Tuesday 17 August 2021

Aman dan Nyaman Berbelanja Online Bersama TIKI

Hampir dua tahun kita semua diberikan ujian berada di masa pandemi. Semua orang terkena dampak pandemi dalam segala sektor. Sanggup bangkit dan kemudian berpikir realistis, bahwa hidup harus tetap berjalan, apapun yang terjadi. Tentunya dengan kehidupan yang baru dengan berbagai macam protokol kesehatan yang wajib dijalankan.

Aman dan Nyaman Berbelanja Online Bersama TIKI astin astanti

Saya seorang ibu rumah tangga yang mengalami dampak psikis pada masa pandemi ini. Meski demikian, hal tersebut tidak begitu mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Hal yang terus saya lakukan adalah mendoakan semua anggota keluarga, suami, saya sendiri, anak-anak tetap sehat dan siap jika suatu hari akan terpapar virus tersebut.

Berbagai ikhtiar terus dilakukan, termasuk mendoakan supaya bisnis suami terus berjalan. Bisnis property tentu sangat terimbas dengan adanya pandemi ini. Namun, kami semua wajib terus bersyukur karena diberikan nikmat yang lainnya, termasuk nikmat sehat dan nikmat dapat berkumpul bersama dengan keluarga.

Alhamdulillah dengan adanya pandemi, ada banyak hikmah yang terus saya pelajari. Salah satunya, saya berhasil mencoba membuat camilan mudah untuk anak-anak. Sebelum pandemi, di dapur tidak ada oven untuk membuat kue dan roti. Saat itu, suami melihat usaha saya belajar membuat roti dan memanggang menggunakan panggangan tradisional. Panggangan dari saringan bekas dan langsung di atasnya diletakaan loyang isi adonan roti. 

Setelah berdiskusi, akhirnya suami membuka gawainya dan membuka e-commerce langganan. Beliau membelikan saya oven dong, Masya Allah. Belanja online memang lebih aman dan nyaman ya selama pandemi ini. Tentunya, suami juga memastikan ekspedisi yang digunakan toko tersebut sudah terpercaya.

Tips Belanja Aman dan Nyaman

Seiring waktu berlalu, pandemi masih menguji kesabaran kita semua untuk senantiasa tetap berpikir jernih dalam melakukan berbagai hal. Termasuk untuk urusan berbelanja. Ada berbagai pertimbangan saat akan berbelanja. Jika bisa dilakukan secarfa online, maka itulah pilihannya. Termasuk urusan berbelanja sayur mayur dan kebutuhan pokokpun, suami menyarankan untuk berbelanja online saja.

Berikut ini adalah tips dari kami selama berbelanja online, supaya aman dan nyaman nih.

  1. Pertimbangkan apakah produk yang akan dibeli ini kebutuhan atau keinginan. Jika masih bisa ditunda, sebaiknya ditunda.
  2. Pastikan toko online yang akan menjadi pilihan berbelanja, memiliki e-commerce terpercaya. Tujuannya supaya berbelanja lebih aman dan nyaman. Apalagi jika baru berbelanja di toko tersebut. Tantangan sekali nih, sebagai seorang perempuan, sering sekali melihat produk rumah tangga dari iklan di media sosial. Alhamdulillah, dari point ini, selama ini terselamatkan dari berbelanja di toko online yang sering ada penipuan.
  3. Bijak saat berbelanja. Biasanya saat berada di toko online dalam sebuah e-commerce, ada produk yang berkaitan dan menggoda keinginan. Pastikan telah membuat daftar dan sesuaikan dengan budget.
  4. Pilih ekspedisi terpercaya saat diminta opsi pengiriman. Ekspedisi menjadi salah satu hal yang paling penting dalam berjalanannya belanja yang aman dan nyaman.

Mengenal TIKI dan SOP Selama Masa Pandemi


Semua tentu sudah mengenal TIKI. Salah satu perusahan yang terbaik dalam jasa pengiriman dan logistik dengan melayani kebutuhan dan kepentingan pelanggan secara optimal sehingga dikenal di Indonesia dan Internasional.

TIKI pertama kali berdiri di Jakarta pada tahun 1970 hingga saat ini telah memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3700 gerai dan lebih dari 6000 karyawan di seluruh Indonesia.

Bapak Rudy Cahyadi atau dikenal dengan sebutan akrab Upay, Marketing Communication Manajer dari TIKI, menjelaskan TIKI pada masa pandemi. TIKI merupakan salah satu perusahaan jasa logistik yang perannya sangat krusial di masa pendemi. TIKI harus menerima pengecualian dari aturan pemerintah dan tetap beroperasi setiap hari dalam masa pandemi ini.

Aman dan Nyaman Berbelanja Online Bersama TIKI astin astanti

TIKI berinovasi dalam berbagai hal dan harus kreatif supaya pelanggang mendapatkan kenyamanannya dalam menggunakan jasa ekspedisi ini. Saat ini TIKI sudah memiliki aplikasi yang dapat di install di gawai supaya pelanggan tidak perlu datang dan cukup menggunakan fitur yang ada di aplikasi tersebut.

Bapak Upay juga menceritakan protokol kesehatan yang dilakukan oleh TIKI, yaitu mulai dari penyemprotan disinfektan di kantor, di gerai, paket yang diterima dan paket yang akan dikirimkan. TIKI menyediakan Hans Sanitizer yang dapat digunakan staff, kurir dan konsumen. Semua staff dan kurir diwajibkan untuk menjaga kesehatan dan dilakukan pengecekan secara berkala. Jika ditemukan staff dan kurir yang sakit, makan diminta untuk beristirahat.

Mengenal Produk dan Fitur pada Aplikasi TIKI

Teringat masa merantau dulu di Yogyakarta. Dua puluh tahun yang lalu, saya diminta oleh Bapak untuk mengirimkan barang pesanan yang akan digunakan beberapa hari lagi. Ekspedisi yang mau menerima barang yang besar dan berat adalah TIKI. Bersama dengan teman, saya membawa barang tersebut dan mengantarkan ke gerai TIKI di sore hari.

Aman dan Nyaman Berbelanja Online Bersama TIKI astin astanti

Di hari berikutnya, Bapak memberikan informasi bahwa barang tersebut telah sampai meskipun dalam keadaan hujan deras. Alhamdulillah, awal memberi info kepada Bapak, bahwa saya dan teman yang memperoduksi barang itu akan mengunakan TIKI, beliau sempat ragu. Pada saat itu TIKI memang belum dikenal luas di daerah. Namun, sekarang, setiap Ibu dan Bapak mengirimkan paket makanan ke Tangerang, ekspedisi yang digunakan selalu TIKI. TIKI memang telah di hati.

Saat ini kita semua sudah dimudahkan dengan perkembangan teknologi. TIKI-pun berinovasi dan semua produk ada pada fitur aplikasi di ponsel pintar.

Berikut ini adalah produk yang ditawarkan oleh TIKI

  1. sds : Some day service. Kiriman kita akan tiba di hari yang sama. Hal ini sangat bermanfaat untuk teman semua yang memiliki online shop makanan atau produk yang tidak boleh terlalu lama di suhu luar.
  2. ons : One Night Service. Kirim hari ini esok tiba. Nah, salah satu produk TIKI yang sering digunakan oleh teman, saat mengirimkan produk untuk saya adalah ons. Malam hari memberi info sudah mengirimkan ke TIKI, pagi harinya produk tersebut sudah sampai di rumah. Luar biasa sekali loh. Jarak antara Jakarta Timur ke Tangerang loh. Keren deh.
  3. tds. Two Days Service. Kirim tiba dalam dua hari. Produk ini dapat digunakan untuk para online shop untuk mengirimkan barang kepada pelanggan dengan tepat waktu.
  4. reg. Regular Service. Kiriman estimasi  tiba dalam 3-4 hari. Suami saya sering menggunakan produk ini saat berbelanja di online shop yang ada di e-commerce.
  5. eco. Economy Service. Kiriman dengan hemat ongkir. Bagi kalian yang memiliki online shop, dapat memberikan pilihan yang banyak sekali dengan mengunakan produk dari TIKI. Salah satunya adalah eco.
  6. trc. Trucking Service. Kiriman dengan berat minimal 10 kg. Nah, produk ini pernah mengantarkan produk ke rumah nih. Saat itu, saya mendapatkan kiriman 4 buah karton susu cair untuk anak. Sebuah kendaraan besar masuk ke dalam clucterku dengan tulisan TIKI. Waah, bangga sekali dong, pernah dikirimi barang menggunakan ekspedisi TIKI.
  7. int. International Service. Ongkir terjangkau ke luar negeri. Saya belum pernah menggunakan produk ini. Bagi kalian yang memiliki online shop dan memiliki pelanggan dari luar negeri, dapat menggunakan produk ini ya.
Layanan TKI Online - Mobile App

Aman dan Nyaman Berbelanja Online Bersama TIKI astin astanti
  1. Sobat TIKI. Membership di mana keanggotan merupakan pelangganTIKI supaya mendapatkan benefit-benefit yang pastinya menguntungkan
  2. Email Notifications. Di sini akan ada pemberitahuan barang akan dikirimkan dan barang telah diterima
  3. Jempol. Merupakan layanan paket secara gratis dari mana saja dan kemana saja, tanpa berat minimum
  4. Pickup Delivery. Layanan penjemputan untuk mempermudah pengiriman barang
  5. PUTAR. Layanan jemput antar berbasis via WA. 
  6. Real time Tracking
  7. SMS Resi
  8. Sales Counter 24 Jam
  9. Layanan Asuransi

Testimoni Teh Rina Susanti Menggunakan TIKI

Teh Rina Susanti merupakan ibu rumah tangga yang mengeluti bidang kepenulisan. Di samping itu, teh Rina juga menggemari tanaman terutama bunga Anggrek. Teh Rina menanam Anggrek sebagai bentuk cinta naturalis dan sangat bahagia dapat menikmati tanaman Anggreknya tumbuh dengan sehat.

Seiring berjalannya waktu, teh Rina mencoba untuk membuka toko online untuk menjual bunga Anggreknya. Teh Rina menceritakan, awalnya hanya berani membuka toko secara online, dengan alasan produknya hanya sedikit dan belum terlalu percaya diri membuka toko offline. Menurut teh Rina, akan ada banyak kendala saat membuka toko offline.

Aman dan Nyaman Berbelanja Online Bersama TIKI astin astanti

Usaha yang didirikan teh Rina membutuhkan perusahaan ekspedisi untuk mengirimkan produk yang telah dibeli oleh konsumen. Teh Rina mencoba berbagai ekspedisi dan menemui banyak hal. Salah satu kendalanya dikarenakan barang yang dikirim adalah tanaman yang merupakan barang krusial, karena salah penanganan dalam pengiriman, akan menimbulkan kekecewaan konsumen.

Beruntunglah teh Rina menemukan salah satu perusahaan ekspedisi yang sudah terpercaya,  yaitu TIKI. Menggunakan ekspedisi yang sangat fleksibel dalam pengiriman produknya, teh Rina sangat terbantu dan akhirnya makin meningkatkan produknya. Teh Rina juga sudah berani membuka toko offline karena produknya sudah banyak-bukan hanya bunga Anggrek saja.

Sekarang bisnis penjualan tanaman teh Rina sudah sangat bagus. Teh Rina sangat berterima kasih dengan adanya kemudahan yang diperoleh selama mengirimkan barangnya dengan menggunakan ekspedisi TIKI.

Pelajaran dari mengikuti webinar yang diadakan oleh KEB dan TIKI yang menghadirkan teh Rina sebagai pelaku usaha, adalah:

  1. Menguatkan diri untuk lebih bijak dan teliti dalam berbelanja
  2. Membayangkan memiliki usaha dan dapat menjual secara online
  3. Memetik pelajaran dan pengalaman dari teh Rina, bahwa jangan pernah malu saat akan memulai usaha.
  4. Membuat list usaha yang dapat dikerjakan mulai dari usaha kecil dan dijual melalui toko online.
  5. Memilih ekspedisi yang terpercaya saat berbelanja di e-commerce
Alhamdulillah setelah mengikuti webinar dan mendapatkan banyak insight, menambah keyakinan bahwa dengan usaha yang kuat dan niat yang baik, Insya Allah akan diberikan kemudahan. Untuk teman-teman yang memiliki bisnis dari rumah baik dijual secara online maupun offline atau campuran keduanya, tetap semangat dan sukses selalu ya.

No comments:

Post a Comment

Mohon maafkeun, komentar kali ini dimoderasi ya. Terima kasih