15 May 2019

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Memperhatikan Hal Berikut Ini



Salah satu permasalahan saat berpuasa adalah bau mulut. Saya telah mencoba beberapa cara untuk mengilangkan bau mulut dari berbagai sumber. Bau mulut ini terjadi karena tidak ada makanan yang masuk ke dalam mulut. Bau mulut orang puasa bukan dikarenakan malas untuk menggosok dan membersihkan gigi. Hampir semua orang yang berpuasa akan memiliki permasalahan bau mulut. Tinggal bagaimana cara menghilangkan bau mulut tersebut.



Sebagai seorang ibu yang tinggal di dalam rumah, tentu saya tidak terlalu memikirkan permasalahan bau mulut. Saya toh tidak bertemu dengan kolega, atasan atau teman-teman kerja. Paling saya hanya bertemu dengan tetangga dekat, penjual sayuran di pasar saat berbelanja dan anak-anak di rumah. Tetapi saya tetap menjaga dan membersihkan gigi dan mulut supaya tetap sehat. Apalagi saya memiliki permasalahan yang sangat berat dengan gigi.

Berikut ini beberapa yang biasa saya lakukan untuk menghilangkan  bau mulut saat puasa.

1. Tidak Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut


Salah satu makanan yang saya percaya menjadi penyebab bau mulut adalah semur tahu. Dahulu kala, saat masih kuliah dan ada kuliah di jam yang sangat pagi. Saya duduk di sebalah seorang teman, sebut dia hijau. Hijau sangat aktif mengajak saya berbicara saat itu. Tetapi ada satu hal yang membuat saya kurang nyaman, yaitu bau mulut. Cerita-cerita, ternyata hijau makan sahur menggunakan semur tahu dan mungkin ada bahan makanan lainnya.

cara menghilangkan bau mulut


Baca Juga : Seblak Kwetiau Kaldu Ayam Asli

Dalam hati, saya selalu percaya bahwa bau makanan yang dimakan saat sahur pasti akan hilang setelah menggosok gigi. Saya berpikirnya seperti itu, namanya anak kuliahan kan kadang sangat idealis. Mungkin aroma semur tahunya terlalu kuat, sampai menyikat gigipun tidak menghilangkan aroma tersebut.

2. Menggosok Gigi Menggunakan Pasta Gigi yang Halal


Sampai hari ini saya masih memahami bau mulut akan hilang setelah menggosok gigi. Saya selalu menyempatkan menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang halal. Berbagai brand pasta gigi pasti mengklaim dapat menghilangkan bau mulut saat puasa.

cara menghilangkan bau mulut


Baca Juga : Waktu Tepat untuk Sikat Gigi saat Puasa

Seorang teman memberikan saran supaya tidak terlalu kuat menggosok gigi. Ada beberapa lapisan email gigi yang akan terangkat, jika terlalu kuat menggosoknya. Pelan-pelan saja dan tidak perlu terburu-buru. Saya selalu menggosok gigi setelah makan sahur dan kemudian meminum air putih.

3. Menggunakan Obat Kumur


Obat kumur sudah banyak dijual dengan bermacam-macam brand di pasaran. Saya pernah menggunakan obat kumur, tetapi rongga mulut terasa kering. Memang sich aroma bau mulut dari makanan tidak ada. Tetapi jangan terlalu banyak menuang obat kumur, karena aromanya sangat kuat.

Dokter gigi yang saya kunjungi menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan obat kumur. Salah satu alasannya, di dalam mulut itu ada banyak bakteri. Bakteri jahat dan bakteri baik yang sangat diperlukan oleh organisme di dalam mulut. Jadi kalau semua bakteri dibunuh semua, gimana jadinya. Selain itu, ternyata benar loh terlalu sering menggunakan obat kumur, akan membuat mulut kering.

Jadi bijaklah untuk menggunakan obat kumur ya, temans

Orang yang sedang berpuasa akan mengalami perubahan pada pencernaannya. Di mana setiap harinya ada asupan makanan pokok dan camilan, saat puasa waktu asupannya berubah. Setelah kumandang adzan subuh, asupan makanan ke dalam mulut berhenti. Masa menunggu adzan maghrib berkumanang inilah, ada permasalahan di area mulut, yaitu mulut berbau.

Hal ini sangat wajar, karena tidak ada asupan makanan ataupun minuman untuk menguyur air liur yang berproduksi. Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, saya memiliki cara menghilangkan  bau mulut. Pertama tidak mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab bau mulut. Kedua menggosok gigi sebelum adzan subuh menggunakan pasta gigi yang halal. Terakhir yaitu menggunakan obat kumur. 

3 comments:

  1. Aku cuma nyegah makan atau minum yang berbau, dan pake pasta gigi herbal gitu. Alhamdulillah, bau mulut banyak berkurang selama siang di bulan Ramadan.

    ReplyDelete
  2. Wah pantes mulut saya agak gak enak gara-gara semur.
    suka banget sih sama makanan yang disemur. tapi meskipun sudah gosok gigi malah agak gak enak. mungkin pasta giginya harus ku ganti kali ya.

    ReplyDelete
  3. wah bisa dicoba juga nich caranya, apalagi pada bulan ramadhan ini

    ReplyDelete

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih