16 May 2020

Tips Hemat Lebaran di Rumah Saja Pada Masa Pandemi Covid 19


Tips hemat lebaran di rumah saja pada masa pandemi covid 19. Rasanya lebaran tahun ini menjadi catatan sejarah yang paling harus terus diingat. Menjelang bulan Ramadan, kita semua diberikan ujian pandemi covid 19 yang hingga saat ini tidak ada upaya tegas yang dapat dilakukan oleh pemerintah. Jadi, upaya yang bisa dilakukan hanya dari pribadi masing-masing.

Lupakan Tempat ini


Tips hemat lebaran di rumah saja pada masa pandemi covid 19 sudah dipikirkan matang-matang dan jauh-jauh hari. Jangankan lebaran, pada masa-masa sebelum Ramadan dan masa-masa Ramadan seperti sekarang ini, keluarga kami sudah menghemat dengan cara memasak sendiri dari dapur Astata. Mengurangi membeli makanan siap saja atau makanan jadi, karena dipikir secara logika, harganya mahal. Belum ongkos kirimnya. 

Tips hemat lebaran di rumah saja pada masa pandemi covid 19 untuk keluarga kami adalah sebagai berikut.

Menunda Membeli Baju Lebaran

Baju lebaran bukan prioritas pertama yang menjadi list dalam daftar belanjaan di toko online saya dan suami. Baju lebaran tahun-tahun lalu untuk saya dan suami masih bisa digunakan. Anak-anakpun masih memiliki baju yang pantas untuk digunakan. Namun saya pikir-pikir, jikalau membeli baju lebaran untuk tahun ini, mau dipakai ke mana? mau dipakai buat apa? toh secara logika kita semua diminta berjaga jarak dan dengan jaga jarak otomatis agak sungkan untuk saling bertamu.

Oh iya oke, mungkin untuk berfoto bersama keluarga kecil, lalu di post di media sosial. Boleh boleh, tapi apakah tidak melukai hati orang-orang yang terdampak covid 19. Jujur, bukan saya ingin dikasihani, tapi usaha suami sangat terdampak covid 19, saya sudah menabung untuk membeli baju lebaran. Bisa dong saya membeli? tapi Alhamdulillah hati nurani saya dan suami berkata, bukan waktu yang tepat untuk membeli baju lebaran.

Uang tabungan untuk membeli baju lebaran, bisa disimpan atau dipergunakan untuk membeli hal lainnya. Contohnya membayar uang sekolah anak atau hal lainnya yang lebih bermanfaat untuk banyak pihak. Alhamdulillah satu tips hemat lebaran di rumah saja pada masa pandemi covid 19 sudah mengurangi list belanjaan.

Membuat Hidangan Sederhana

Sampai hari ini saya belum memikirkan akan membuah hidangan lebaran apa untuk keluarga kami ini. Bayangan saya cukup ada nasi, lauk dan sayur saja, Insya Allah sudah cukup. Nasi yang biasa kami konsumsi, Insya Allah masih ada berasnya. Lauk yang biasa kami konsumsi Insya Allah masih ada di lemari es, tinggal masaknya saja. Sayur Insya Allah sayur yang biasa saja.

Lebaran tahun ini menjadi lebaran yang berbeda. Buat saya pribadi lontong sayur ada atau tidak, tidak mengurangi rasa kemenangan satu bulan penuh menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan. Jika ada yang memberinya ya Alhamdulillah, tapi sepertinya tahun ini tidak ada lontong sayur atau lontong opor dech. Ayamnya mau dimasak sekarang untuk hidangan berbuka puasa, hehehee.

Tahun ini saya tidak membeli kue kering ke teman. Alasannya saya ingin mencoba membuat sendiri, rasanya lebih murah dan saya juga bisa mengasah keterampilan dan mencari kesibukan selama berlebaran di rumah saja pada masa pandemi covid 19 ini. 

Di Rumah Saja

Tips hemat lebaran di rumah saja pada masa pandemi covid 19 yang terakhir adalah di rumah saja. Tidak perlu keluar rumah untuk jalan-jalan, sudah mengurangi pengeluaran membeli bensin. Memang sich kondisi hati dan badan sudah ingin sekali keluar dan menikmati suasana luar rumah. Tetapi rasanya lebih hemat berada di rumah saja, menikmati kebersamaan lebaran bersama keluarga tercinta saja itu pilihannya.

Di rumah saja menjadi pilihan tips hemat di rumah saja pada masa pandemi covid 19. Ada banyak pengeluaran yang bisa dipangkas dan diprioritaskan, jadi bersikap dan berbelanja lebih bijak adalah salah satu unsur penting dalam menghadapi suasana ini. 






No comments:

Post a comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih