11 Feb 2018

Konsisten Menulis Artikel Organik dan Blogwalking


[Blog] : Hal-Hal yang dilakukan supaya tidak menjadi follower saja.

Hai haaaai apa kabar teman-teman. Saat ini, istilah "blog" sudah tidak asing dibaca dan didengar di masyarakat umum ya. Meski yang belum mengerti apa itu blog, juga masih sangat banyak. Tahun 2010 adalah awal saya mengenal sebuah blog. Saya belajar membuat blog secara otodidak di rumah, menggunakan PC jadul. Memahami bahwa dengan memiliki blog atau sebuah buku diary elektronik mampu menyimpan tulisan dan foto. Akhirnya, saya berniat untuk terus menulis hal-hal yang sudah terjadi. Dari pengalaman pertama membuat blog dan menulis satu persatu artikel dari pengalaman pribadi, rasanya membuat blog itu mudah, kok.

Unsplash


Hingga akhirnya, di tahun 2012 ketika saya memutuskan bekerja kembali. Ada banyak sekali waktu luang di kantor. Rasa bosan yang menggoda, membuat jemari saya berkelana ke dunia maya. Melanjutkan menulis pengalaman pribadi pada sebuah blog, yang saat itu masih menggunakan template bawaan blogger. Sampai coba-coba ngikuti ubah template gratisan yang dapat diunduh di google. Lama-lama keterusan ingin belajar membuat blog lain. Sampai ternak beberapa blog yang sudah mengarah ke pemisahan konten. Ada blog tentang fiksi, tentang puisi, tentang cerita anak sulung, tentang craft, tentang kehamilan, tentang dapur, tentang rumah. Ya ampun, ada berapa banyak ternak blog yang saya miliki itu.


Pertengahan tahun 2012 berkenalan dengan komunitas-komunitas blogger dan masih konsisten menulis pengalaman pribadi. Menulis pengalaman pribadi buat saya adalah unik. Sampai akhirnya saya mengganti judul blog yang awalnya "Tanti's Story dengan nama saya sendiri. Astin Astanti. Tujuannya? supaya untuk lebih mengenalkan nama diri sendiri. Mengenalkan bahwa saya memiliki blog bernama Astin Astanti dan bergerak lebih profesional dengan membeli domain atas nama sendiri juga. Saat itu, sudah mulai marak event offline blogger dan beberapa job blogger untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa.

Di saat maraknya blogger-blogger baru berdatangan, saya mulai agak mundur. Mundur karena memang kondisi tidak memungkinkan saya mengeksiskan blog untuk datang pada event blogger. Saya lebih memilih untuk fokus mengasuh dan menemani anak-anak di rumah. Fokus untuk memerankan status sebagai ibu rumah tangga. Meski sebetulnya, bisa juga sich disambi-sambi datang ke event blogger. 

Menulis Artikel Organik


Saya memilih untuk terus meng-update blogpost dengan artikel organik. Saya memang senang menuliskan pengalaman pribadi (yang umum) di blog. Karena, hanya itulah cara saya supaya tidak sekedar menjadi follower, tapi saya mencoba untuk menjadi diri saya sendiri. Inilah blolg saya. Saya menulis dengan gaya saya sendiri tanpa mengikuti blog-bog lainnya yang sangat bagus. Yaaa, kalau ilmu blogging-nya saya terus pelajari. Yaaah, muji diri sendiri boleh yaaa. Tampilan blog saya, dulu dan sekarang bedanya jauh sekali. 


Populer artikel yang ada di blog ini, semuanya dari artikel organik yang sama sekali tidak diniatkan untuk mendapatkan view banyak. Pencarian artikel terbanyak dari blog saya juga dari google, bukan dari share media massa. Rasanya itulah yang membuat saya, sampai sekarang masih semangat menulis artikel organik. Dan, tidak menutup kemungkinan ya, saya juga menulis review di blog ini. Saya juga ingin belajar bagaimana menulis review sebuah produk atau jasa dengan lebih baik lagi. Jadi, tawaran demi tawaran masih saya terima dengan suka cita.

Meluangkan Waktu untuk Blogwalking


Kesempatan itu tidak pernah ada menurut saya. Tapi kesempatan itu selalu diadakan. Waktu yang diluangkan, itulah kesempatan. Beberapa bulan kemarin, saya merasa tidak pernah memiliki waktu untuk menyebar link artikel yang saya tulis. Bukan tidak ada kesempatan. Tapi saya tidak pernah meluangkan waktu untuk mencari waktu. Blogwalking hanya sekedar saat ada teman share link dan minta untuk dikunjungi. Rasanya saya sama sekali tidak menghargai blog yang telah dibangun sejak lama.

konsisten menulis artikel organik dan blogwalking



Dulu, blogwalking menjadi satu sarana saling mengenal antar blog. Saat blogwalking, dan berbalas blogwalking, dunia itu indah banget. Saya dan teman-teman blogger seperti sudah kenal dekat, meskipun belum pernah bertemu. Oleh karena itu, beberapa minggu terakhir ini, saya mencoba untuk mencari waktu. Meluangkan waktu untuk mengatur kegiatan yang harus saya kerjakan. Menjadi ibu rumah tangga yang sudah tidak memiliki asisten. Pekerjaan rumah tidak pernah habis. Tapi meninggalkan blog yang sudah banyak memberikan keuntungan dan manfaat bagiku, rasanya tidak adil. Jahat banget meninggalkan rumah tempat berbagi dan saling mengenal.

Ada banyak cara bagi saya untuk blogwalking. Saya tidak pernah pilih memilih blogwalking ke blog mana. Beberapa hal yang harus saya kerjakan, sudah teratur dengan baik, masa blogwalking dan update blog, tidak. Jadi, dengan blogwalking yang rutin, setidaknya saya ingin menjadi blogger yang tidak sekedar memiliki blog saja, namun ingin mengenal blogger lain dengan segala macam isi blognya. Apalagi manfaat blogwalking itu banyak sekali. Kaya dech kalau rajin-rajin blogwalking. 


Semua kegiatan di atas, dapat dilakukan dengan baik, tentunya dengan pikiran, hati dan kondisi yang baik. Salah sagu resolusi yang sedang saya upayakan adalah jiwa dan raga sehat. Insya Allah, apabila jiwa dan raga ini selalu terjaga dengan baik, kegiatan menulis artikel di blog dan blogwalking dengan teratur dapat dikerjakan. Meskipun saya tidak pernah terlihat di event blogger. Meksipun saya tidak pernah menulis event offline, saya berharap, saya masih dikenal menjadi seorang Astin Astanti. Astin Astanti yang blognya kebanyakan artikel organik, meski isinya pengalaman pribadi, kwkwkkw. Astin Astanti yang namanya selalu mampir di kolom komentar teman blogger, 😍, aamin.

17 comments:

  1. Beruntung bisa ke pilih acara brand besar saat itu dan saya yang juga jarang2 ikut even blogger akhirnya bisa ketemu langsung deh Mbak Astin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah saat pertama kita ketemu ya, Teh. Seru banget jadi kenal Teh Okti dan blognya

      Delete
  2. Iya, dengan bewe kayak berasa kita udah kenal banget ya mbk..padahal,ketemu aja belum....indahnya bewe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ketemu Mbak Hana. Tapi rsanya kita udah lama kenal yaaa, wkkwkk.

      Delete
  3. sama mbak Astin, aku pun jarang banget bisa ikutan acara blogger,
    makanya fokus mengisi blog dengan caraku saja
    blogwalking mah tetap.., karena dengan bw suka dapat ide nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tooos Mbak. Sama gunakan waktu sebaik mungkin dulu. Nanti saatnya, pasti bisa jalan-jalan dan datang ke acara blogger. Iyaaap dapat ide dan kadang eh blognya bagus, kok bisa gitu yaa..jadi cari informasi bikin blog yang bagus. Jadi latihan dech...asyik dech BW itu

      Delete
  4. haiya, belum komit ini untuk menulis yang organik

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Kalaupun enggak bisa full BW, paling ndak sehari bisa BW minimal saja.

      Delete
  6. Saya malah suka blog yg kayak gini mba, ga melulu soal event dan review. Saya juga jarang bgt ikut event blogger dan milih ngeblog asyik dengan cara sendiri.
    Mba, janji postingan yg next2 di meal prep, aku tunggu yaaa. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Pipit, apa kabarmu? Yup, ditulis next #foodprep nich. Nanti kushare ke Mbak Pipit

      Delete
  7. Yang paling aku suka dari bw itu bisa nambah wawasan juga yaa :D

    ReplyDelete
  8. Bila BW saya niati bersilaturahim; semoga tambah teman, tambah rezeki, hidup pun penuh berkah. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya, Mbak, izin follow blognya ya. Makasiiih...

      Delete
  9. wah, koq lucu sih, ya. Perasaan kemaren bunda udah bikin komentar di sini dan menanyakan tentang tulisan organik itu kayak apa, hehe...Tapi rupanya belum jadi bikin. Malam ini senaja bunda BW temen-temen yang ikutan ODOPPEB18 itu juga belum semua.

    ReplyDelete
  10. Ahh..Laaf Blogwalking, soalnya dari awal ngeblog membiasakan diri Blogwalking kalo bahasa dalam kerjaanmah "Nyepam" hahhaaaa
    Blogwalking buatku say hello, silaturahmi dan chemistrynya dapet meski belom pernah ketemu yaa. Blogger jaman now mah anti bw, maunya di bw in ajaah eeaaa

    ReplyDelete