19 Mar 2019

Menyiapkan Menu Arisan Padangan Membuat Anggota Arisan Makin Kompak



[Gaya Hidup] : Menu Arisan Padangan

Hai haaai, saya tuh sedang pusing nich, memikirkan menu arisan bulan depan. Iya, bulan depan saya menjadi tuan rumah arisan bulanan emak-emak teman sekolah anak sulung. Boleh sebetulnya suka-suka menyiapkan menu arisan untuk disajikan. Tapi dasar kami, yang suka rempong dan suka ngebahas apapun terlebih dulu. Jadi, menu arisanpun tep dibahas. Alasannya, karena arisan yang saya ikutin ini, menetapkan menu padangan menjadi menu arisan.

Menu arisan padangan astin astanti
Saya selfi di acara arisan dengan menu padangan


Menu padangan? Makan nasi padang dan lauknya begitu?. Dulu saya juga berpikir demikian, gak salah sich yang berpikir begitu. Emak-emak yang lainnya langsung ketawa dengan asumsi saya mengenai menu arisan padangan. Saya yang sudah lama tinggal di Tangerang, baru mendengar istilah menu arisan padangan, tapi ternyata bukan membawa nasi padang dan lauknya.


Inilah Menu Padangan


Jadi, menu padangan itu adalah para anggota arisan membawa makanan masing-masing dan kemudian dikumpulkan menjadi satu untuk dinikmati bersama pada saat arisan. Istilah asingnya adalah Potluck yang diadaptasi dari Amerika. Waah, saya baru tahu, kemana saja ya, saya selama ini. Memang sich, saya baru aktif ngumpul bersama-sama emak-emak teman sekolah si sulung ya, saat si sulung MI saja.


Menu padangan arisan saya ini, mungkin berbeda dengan menu arisan padangan di tempat lain. Teknisnya seperti ini, tuan rumah menyiapkan menu makanan utama. Contohnya, menu utama arisan adalah Sayur Asem. Saya, sebagai notulen akan membuat daftar makanan yang cocok untuk teman makan sayur asem di grup arisan. Daftar makanan tersebut akan diisi secara suka rela oleh anggota arisan lainnya dan akan dibawa ke acara arisan.

Menu arisan padangan astin astanti
Menu arisan dengan menu padangan opor ayam

Menu Padangan Sayur Asem



Baca Juga : Sayur Asem Buatanku

Contoh menu arisan sayur asem kan cocoknya dengan, ikan asin, tempe dan tahu goreng, sambal tomat dan sambal terasi, camilannya terserah, ada buah potong juga dan yang lain-lain. Satu lagi yang menjadi list makanan adalah snack untuk anak-anak berupa susu kotak dan makanan ringan. Menu arisan padangan ini membuat grup arisan rame terus. Bukan hanya pas mau arisan sich, tapi memang seru terus. Apapun dibahas, sampai kalau kangen karena hanya ketemu sebulan sekali, curhatnya di grup.

Membagi Daftar Menu Padangan


Saat saya membuat daftar menu makanan yang bakal dibawa inilah yang paling seru. Teman-teman arisan, biasanya saling berdiskusi, makanan apa nich yang paling cocok untuk melengkapi menu utama yang dibuat oleh si tuan rumah. Acara berdiskusi inilah yang membuat seru dan kompak anggota arisan. Mungkin hal inilah yang bakal dikangenin saat saya akan terpisah jauh dari mereka, hiks. Doakan saya ya, teman, mendapatkan jodoh rumah dekat kalian. 😉


Menu utama yang pernah menjadi menu arisan padangan arisan emak-emak teman sekolah si sulung adalah :

  1. Bakso. Anggota arisan lain, ada yang membawa pilus berbal bal, gorengan, buah, bakpau dan lain-lain, karena bakso makanan yang simple untuk dimakan barengan makanan lainnya.
  2. Soto Sokaraja. Saya kebetulan membawa lontongnya, karena soto sokaraja identik dengan ketupat. Tapi berhubung susah mendapatkan ketupat, saya membawa lontong.
  3. Ikan Bakar. Menu yang paling jarang dibuat oleh anggota arisan lainnya. Kebetulan yang sedang kedapatan arisan, pingin yang bakar-bakaran. Anggota lainnya membawa apa saja yang bisa dinikmati dan dibagikan.
  4. Ayam Rica-Rica. Menu makanan utamanya pedes. Saya ingin waktu itu, saya membawa pecel sayuran, supaya balance menunya. Kemudian untuk anak-anak, juga dibuatkan ayam tepung.  
  5. Soto Betawi. Yuhuu, menu arisan yang paling seru dan nyenyengin buat saya yang ndak bisa masak soto betawi. Alhamdulillah saya habis 2 mangkok. 
  6. Mie Ayam. Mie ayam sama dengan bakso ya, tapi saya asli kenyang sekali waktu menu arisannya mie ayam. Apalagi banyak camilan yang dibawa teman-teman. Padahal mie ayamnya enak banget.
Alhamdulillah, setiap arisan emak-emak teman sekolah si sulung ini, makanan pasti berlimpah. Terakhirannya nich yang paling seru. Camilan dan apapun yang tersisa, akan dibungkus oleh anggota arisan yang diberikan tugas membungkus. Semua anggota arisan bakal membawa camilan yang sisa ini untuk dinikmati di rumah. Setelah sebelumnya, tuan rumah terlebih dulu disisakan. Karena bagaimanapun, tuan rumahlah yang bekerja keras, menyiapkan sajian menu utama.

How Can I Tell About Zero Waste?


Tugas tuan rumah lagi adalah, menyiapkan plastik setengah kiloan dan plastik besar untuk membawa makanan tersebut. Hehehee. Rencananya nich, saya ingin mengubah kebiasaan tersebut dengan membawa wadah makanan sejenis, tupperware dan membawa tas kain begitu. Kira-kira pada setuju, ndak ya? dijawab ya, teman. Kutahu kalian membacanya, hehehe. Kenapa dengan plastik? teman-teman bisa melihat betapa banyak sampah plastik sudah menimbun sekian persen tubuh bumi. Sanggupkah teman-teman memikirkannya? akan berapa lama sampah plastik akan terurai?, lalu saya nangis, karena masih juga menggunakan plastik,😭.


Menu arisan padangan astin astanti
Bonus yang seger seger dipandang mata


Saya memang belum melakukan tindakan besar. Tindakan kecil yang saya coba biasakan adalah, membawa tas kain saat belanja sayuran. Selain itu, saat membeli makanan, contohnya bubur ayam, saya lebih baik membawa wadah makanan sendiri. Saya belajar dari banyak teman-teman, yang saat inipun sudah mulai meminimalisir penggunaan sedotan plastik. Oiya, teman-teman juga tahu kan, di supermarket dan minimarket, sekarang menerapkan tas plastik bayar? saya agak sedih nich. seharusnya tidak perlu menyediakan tas plastik dan membolehkan membeli. Sama saja dong, bukan mengurangi. Tapi yuk, mulai dari diri sendiri saja dulu.

🍜 and 🍹

Saya sudah memiliki rencana menu utama arisan untuk bulan depan. Menunya yang cocok dinikmati siang hari, bisa pedas bisa tidak. Intinya, menu ini berkuah dan bisa membuat yang menikmati megap-megap kepedesan. Tadi pagi, saya sudah membeli perlengkapan untuk arisan bulan depan nich, di pasar tradisional. Perlengkapannya berupa, mangkok beling sejumlah 2 lusin dan sendok 2 lusin juga. Hayo, siapa yang dapat menebak saya kasih senyuman yang manis, 😊. Hayuk, yang bisa menebak cepetan masak, mumpung masih bisa menyiapkan menu makan malam. Hehehe. 

49 comments:

  1. Wuah serunya ya kumpul2 arisan gini. Ini anak-anaknya juga ikutan kumpul ya atau cuma emak2nya doang?
    Aku baru tau kalo padangan itu sama dengan potluck.
    Dengan acara kumpul2 gini, bisa makin mempererat pertemanan ya.


    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anaknya ikut ngumpul Mbak, makanya didaftar juga siapa yang bawa susu dan snack anak anak

      Delete
  2. Setuju banget, paling suka baca tulisan kayak gini, semacam pengingat akan zerro waste.

    Saya sering banget kelupaan.
    Bahkan ga jarang, mau belanja, udah siapin kantung belanja sendiri, eh ketinggalan dong di kendaraan, mau ambil kok parkirannya jauh.

    Jadinya balik lagi ke plastik.

    Dengan banyaknya tulisan kayak gini, saya jadi semacam diingatkan terus.

    Terutama kalau kumpul2 gini ya.
    Bolehlah bawa wadah untuk jaga2 ada makanan lebih, meskipun kadang banyak yang malu karena semacam gak etis aja gitu hahaha.

    Padahal ya maksudnya baik ya.
    Mungkin saja orang2 belum pada terbiasa bawa wadah atau kotak makanan kosong 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih berproses Mbak. Kadang saat ke minimarket kecil, saya bawa tas kain dan masukin dompet ke dalamnya. Nah, pas belanja sedikit kan, belanjaan bisa masuk ke dalam tas kain yang sama bawa. Kalau di arisan saya ini memang sudah disepakati, kelebihan makanan, setelah disisakan untuk tuan rumah, sisanya dibagi-bagi ke yang datang.

      Delete
  3. saya awalnya juga mikir menu padangan, menu masakan padang mba hihihi seru ya arisan sambil makan-makan, pulangnya happy dan perut kenyang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaaan, menu padangan. Hehhee, Alhamdulillah Mbak, selain kenyang, seneng ketemuan dan banyak sharing dapat ilmu dan hati bahagia

      Delete
  4. Seru emang kalo ngumpul dan makanannya sistem potluck... matching nggak matching tetep berasa seru aja dan jadi bisa nyobain aneka macam makanan jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh bener, matching gak matching yang penting ketemu dan kenyang peyur serta hati, yo Mbak de

      Delete
  5. Sudah lama sekali saya nggak mendengar kata padangan... Dulu jaman masih kecil suka banget padangan.. Sekarang istilahnya diganti potlock mba

    ReplyDelete
  6. jadi menu padangan itu potluck ya..
    aku baru tau lho mbak... haha

    ReplyDelete
  7. Arisan memang ajang yang pas untuk silaturahmi yaa, Mba. Saya dan teman-teman juga arisan tiap bulan dan menunya biasanya makanan berat yang disiapkan si empunya rumah :)

    ReplyDelete
  8. Wahhh bisa dicoba nih di arisan kami. Selama ini makanan di arisan yang saya ikuti itu disiapkan oleh si tuan rumah. Kayaknya seru nih kalo bawa makanan masing-masing dari rumahnya :)

    ReplyDelete
  9. oalah potluck toh mba kriain aku juga iya menu padang soalna aku juga kalau arisan keluarga ya males masak tinggal pesen padang hehehe..

    btw setuju di minimarket malah dianjurkan membeli bahkan aku yang inisiatif buat ga usah pake *sombong* wkwkwk tapi kadang kalau khilaf masih tetep aja lupa bawa kantong sendiri sekarang aku kemana2 bawa kantong sapa tahu belanja :p

    ReplyDelete
  10. wooow, total nih Mbak jadi Nyonya rumah arisannya.
    sampai beli mangkok dan sendok baru segala yaah.
    hmm, ternyata ohh ternyata, Arisan Padangan = Potluck yaah. koq bisa gitu? jadi kepo asal usul penamaannya.
    jadi penasaran juga nih Mbak, nanti bakalan menu apa? hmm, nanti diupdate ya Mbak, heheheh

    ReplyDelete
  11. aku kalau arisan biasanya biki opor sama beli ketupat jadi di pasar. kalau ga bikin tongseng agak dipedesin hahahaha. Andalanku sih pake piring beling jadul itu lo Mbatin jadi ga dibungkus2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, sisanya dowang nih yang mau dibungkus Mbak. Kalau di rumah mah, udah kusiapin mangkok belng yang transparan gitu. Selusin dapat 12 biji, hehee

      Delete
  12. Jadi ngebayangin sayur asem pakai ikan asin, sambel, tempe goreng, ditambahin empal juga mau, hahaaaa ngelier Ya Allaaaah :))

    ReplyDelete
  13. Kalau di rumah ada acara biasanya bikin sejenis sop. Kalau sayur asem gak pernah karena udah sering kan bikin di rumah. Kadang2 bikin balado terong, sekiranya enggak terlalu sering dimasak

    ReplyDelete
  14. Waaah, menu padangan kalo di Bandung sih istilah basa Sundanya mah botram. Sering banget tuh aku nge-botram sama ibu-ibu waktu anak2 masih pada TK. Karena kurang fasih masak aku mah tahu diri biasanya bawa buah, kerupuk dan cemilan2 aja hahaha.

    ReplyDelete
  15. Wah aku juga baru tau tentang menu arisan padangan, aku belum pernah ikutan kumpul arisan sih wkwk.
    Keren nih mbak nya, menerapkan zero waste lifestyle di segala aspek termasuk pas arisan. Idenya bagus banget deh mbak

    ReplyDelete
  16. Arisan memang selalu heboh hahahahaa... apalagi kalau potluck! Seru banget karena segala makanan adaaa dan biasanya enaaaak semuaaa ♥️♥️♥️

    ReplyDelete
  17. Duh mantap menunya...arisan ngumpul makan2 begini hiburan tak terkira ya buat ibu2.

    ReplyDelete
  18. Oalaah istilahnya padangan ya? Aku taunya ya potluck. Atau kalo di sini apa ya istilahnya.. bahasa jawanya "sangu dewe2" :)) dengan siatem makanan kayak gini arisan jadi makin seru ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangu dewe dewe, dikumpulke jadi satu, dinikmati bareng. Hehee

      Delete
  19. Bagusnya memang pada bawa wadah masing-masing. Lagian jadinya lebih prakti. Gak usah pindahin ke tempat lain begitu sampai rumah

    ReplyDelete
  20. Apa ya. Biasa dinikmati untuk lunch, berkuah, dan bisa bikin yang makan mengap-mengap kepedesan. Hmm, Soto Padang! Eh, salah apa salah, haha

    ReplyDelete
  21. Enak banget siiih arisannya. Ini mah kenyang, Mbaa.. arisanku cuma di warung mie ayam, bayar sendiri-sendiri deh hehe

    ReplyDelete
  22. Aku baru tahu kalo padangan itu semacam potluck. Kalo di tempatku juga arisan keluarga selalu bawain snack untuk nyonya rumah. Membantu memperingan tugas gitu sih, dan meringankan biaya jugak. Trus juga bawa wadah buat isi snack meski banyak juga yang masih pakai kardus atau plastik

    ReplyDelete
  23. Ini nih yang biasanya kumpul jadi seru saat makan makan. Menunya banyak dengan ciri khas setiap keluarga.

    Kalau Mpo masakan khas Betawi dan Makasar selalu ada . Tergantung yang di undang dari keluarga Makasar atau betawi

    ReplyDelete
  24. Baru denger itu padangan beda tipis padagangan sma pandangan

    ReplyDelete
  25. Iya sih, klo masih disediakan plastik ya orang milih beli. Padahal di daerah lain sudah ga disediakan sama sekali.

    ReplyDelete
  26. Sama mba.. masih proses mengurangi sampah.. belum sepenihnya zero waste.. emang PR bersama banget nih sampah ini..

    ReplyDelete
  27. oh jadi padangan itu potluck yaa. Istilah baru nih buat dipakai. Lebih seru potluck lho, menu beragam!

    ReplyDelete
  28. Sekarang klo ngumpul bareng teman itu keseringan potluck sih soale kaya berbagi gt dan tentunya ga ngerepotin si empunya punya rumah.

    ReplyDelete
  29. Wah, ini sih asyik. Ajak aku arisan juga dong. Kepengen makan Padangan. Seru kayaknya kalo makan barengan gitu. :D

    ReplyDelete
  30. Saya kalau arisan serungnya dari kafe ke kafe kalau sama sohib..hahaha...kadang jg di rmh sih kalau yg dptnya rajin masak hehe..

    ReplyDelete
  31. wah mbak aku juga baru tahu istilah padangan ini. Bener-bener mencerahkan deh, hahahaha. Seru juga deh yak kalau arisan model ginian. Tapi kalau pesertanya gak banyak yak. Kalau banyak semacam arisan RT ya bingung juga :D

    ReplyDelete
  32. Ya allah kak, aku tadi membaca judulnya langsung mikir, mengira kalau kak Asti orang padang yang tau segala resep disana.


    Keren nih. Bisa tau menu baru yang dibawa ibu-ibu arisan.

    ReplyDelete
  33. Menunya ciyuussaan sebanyak ituu..
    Pulangnya boleh bungkus donk yaa..
    Hiuhii~
    Selalu ingat penduduk di rumah yang menanti mama pulang bawa misting penuh makanan.

    ReplyDelete
  34. hihihi, termasuk yg pikirannya langsung terkait ke "masakan padang", ternyata enggak..TFS mbak. setidaknya jd ngerti kalau suatu saat ada yg pakai istilah arisan padangan.

    ReplyDelete
  35. Woow, menunya bikin ngiler Mbak, terutama yang opor ayam. Lengkap sebuah-buahnya ya! Makanannya segitu banyak, anggota arisannya berapa Mbak?

    ReplyDelete
  36. Wooo menunya enak enak ya.. Aku kalau ada acara gini pasti udah beli aja makanan sebanyak itu.. Lengkap kap ya...

    ReplyDelete
  37. Saya kira menu padangan itu menu yg berasal dari daerah Padang, hehe.. Kudet banget saya..

    ReplyDelete
  38. Persis nih saya juga suka bingung kalau mau arisan mau menyiapkan menu apa. Kalau di kelompok arisanku siapa tuan rumah dialah yg masak. Nah pas giliranku suka mentok ide mau masak apa.

    ReplyDelete
  39. Wah, awalnya saya kira padangan ini menu masakan padang mba. Tyt begini ya, pengetahuan baru nih. Ngiler mba siang2 gini liat beginian. Hihi

    ReplyDelete
  40. Baru tahu aku mba dengan menu arisan pandangan. Jadi maksudnya potluck ya. Memang seru nih ngumpul begini. Andai aku arisan di rumah begini, ga bakal bikin aku keluar deh.

    ReplyDelete
  41. Potluck ini mmg yang bikin seru, mbak. Di surabaya, kalau kumpul blogger, emak2 ini suka rumpiin mau bawa potluck apa. Aku sama teman2 dekat kalau kumpul juga gt.

    Selain meringankan beban biaya ke tuan rumah, juga bisa incip2 makanan yg lain2 yg dibawa sm teman2. Serunya itu sih

    ReplyDelete
  42. Aku pikir awalnya arisan padangan ya makan nasi padang atau makanan padang. Ternyata potluck gitu ya mbak. Seru juga kalau seperti ini, jadinya tuan rumah ga repot nyiapin makanan

    ReplyDelete
  43. Bund, bikin cilok kayaknya laku keraazzzz. Wkwkwk

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih