17 May 2019

4 Cara Memakai Hijab Segi Empat yang Mudah dan Sederhana


Hijab segi empat merupakan hijab yang paling sering digunakan dalam berbagai aktifitas. Sejak dulu saya lebih menyukai menggunakan hijab segi empat. Alasannya praktis dan menggunakannya juga mudah serta memiliki banyak style. Dibandingkan dengan model hijab lainnya, hijab segi empat lebih banyak menjadi koleksi di dalam lemari. Dalam postingan ini saya akan membagikan 4 cara memakai hijab segi empat yang mudah dan sederhana. 




Ada beberapa jenis hijab segi empat di pasaran dan dapat dipilih sesuai dengan selera pemakainya. Saya lebih menyukai hijab segi empat yang berbahan sifon untuk dipakai aktifitas sehari-hari. Alasannya hijan sifon mudah dibentuk dan tidak begitu licin. Ada satu jenis kain hijab segi empat lainnya yaitu satin yang cocok digunakan untuk acara formal. Selain itu ada banyak jenis kain hijab segi empat lainnya. 


Nah berikut ini adlah 4 cara memakai hijab yang mudah dan sederhana untuk aktifitas saya sehari-hari. Siapa tahu ada style yang cocok untuk teman-teman.

1. Cara Memakai Hijab Segi Empat Style Pertama


Menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, membuatku lebih banyak memilih berbagai aktifitas di dalam masyarakat. Contohnya mengikuti pengajian ibu-ibu, mengikuti kelas tahsin di mushola RT dan berbagai arisan ibu-ibu dari lingkungan sekolah anak-anak.

Untuk memadukan penggunakan pakaian sejenis gamis atau tunik untuk acara di atas, saya memakai hijab segi empat yang menutup dada. Saya masih menyukai style-style hijab yang disesuaikan dengan tempat dan kondisi. Caranya seperti biasa, hijab segi empat dibagi dua menjadi segi tiga. Untuk bagian luar ukurannya lebih besar dibandingkan ukuran bagian dalam.

Baca Juga : Memadukan warna hijab dan warna pakaian

Hijab segi empat dipakai seperti biasa, bisa memakai ciput bisa tidak. Ukuran salah satu sisi lebih panjang. Pada sisi yang pendek dikaitkan menggunakan peniti pada bagian dekat leher. Sedangkan bagian yang lebih panjang untuk menutup area dada dan disematkan menggunakan peniti hias atau bros.


cara memakai hijab segi empat yang mudah dan sederhana
Saat menghadiri arisan ibu-ibu

2. Cara Memakai Hijab Segi Empat Style Ke-dua


Saya memilih untuk memakai hijab segi empat dengan gaya kedua, saat dipadukan dengan pakaian yang berukuran lebar di bagian dada. Contohnya saat saya menggunakan tunik berwarna biru bergaris dengan bagian dada model balon. Saya memilih memakai hijan segi empat dengan ditarik ke bagain belakang leher.

Caranya seperti biasa, hijab segi empat dibagi menjadi dua menjadi segi tiga. Ukuran panjang kanan dan kiri sama. Kemudian kedua ujung hijab yang telah diposisikan, silangkan dan dibawa ke arah belakang leher. Pada bagian belakang leher, hijabnya diangkat dan ujung dari depan diikatkan di bagain belakang leher. Turunkan bagian hijab yang diangkat tadi, sehingga ikatan pada hijab tidak terlihat.

Saya menggunakan bros sebagai akssoris. Cara memakai hijab segi empat dengan cara ini, biasanya digunakan apabila dipadukan dengan model pakaian dengan ukuran lebar di bagain dada atau yang ada modelnya. 


cara memakai hijab segi empat yang mudah dan sederhana
Pakaian yang digunakan tunik dengan model balon di bagian dada

3. Cara Memakai Hijab Segi Empat Style Ke-tiga


Foto di bawah ini adalah foto beberapa tahun silam, di mana saya masih langsing dan masih bekerja. Rasanya menggunakan hijab segi empat dengan cara ini menjadi andalan waktu itu. Entahlah saat ini saya jarang sekali menggunakan cara memakai hijab segi empat dengan cara di bawah ini.

Oh iya, mungkin karena cara ini membutuhkan ciput dan saat ini saya agak kurang nyaman menggunakan ciput. Cara ini terkesan wajah makin tirus dan langsing kali ya, boleh dicoba lagi hari ini dech, hehheee.

Caranya mudah dan sederhana sekali. Hanya membutuhkan ciput dan kerudung segi empat. Ciput dikenakan sesuai bentuk wajah dan kenyamanan ya. kebetulan ciput yang digunakan adalah ciput dengan warna senada. Kerudung segi empat dilipat menjadi dua menjadi segi tiga yang sama ukurannya.

Langkah ke dua setelah diposisikan, ujung salah satu sisi lebih panjang dengan selisih 20 cm. Iya, saya membutuhkan ujung yang panjang untuk membentuk hijab menjuntai. Bagian yang pendek (kanan), dibawa ke samping telinga (kiri), disematkan menggunakan peniti hias. Ujung yang panjang dibawa untuk menutup dada dan disampirkan ke bagian belakang. 


cara memakai hijab segi empat yang mudah dan sederhana
Tahun 2013 masih cocok menggunakan style hijab ini

4. Cara Memakai Hijab Segi Empat Style Ke-Empat

Cara memakai hijab dengan model di bawah ini, caranya hampir sama dengan style ke-tiga. Perbedaannya ada pada ujung hijab yang panjang menjuntai dibentuk sehingga terkesan rapi dan menonjolkan bagian pipi.

Untuk membentuk bagian yang menjuntai cukup dililitkan dan kemudian lilitannya disematkan peniti kecil. Peniti kecilnya diselipkan di belakang bagian yang tidak terlihat. Sisanya dirapikan ke depan dan style ini cocok loh untuk dipakai menghadiri undangan resepsi pernikahan atau resepsi lainnya.




cara memakai hijab segi empat yang mudah dan sederhana
Foto tahun 2013 saat sedang hamil anak ke-dua😏
Baca Juga : Model Hijab Sederhana Bisa Tetap Bergaya

Ada banyak cara memakai hijab segi empat yang mudah dan sederhana. Semua tentu memiliki kreasi masing-masing yang disesuaikan dengan jam terbang menggunakan hijab segi empat, hehehee. Cara ke-tiga dan ke-empat sudah jarang saya pakai, kemungkinan karena aktifitas yang setiap harinya di rumah. Setiap cara pemakaian hijab tentunya dipengaruhi beberapa faktor, yakni kenyamanan yang memakainya dan juga paduan pakaiannya.

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih