    padahaludah bingung banget awalnya karena mobil ngambek

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil mogok memang hal yang menakutkan, apalagi kalau mau bepergian jauh dan membawa anak-anak dan barang-barang yang banyak

      Delete
  27. Aki memang sering bermasalah kalau udah waktunya soak. Kami mengalaminya sendiri beberapa kali akinya harus di cas, pas dipasang eh semalaman lampu mobilnya ternyata hidup, eh akinya soak lagi deh

    ReplyDelete
  28. Waah mbk Astin pinter nyopir n tau ttg Aki mobil

    ReplyDelete
  29. Saya sudah ngerasain mogok di tempat sepi. Untung masih terjangkau layanan #GSAstraDelivery. Menolong banget

    ReplyDelete
  30. untungnya ada GSAstra delivery yaa mbak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Print Out Mutasi Rekening BCA

Hallo selamat pagi? semangat pagi karena telah berganti tahun dan berharap tahun 2015 ini semakin lebih baik dari tahun -tahun sebelumnya. Sedikit informasi, tumpukan pekerjaan tahun 2014 masih banyak sekali dan beberapa kendala dari status sebagai anak, istri, ibu, majikan **eheheee..., pekerja kantoran, tetangga dan pengguna jalan umum, membuat pusing tujuh keliling.
Nah, daripada memikirkan masalah yang belum tentu menjadi terhambatnya aktivitas, maka syukurilah apa yang sedang dihadapi. Si embak ijin pulang kampung begitu lama ya..disyukuri saja meskipun tumpukan baju kering banyak.
Lah, apa hubungannya bagaimana cara print out mutasi rekening BCA dengan itu semua tadi? iya, saya itu kan gaptek kalau terpaksa, tapi kalau tidak terpaksa saya akan menjadi tidak gaptek, karena saya males untuk mencari tahu.
Beginilah jika dalam situasi terpaksa, akhirnya saya menggunakan klik BCA yang telah lama dianggurin untuk hal pekerjaan. Kenapa? pernah terblokir malas pakainya jadi ***tuh kan,…

Mengapa Tabung Elpiji Bisa Berbunyi?

Alhamdulillah, ya Allah...pagi ini masih bisa menikmati sajian makanan meskipun hasil beli di pasar. Iya, tadi pagi sudah semangat untuk bikin sop buat anakku, tapi ceritanya jadi beda gegara ini.
Sebelum sholat subuh, saya merebus daging untuk sop dan menitipkan ke suami untuk melihat api di kompor, karena indikator di regulator menunjukkan gas hampir habis. Namun, suamiku masuk kamar dan aku sholat subuh. Masuk ke rakaat terakhir, saya mencium bau gas, menyengat dan langsung mempercepat gerakan sholat.
Saya matikan api, menarik nafas, karena tidak sampai mati apinya, jadi kalau pasang elpiji bisa gampang pikirku. Selang beberapa lama, saya kembali ke kompor dan mendengar suara mendesis dari elpiji *apa ini? aku panggil suamiku dan suamiku hendak mencabut regulator pada tabung elpijinya. Kaget kami berdua, suaranya dari mendesis menjadi *ngiiiiiiing seperti alarm kebakaran, panjang dan keras.
Saya melihat wajah suami mulai panik, tapi masih terkendali, saya diminta keluar mengajak a…

Penyebab Nasi di Rice Cooker Cepat Basi

Pernah tidak mengalami nasi di rice cooker cepat basi, baru juga masak tadi pagi, sore hari sudah basi, basinya berair pula. Beberapa kali saya mengalami nasi di rice cooker basi dan dari kurun waktu 2008-2015 saya sudah berganti rice cooker sebanyak, lima kali. *Boros sekali ya? semoga ke depan tidak sering-sering berganti rice cooker ya. Mengganti rice cooker juga dengan pertimbangan, nasi yang dimasak cepat sekali menjadi basi. Iya, sewaktu membuka rice cooker setelah masi matang, aroma yang keluar sudah tidak enak, sewaktu dicentong, nasinya berwarna kuning dan pada lapisan bawah, nasinya berair.
Pengalaman Mendapati Nasi di Rice Cooker Basi
Sewaktu mendapati nasi di rice cooker basi, saya kaget dong. Lah wong baru saja masak, kok aroma nasinya sangat tidak enak. Lengket dan ketika nasinya dipindahkan, bagian bawah nasi itu berair. Rice cookernya juga berair, airnya juga bau.

Menyalahkan Beras Duh, merasa bersalah sekali nich, akibat nasi di rice cooker cepat basi, saya menyalahka…